Cognitive Developmental Jean Piaget dalam Pembelajarannya
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana teori Jean Piaget dalam penerapan pembelajarannya. Penelitian ini fokus pada pembentukan proses aktivitas belajar dari teorinya Piaget yang disebut Cognitive Developmental. Penelitian ini menggunakan teknik metode library research, yaitu studi kepustakaan. Metode kepustakaan adalah penelitian yang dilakukan dengan cara membaca buku-buku, jurnal, majalah, kitab dan sejenisnya dengan sumber data lainnya dalam perpustakaan. Sedangkan hasil penemuan pada penelitian ini adalah bahwa penerapan teori Jean Piaget memandang bahwa proses berpikir sebagai aktivitas gradual dan fungsi intelektual dari konkret menuju abstrak. Dalam teori ini juga disebutkan bahwa teori belajar yang berasal dari aliran psikologi kognitif ini menelaah bagaimana orang berpikir, mempelajari konsep dan menyelesaikan masalah. Hal yang menjadi pembahasan sehubungan dengan teori belajar ini adalah tentang jenis pengetahuan dan memori. Kemudian dalam Psikologi pembelajaran kognitif mengatakan bahwa perilaku manusia tidak ditentukan oleh stimulus yang berada diluar dirinya, melainkan oleh faktor yang ada pada dirinya sendiri. Faktor-faktor internal itu berupa kemampuan atau potensi yang berfungsi untuk mengenal dunia luar, dan dengan pengenalan itu manusia mampu memberikan respon terhadap stimulus.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annisa, Akmala. “Teori Belajar Kognitivisme.” KOMPASIANA, 24 Oktober 2011. https://www.kompasiana.com/akmala-04/5508eef0a333112a452e39d1/teori-belajar-kognitivisme.
Diaty, Rima, Azura Arisa, Nur Cahyani Ari Lestari, dan Ngalimun Ngalimun. “Implementasi Aspek Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling.” Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop 2, no. 2 (3 Agustus 2022). https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i2.5244.
Dinata, Syaiful. “Pemikiran Harun Nasution (Religius-Rasional) Tentang Pendidikan Islam.” An-Nida’ 45, no. 2 (31 Desember 2021). https://doi.org/10.24014/an-nida.v45i2.16535.
Gredler, Margaret E. Bell. Belajar dan Membelajarkan. Cet. 2. Seri Pustaka teknologi pendidikan No. 11. Jakarta: Rajawali Pers, 1991.
Hadis, Abdul, dan B. Nurhayati. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2006.
Jufri, Abdul Wahab. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta, 2013.
Latifah, Latifah, Ngalimun Ngalimun, Muhammad Andi Setiawan, dan Makmur Haji Harun. “Kecakapan Behavioral Dalam Proses Pembelajaran PAI Melalui Komunikasi Interpersonal: Behavioral Proficiency In The PAI Learning Process Through Interpersonal Communication.” Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 5, no. 2 (30 September 2020). https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i2.1747.
Latifah, Latifah, Rika Vira Zwagery, Esty Aryani Safithry, dan Ngalimun Ngalimun. “Konsep Dasar Pengembangan Kreativitas Anak Dan Remaja Serta Pengukurannya Dalam Psikologi Perkembangan.” EduCurio: Education Curiosity 1, no. 2 (21 Maret 2023). https://yptb.org/index.php/educurio/article/view/275.
Mardianto. Psikologi Pendidikan. Medan: Medan: Perdana Publishing, 2014.
Ngalimun, Ngalimun. “Bahasa Indonesia Untuk Penulisan Karya Ilmiah.” EduCurio: Education Curiosity 1, no. 1 (2022). https://yptb.org/index.php/educurio/article/view/216.
Ngalimun, Ngalimun, dan Yusup Rohmadi. “Harun Nasution: Sebuah Pemikiran Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Dunia Pendidikan Kontemporer.” Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial 3, no. 2 (15 September 2021). https://doi.org/10.31602/jt.v3i2.6016.
Nisa’, Titin Faridatun, dan Yulias Wulani Fajar. “Strategi Pengembangan Kreativitas Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran.” Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini 3, no. 2 (19 Oktober 2016). https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v3i2.3497.
Rahmah, Siti. “Teori Kognitivisme serta Aplikasinya dalam Pembelajaran.” SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah 2, no. 3 (2022).
Rusman. Model-Model Pembelajaran Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Sarwono, Sarlito Wirawan. Berkenalan dengan Aliran-Aliran dan Tokoh-Tokoh Psikologi. Jakarta: Bulan Bintang, 2000.
Sisma, Annisa Fianni. “Pengertian Teori Belajar Kognitivisme Hingga Para Tokohnya - Edukasi Katadata.co.id,” 8 Januari 2024. https://katadata.co.id/lifestyle/edukasi/659a9d5309372/pengertian-teori-belajar-kognitivisme-hingga-para-tokohnya.
Slavin, Robert E. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik jilid 1. Diterjemahkan oleh Marianto Samosir. Ed. 8. Jakarta: Indeks, 2008.
Suhadi. Teori Kognitivisme. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2011.
Suprapti, Suprapti, Najimatul Ilmiyah, Latifah Latifah, dan Noor Fazariah Handayani. “Islamic Aqidah Learning Management to Explore the Potential of Madrasah Students.” Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) 5, no. 1 (19 Februari 2022). https://doi.org/10.33258/birci.v5i1.4175.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1997.
Uno, Hamzah B. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Winkel, W. S. Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi, 2004.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4383
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Husni Mubarak

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.