Pendekatan Komunikasi Behaviorisme dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat gambaran secara sistematis tentang bagaimana pendekatan komunikasi behaviorisme dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Assalam Martapura. Penelitian ini meggunakan teknik pengumpulan data kualitatif yang disusun berdasarkan teori kepustakaan atau studi kepustakaan. Dalam hasil penelitia ini mencoba membuat gambaran secara sistematis tentang bagaimana Pendekatan Behavioral dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Assalam Martapura. Penelitian ini fokus pada pendekatan komunikasi behaviorisme yaitu kecakapan prilaku siswa dalam proses pembelajaran. Pendekatan ini bertujuan untuk membantu para guru khususunya guru Bahasa Indonesia dalam melaksanakan pembelajaran untuk perkembangan perilaku siswa mencapai tujuan dalam komunikasi yang baik. Fokus pendekatan komunikasi behaviorisme ini adalah: pertama, keterlibatan interaktif, pendekatan ini meliputi, sikap tanggap, sikap perseptif dan sikap penuh perhatian. Kedua, manajemen interaksi, pendekatan itu membantu siswa mampu mengambil tindakan-tindakan yang berguna bagi seseorang untuk mencapai tujuan komunikasi. Ketiga, keluwesan perilaku, pendekatan ini membantu siswa untuk melaksanakan berbagai kemungkinan perilaku yang dapat diambil untuk mencapai tujuan komunikasi. Keempat mendengarkan, pendekatan ini membantu siswa untuk dapat mendengarkan orang yang berkomunikasi dengan perasaan, keprihatinan, dan kekhawatiran yang ditimbulkannya. Kelima, gaya social, pendekatan ini membantu siswa dapat berperilaku menarik, khas, dan dapat diterima oleh orang lain. Keenam, kecemasan komunikasi, pendekatan ini siswa dapat mengatasi rasa takut, bingung, dan kacau pikiran, tubuh gemetar, dan grogi dalam berkomunikasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abubakar, dan Ngalimun. Psikologi Perkembangan (Konsep dasar pengembangan kreativitas anak). Yogyakarta: K-Media, 2019.
Afifi, Abdullah A. “The Controlled Tongue Prevents Verbal Misdeeds, Slander, Hatred, Bullying, Incivility, Extremism and Radicalism: Islamic Perspective on Ethical Communication.” Perwakilan: Journal of Good Governance, Diplomacy, Customary Institutionalization and Social Networks 2 (18 Agustus 2024). https://doi.org/10.58764/j.prwkl.2024.2.70.
Afriansyah, Ade, Awad, dan Latifah. “Peran Guru Dalam Pendidikan Taman Siswa Sebuah Kajian Filsafat Ki Hajar Dewantara Yang Humanisme Dan Religious.” EduCurio: Education Curiosity 1, no. 2 (14 Maret 2023). https://yptb.org/index.php/educurio/article/view/257.
Alwasilah, Chaedar A. Sosiologi Bahasa. Bandung: Angkasa, 1994.
Aprianty, Rizqi Amalia, dan Ngalimun Ngalimun. “Model Bimbingan Konseling Perkembangan Dalam Aktivitas Bermain Sebagai Strategi Pengalaman Belajar Yang Bermakna Di Sd Muhammadiyah 8 Banjarmasin.” Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial 4, no. 1 (15 Maret 2022). https://doi.org/10.31602/jt.v4i1.7360.
Arni, Muhammad. Komunikasi Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
AW, Suranto. Teori Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.
Buseri, Kamrani. Asas-Asas dalam Pendidikan Islam. Banjarmasin: Antasari Press, 2014.
Departemen Agama RI. Al-Quran dan Terjemahannya. Semarang: Karya, 1995.
Diaty, Rima, Azura Arisa, Nur Cahyani Ari Lestari, dan Ngalimun Ngalimun. “Implementasi Aspek Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling.” Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop 2, no. 2 (3 Agustus 2022). https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i2.5244.
Dzulhusna, Najhan, Nunung Nurhasanah, dan Yuda Nur Suherman. “Qaulan Sadida, Qaulan Ma’rufa, Qaulan Baligha, Qaulan Maysura, Qaulan Layyina Dan Qaulan Karima Itu Sebagai Landasan Etika Komunikasi Dalam Dakwah.” Journal Of Islamic Social Science And Communication (JISSC) DIKSI 1, no. 02 (31 Agustus 2022). https://doi.org/10.54801/jisscdiksi.v1i02.114.
Harjana, Agus M. Komunikasi interpersonal dan Intrapersonal. Yogyakarta: Kanisius, 2007.
Jamarah, Syaiful Bahri. Guru dan Anak Didik. Jakarta: Renika Cipta, 2010.
Latifah. “Pendidikan Islam Dengan Pendekatan Transformasi Digital Di Era Society 5.0.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 4, no. 1 (2025). https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/1531.
Latifah, Latifah, dan Ngalimun Ngalimun. “Pemulihan Pendidikan Pasca Pandemi Melalui Transformasi Digital Dengan Pendekatan Manajemen Pendidikan Islam Di Era Society 5.0.” Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial 5, no. 1 (19 Maret 2023). https://doi.org/10.31602/jt.v5i1.10576.
Latifah, Latifah, Ngalimun Ngalimun, Muhammad Andi Setiawan, dan Makmur Haji Harun. “Kecakapan Behavioral Dalam Proses Pembelajaran PAI Melalui Komunikasi Interpersonal: Behavioral Proficiency In The PAI Learning Process Through Interpersonal Communication.” Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 5, no. 2 (30 September 2020). https://doi.org/10.33084/bitnet.v5i2.1747.
Latifah, Utomo, dan Azura Arisa. “Konsep Pendidikan Inklusif Dalam Pandangan Islam.” EduCurio: Education Curiosity 3, no. 1 (8 Desember 2024). https://yptb.org/index.php/educurio/article/view/1086.
Liadi, Fimeir, Mila, Ngalimun, dan Siti Faridah. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Berwawasan Global Dan Berdaya Saing Sebagai Trademark.” JIS: Journal Islamic Studies 1, no. 2 (3 Maret 2023). https://yptb.org/index.php/jis/article/view/243.
Lunandi. Komunikasi Mengena: Meningkatkan Efektivitas Komunikasi Antar Pribadi. Yogyakarta: Kanisius, 1995.
Mulyana, Deddy. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Mulyasa. Manajemen Berbasis sekolah: Konsep, Strategi dan Implikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.
Ngalimun. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2019.
Ngalimun, H. Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Banjarmasin: Pustaka Banua, 2017.
Ngalimun, Ngalimun. “Bahasa Indonesia Untuk Penulisan Karya Ilmiah.” EduCurio: Education Curiosity 1, no. 1 (2022). https://yptb.org/index.php/educurio/article/view/216.
Ngalimun, dan Rusma Noortyani. “Inovasi Pembelajaran Membaca Puisi Pada Penggunaan Fitur Reels Instagram Di Era Society 5.0.” EduCurio: Education Curiosity 3, no. 1 (22 Oktober 2024). https://yptb.org/index.php/educurio/article/view/1035.
Nugroho, Arif Ganda, dan Latifah Latifah. “Proses Pembelajaran Menggunakan Strategi Inkuiri Dalam Manajemen Berbasis Sekolah (Mbs) Dengan Hasil Kepuasan Guru Di Madrasah Tsanawiyah Assalam Martapura.” AL-ULUM : Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora 8, no. 2 (1 Oktober 2022). https://doi.org/10.31602/alsh.v8i2.8246.
Piet. A, Sahertian. Profil Pendidik Profesional. Yogyakarta: Andi Offset, 1994.
Rizka, Fauziah, dan Ajib. “Pembelajaran Bahasa Indonesia di Tingkat Madrasah Ibtidaiyah.” Kompasiana.com, 29 Januari 2024. https://www.kompasiana.com/ajibfakoct0706/65b71f68de948f2103311fd3/pembelajaran-bahasa-indonesia-di-tingkat-madrasah%20ibtidaiyah?page=all&page_images=1#goog_rewarded.
Samana. Profesionalisme Ketenaga Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius, 1999.
Sanadi, Debora Ria. “Komunikasi Interpersonal Pada Keluarga Beda Budaya.” Jurnal The Messenger 6, no. 1 (1 Januari 2014). https://doi.org/10.26623/themessenger.v6i1.165.
Sanjaya, D. Teori Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka, 1994.
Sardiman, A. M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2018.
Slavin, Robert E. Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Lita Nusa Media, 2008.
Suprapti, Suprapti, Najimatul Ilmiyah, Latifah Latifah, dan Noor Fazariah Handayani. “Islamic Aqidah Learning Management to Explore the Potential of Madrasah Students.” Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) 5, no. 1 (19 Februari 2022). https://doi.org/10.33258/birci.v5i1.4175.
Tola, Ardianto. “Kesantunan Berbahasa Dalam Perpektif Hukum Islam.” Jurnal Ilmiah Al-Syir’ah, 1 Januari 2007.
Undang-Undang RI. “No. 20 Tahun 2003. Tentang Pendidikan Nasional.” Citra Umara, 2003.
Yusuf, Muhammad, Arif Ganda Nugroho, dan Latifah Latifah. “Peran Quality Of Work Life Dalam Kualitas Kehidupan Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Di Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.” Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi 2, no. 2 (30 Januari 2025). https://doi.org/10.31602/jmpd.v2i2.7337.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4384
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ngalimun, Jumadi, Rina Listia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.