Model Inovasi Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Era 4.0 Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Model Inovasi Pengembangan Kurikulum dan pembelajaran Pendidikan Agama Islam Era 4.0 Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe literatur review. Pengumpulan informasi dilakukan dengan mencari beberapa sumber penting diantaranya meliputi sumber primer dari sumber literatur yang membahas tentang motivasi kerja dan beberapa sumber literatur lain yang berkaitan dengan penelitian. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis sehingga memperoleh hasil kajian yang menunjukkan bahwa Penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran PAI, seperti aplikasi interaktif dan e-learning, berhasil meningkatkan minat dan keterlibatan peserta didik, serta mempermudah pemahaman materi yang sulit. Pendekatan berbasis nilai, seperti proyek kebersihan dan keberagaman budaya, membuat pembelajaran agama lebih relevan dengan kehidupan nyata. Program pelatihan teknologi bagi guru meningkatkan kompetensi mereka, meski tantangan tetap ada, terutama di daerah dengan akses terbatas. Inovasi kurikulum PAI meningkatkan hasil belajar, karakter, dan literasi digital peserta didik. Tantangan utama termasuk kendala teknologi, resistensi terhadap perubahan, dan beban kurikulum yang padat, dengan solusi berupa peningkatan infrastruktur, sosialisasi, dan kurikulum yang lebih fleksibel.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, Maya, Hikmah Buroidah, Wachidah Hayuana, M. Iqbal Najib Fahmi, Hidayati Maghfiroh, Nindiana Choirunisa’, Siti Zubaidah, Susriyati Mahanal, and Sulisetijono Sulisetijonov. “Implementation of PjBL Learning Model Combined with Genetics Project Guidebook II to Improve Biology Students’ Critical Thinking Skills,” 030027. Tangerang, Indonesia, 2024. https://doi.org/10.1063/5.0215202.
Ahmadi, Farid. Guru SD di Era Digital: Pendekatan, Media, Inovasi. CV. Pilar Nusantara, 2017.
Aladdiin, Hisyam Muhammad Fiqyh, and Alaika M. Bagus Kurnia Ps. “Peran Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah dalam Membentuk Karakter Kebangsaan.” Jurnal Penelitian Medan Agama 10, no. 2 (December 12, 2019). https://doi.org/10.58836/jpma.v10i2.6417.
Albab, Ulul, Aris Nurkhamidi, Ahmad Tarifin, Fatmawati Nur Hasanah, and Abdulroya Panaemalae. “Professional Leadership Capabilities of Progressive Islamic Education Teachers.” Research Journal on Teacher Professional Development 1, no. 2 (September 30, 2023).
Arfani, Junita Widiati. “International Education beyond State Regulations in Indonesia: Practices from Y Province-Based Public and Private High Schools.” Policy & Governance Review 3, no. 3 (September 9, 2019). https://doi.org/10.30589/pgr.v3i3.151.
Arizki, Muhammad. “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Industri 4.0 Studi Pada SD Swasta Al-Ulum Medan.” Masters, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2021. http://repository.uinsu.ac.id/18256/.
Asmani, Jamal Ma’mur. Sudahkah Anda Menjadi Guru Berkarisma?: Berbagai Kiat Efektif Membangun Karisma Guru. DIVA PRESS, n.d.
Atmojo, Idam Ragil Widianto, Roy Ardiansyah, and Wulandari Wulandari. “Classroom Teacher’s Digital Literacy Level Based on Instant Digital Competence Assessment (IDCA) Perspective.” Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) 9, no. 3 (2022).
Azhar, Muhammad, Hakmi Wahyudi, and Destia Yolanda. “Integrasi Teknologi Dalam Buku Ajar: Menyongsong Keterampilan Abad 21.” Uluwwul Himmah Educational Research Journal 1, no. 1 (August 18, 2024).
Azqueta, Arantxa, and Dory Merino. “Religious Education and Prevention of Violent Radicalization: Analysis of Catholic and Islamic Education Curricula in Spain.” The International Journal of Religion and Spirituality in Society 15, no. 1 (2024). https://doi.org/10.18848/2154-8633/CGP/v15i01/1-18.
Butar, Fadilah Sari Butar, Pani Pani, and Dina Sari. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Yang Relevan Dengan Tantangan Kontemporer.” Kitabah: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora 2, no. 2 (May 30, 2024).
Fauzi, Fajrina, Maria Erna, and Roza Linda. “The Effectiveness of Collaborative Learning Throughtechniques on Group Investigation and Think Pair Share Students’ Critical Thinking Ability on Chemical Equilibrium Material.” Journal of Educational Sciences 5, no. 1 (January 24, 2021). https://doi.org/10.31258/jes.5.1.p.198-208.
Hartati, Suci, Muhammad Feri Fernadi, and Esen Pramudya Utama. “Integrasi Teknologi Baru Dalam Meningkatkan Pendidikan Islam Di Indonesia.” Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (December 31, 2022). https://doi.org/10.46963/alliqo.v7i2.581.
Hidayati, Siti Nur. “The Effect PjBL Model Based on STEAM and TPACK with Pakan Penyu Media on Mathematics Learning Outcomes.” Al Hikmah: Journal of Education 3, no. 2 (October 27, 2022). https://doi.org/10.54168/ahje.v3i2.124.
Joseph, Genimon Vadakkemulanjanal, Kennedy Andrew Thomas, and Alex Nero. “Impact of Technology Readiness and Techno Stress on Teacher Engagement in Higher Secondary Schools.” Digital Education Review, no. 40 (December 27, 2021). https://doi.org/10.1344/der.2021.40.51-65.
Karim, Abdul, Usep Saepul Anwar, and Suherman Suherman. “Transformasi Pendidikan Di Era Globalisasi: Integrasi Dan Tantangan Terhadap Sistem Pendidikan Indonesia.” Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT) 7, no. 2 (July 29, 2024). https://doi.org/10.31539/alignment.v7i2.10149.
Kusum, Jaka Wijaya, Supardi, Muh Rijalul Akbar, Hamidah, Ratnah, Muh Fitrah, and Sepriano. Dimensi Media Pembelajaran (Teori Dan Penerapan Media Pembelajaran Pada Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0). PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.
Mahmudi, Ali, Mukniah Mukniah, and Noor Rofiq. “Integration of Religious Value Education in Theoretical Social Recontruction Curriculum Model.” GHAITSA : Islamic Education Journal 1, no. 3 (October 1, 2020).
Matlan, Siti Joanna, and Siti Mistima Maat. “Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Alternatif Penilaian Formatif Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Matematik.” Jurnal Dunia Pendidikan 3, no. 4 (December 31, 2021).
Monika, Noni. “Peran Strategis Media Pembelajaran PAI Digital.” Pedagogik: Jurnal Pendidikan Dan Riset 1, no. 2 (December 30, 2023).
Muzaini, M. Choirul, Andi Prastowo, and Umi Salamah. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Kemajuan Pendidikan Islam Di Abad 21.” IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (July 1, 2024). https://doi.org/10.61104/ihsan.v2i2.214.
Muzaini, M. Choirul, Rizky Rahayu, Vega Bintang Rizky, Muhammad Najib, Muhamad Supriadi, and Andi Prastowo. “Organisasi Integrated Curriculum Dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Life Skill Di Sekolah Dasar.” Jurnal Paedagogy 10, no. 2 (April 7, 2023). https://doi.org/10.33394/jp.v10i2.7369.
Muzaini, M. Choirul, and Umi Salamah. “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 9, no. 1 (June 18, 2023). https://doi.org/10.54621/jiat.v9i1.574.
Putri, Rezania, Puput Tri Lestari, Dinda Sir Anisa, Ridwan Mustofa, and Endang Sri Maruti. “Memahami Karakteristik Generasi Z Dan Generasi Alpha: Kunci Efektif Pendidikan Karakter Di Sekolah.” Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 5, no. 0 (July 18, 2024).
Rani, Hara Mitta, Mujiyanto Mujiyanto, and Dwiyono Putranto. “Analisis Kemampuan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Di SD Negeri 03 Getas Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial.” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 8, no. 4 (October 25, 2024). https://doi.org/10.35931/am.v8i4.4076.
Saadah, Muftahatus, Yoga Catur Prasetiyo, and Gismina Tri Rahmayati. “Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif.” Al-’Adad : Jurnal Tadris Matematika 1, no. 2 (December 24, 2022). https://doi.org/10.24260/add.v1i2.1113.
Sari, Ifit Novita, Lilla Puji Lestari, Dedy Wijaya Kusuma, Siti Mafulah, Diah Puji Nali Brata, Karwanto, Supriyono, et al. Metode Penelitian Kualitatif. Unisma Press, 2022.
Sari, Milya, and Asmendri Asmendri. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Natural Science 6, no. 1 (June 10, 2020). https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555.
Syahrijar, Iqbal, Udin Supriadi, and Agus Fakhruddin. “Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI Melalui Pembelajaran Berbasis Digital (Studi Eksploratif Di SMA Negeri 15 Dan SMA Alfa Centauri Kota Bandung).” Journal on Education 5, no. 4 (March 25, 2023). https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2389.
Syam, Aldo Redho. “Guru Dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Industri 4.0.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 14, no. 1 (June 28, 2019). https://doi.org/10.19105/tjpi.v14i1.2147.
Wena, I. Made. “Pembelajaran Berorientasi Hots (Higher Order Thinking Skill) Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Mewujudkan Generasi Indonesia Emas 2045.” Prosiding Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika, July 1, 2020. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/Prosemnaspmatematika/article/view/892.
Yustitia, Via, Arif Mahya Fanny, Dian Kusmaharti, and Bramianto Setiawan. “Aplikasi Pembelajaran Tematik Berbasis TIK: PPM Bagi Guru SD Hang Tuah X Sedati.” Manggali 1, no. 2 (August 6, 2021). https://doi.org/10.31331/manggali.v1i2.1692.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4390
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Naila Selvi Aulia, Rizki Ananda, Eti Hadiati, Sovia Mas Ayu, Ahmad Fauzan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.