Potensi Kesenjangan dalam Implementasi Standar Penilaian pada Madrasah Ibtidaiyah di Aceh Tenggara
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kesenjangan dalam implementasi standar penilaian pada Madrasah Ibtidaiyah di Aceh Tenggara. Dengan pendekatan kualitatif berbasis studi kasus, penelitian ini mengeksplorasi berbagai faktor yang memengaruhi penerapan standar penilaian, termasuk perbedaan pemahaman di kalangan guru, keterbatasan fasilitas teknologi, dan beban kerja administratif yang tinggi. Data diperoleh melalui wawancara semi-terstruktur dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan dua guru, yang dianalisis melalui tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan tematik. Hasil penelitian menunjukkan adanya kesenjangan yang bermakna dalam penerapan standar penilaian akibat interpretasi yang berbeda di antara guru, terutama terkait metode evaluasi siswa. Guru senior cenderung kesulitan mengadaptasi teknologi, sementara guru muda lebih responsif terhadap perubahan berbasis digital. Selain itu, keterbatasan fasilitas teknologi dan beban administratif memperburuk kesenjangan ini, sehingga memengaruhi keadilan dan konsistensi penilaian siswa. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan berkelanjutan bagi guru, pendampingan teknis intensif, serta penyediaan fasilitas pendukung untuk menciptakan proses penilaian yang lebih adil dan merata sesuai dengan tujuan pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, Ratih. “Penilaian Kinerja Guru.” Jurnal Komprehenshif 2, no. 1 (2024).
Andi Sadriani, M. Ridwan Said Ahmad, and Ibrahim Arifin. “Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan Di Era Digital.” Seminar Nasional Dies Natalis 62 1 (2023).
Anwar, Khoirul. “Urgensi Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran.” Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan 17, no. 1 (2021).
Ayu Esti Nambatari, Gusti, Moh Irawan Zain, and Awal Nur Kholifatur Rosyidah. “Analisis Tingka Kesulitan Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia 3, no. 1 (2021).
Damaryanti, Radha, Muhammad Syarwa Sangila, La Boy, and Marlina Kadir, Abdul. “Peran Guru Dalam Implementasi Penilaian Autentik Pada Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013.” Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar 3, no. 1 (2023).
Daud, Yusri M. “Perkembangan Kebijakan Pendidikan Di Indonesia: A Systematic Leterature Review.” Intelektualita 13, no. 1 (2024).
Fitriya, Afifa Hana, Pebri Azmi, Yantoro Yantoro, and Bradley Setiyadi. “Implementasi Sistem Informasi Manajemen Melalui Platform Merdeka Mengajar Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6, no. 9 (2023).
Gultom, Tiamsa. “Penilaian Kinerja Guru Mengenai Profesionalisme Guru Di Smp Negeri 2 Pangaribuan Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2020.” Journal Of Education And Teaching Learning (JETL) 2, no. 3 (2020).
Hadi, Warsito. “Kritik Penilaian Menurut Perspektif Standar Nasional Pendidikan.” EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 6, no. 2 (2016). http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/elbanat/article/view/2881.
K.Yin, Robert. Case Study Reasearch and Applications. 2018th ed. Singapura: SAGE Publications,Inc, 2018.
Kamiludin, Kamiludin, and Maman Suryaman. “Problematika Pada Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013.” Jurnal Prima Edukasia 5, no. 1 (2020).
Khaulani, Fatma, Sufyarma Marsidin, and Ahmad Sabandi. “Analisis Kebijakan Dan Pengelolaan Pendidikan Dasar Terkait Standar Isi Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no. 2 (2020).
Kusainun, Noven. “Analisis Standar Penilaian Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan 5, no. 1 (2020).
Kusuma, Jaka Wijaya, Hamidah Hamidah, Ahmad Munawir, Ubay Haki, Surtini Surtini, Sanifah Sanifah, and Eva Cahya Ningsih. “Pendampingan Dan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Memanfaatkan Teknik Bermain Dalam Proses Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Guru Paud Dan Tk.” Indonesian Collaboration Journal of Community Services (ICJCS) 2, no. 1 (2022).
Meerah, T.Subahan Mohd. “Analysis of a Faculty of Engineering Concern on Teaching and Learning.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 102, no. Ifee 2012 (2013). http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.728.
Mustopa, Ahmad, Jasim Jasim, Hasan Basri, and Ujang Cepi Barlian. “Analisis Standar Penilaian Pendidikan.” Jurnal Manajemen Pendidikan 9, no. 1 (2021).
Nur Hidayat, Dani Dwi. “Urgensi Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Tingkat Sekolah Dasar.” Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 3, no. 2 (2022).
Pohan, Sarah Azhari, and Febrina Dafit. “Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 3 (2021).
Pokhrel, Sakinah. “Permendikbud No. 21 Tahun 2022 Menawarkan Kerangka Kerja Yang Komprehensif Untuk Penilaian Pendidikan Di Indonesia.” Αγαη 15, no. 1 (2024).
Rahmah, Rahmah, and Ani Cahyadi. “Analisis Implementasi Permendikbud No. 21 Tahun 2022 Dalam Standar Penilaian Pendidikan Di Indonesia.” Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 8, no. 2 (2024).
Rosyada, Amrina, Putri Syahada, and Chanifudin Chanifudin. “Kurikulum Merdeka: Dampak Peningkatan Beban Administrasi Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran.” Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 4, no. 2 (2024).
Setiawan, Aan, and Donaya Pasha. “Sistem Pengolahan Data Penilaian Berbasis Web Menggunakan Metode Piecies.” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi 1, no. 1 (2020).
Sri, Carolina, and Athena Barus. “Pelatihan Asesmen Berbasis Teknologi Dan Rubrik Penilaian Technology-Based Assessment Training and Assessment Rubrics.” Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat 2, no. 4 (2024).
Sumiyaty, Sarry, Silvia Dwi Prastiwi, Sisi Yuliana, and Wahyuning Tri Mardiyanti. “Komparasi Sistem Pendidikan Indonesia Dengan Negara-Negara OECD.” Journal of Contemporary Issue in Elementary Education 1, no. 2 (2023).
Suradi, Ahmad. “Supervisi Akademik Kepala Sekolah Pada Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 79 Kota Bengkulu.” AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 5, no. 1 (2018).
Tawa, Angelika Bule. “Kebijakan Pendidikan Nasional Dan Implementasinya Pada Sekola Dasar.” SAPA - Jurnal Kateketik dan Pastoral 4, no. 2 (2019).
Wandani, Amalia Rizki, Devi Asriani, Elsa Agustina, and Prihantini Prihantini. “Optimalisasi Peran Tenaga Kependidikan Dalam Membangun Efektivitas Pengelolaan Pendidikan Di Tingkat Sekolah Dasar.” Aulad: Journal on Early Childhood 5, no. 1 (2022).
Yasin, Sharifah Nurulhuda Tuan Mohd, Mohd Fauzi Mohd Yunus, Jamil Abd Baser, Nur Bahiyah Abdul Wahab, and Azman Hasan. “Evaluation Process Dimensions to the Diploma in Mechatronics Engineering.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 228, no. June (2016): 272–277. http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.07.040.
Amalia, Ratih. “Penilaian Kinerja Guru.” Jurnal Komprehenshif 2, no. 1 (2024).
Andi Sadriani, M. Ridwan Said Ahmad, and Ibrahim Arifin. “Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan Di Era Digital.” Seminar Nasional Dies Natalis 62 1 (2023).
Anwar, Khoirul. “Urgensi Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran.” Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan 17, no. 1 (2021).
Ayu Esti Nambatari, Gusti, Moh Irawan Zain, and Awal Nur Kholifatur Rosyidah. “Analisis Tingka Kesulitan Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia 3, no. 1 (2021).
Damaryanti, Radha, Muhammad Syarwa Sangila, La Boy, and Marlina Kadir, Abdul. “Peran Guru Dalam Implementasi Penilaian Autentik Pada Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013.” Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar 3, no. 1 (2023).
Daud, Yusri M. “Perkembangan Kebijakan Pendidikan Di Indonesia: A Systematic Leterature Review.” Intelektualita 13, no. 1 (2024).
Fitriya, Afifa Hana, Pebri Azmi, Yantoro Yantoro, and Bradley Setiyadi. “Implementasi Sistem Informasi Manajemen Melalui Platform Merdeka Mengajar Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6, no. 9 (2023).
Gultom, Tiamsa. “Penilaian Kinerja Guru Mengenai Profesionalisme Guru Di Smp Negeri 2 Pangaribuan Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2020.” Journal Of Education And Teaching Learning (JETL) 2, no. 3 (2020).
Hadi, Warsito. “Kritik Penilaian Menurut Perspektif Standar Nasional Pendidikan.” EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam 6, no. 2 (2016). http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/elbanat/article/view/2881.
K.Yin, Robert. Case Study Reasearch and Applications. 2018th ed. Singapura: SAGE Publications,Inc, 2018.
Kamiludin, Kamiludin, and Maman Suryaman. “Problematika Pada Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013.” Jurnal Prima Edukasia 5, no. 1 (2020).
Khaulani, Fatma, Sufyarma Marsidin, and Ahmad Sabandi. “Analisis Kebijakan Dan Pengelolaan Pendidikan Dasar Terkait Standar Isi Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no. 2 (2020).
Kusainun, Noven. “Analisis Standar Penilaian Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan 5, no. 1 (2020).
Kusuma, Jaka Wijaya, Hamidah Hamidah, Ahmad Munawir, Ubay Haki, Surtini Surtini, Sanifah Sanifah, and Eva Cahya Ningsih. “Pendampingan Dan Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Memanfaatkan Teknik Bermain Dalam Proses Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Guru Paud Dan Tk.” Indonesian Collaboration Journal of Community Services (ICJCS) 2, no. 1 (2022).
Meerah, T.Subahan Mohd. “Analysis of a Faculty of Engineering Concern on Teaching and Learning.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 102, no. Ifee 2012 (2013). http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.728.
Mustopa, Ahmad, Jasim Jasim, Hasan Basri, and Ujang Cepi Barlian. “Analisis Standar Penilaian Pendidikan.” Jurnal Manajemen Pendidikan 9, no. 1 (2021).
Nur Hidayat, Dani Dwi. “Urgensi Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Tingkat Sekolah Dasar.” Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 3, no. 2 (2022).
Pohan, Sarah Azhari, and Febrina Dafit. “Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 3 (2021).
Pokhrel, Sakinah. “Permendikbud No. 21 Tahun 2022 Menawarkan Kerangka Kerja Yang Komprehensif Untuk Penilaian Pendidikan Di Indonesia.” Αγαη 15, no. 1 (2024).
Rahmah, Rahmah, and Ani Cahyadi. “Analisis Implementasi Permendikbud No. 21 Tahun 2022 Dalam Standar Penilaian Pendidikan Di Indonesia.” Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 8, no. 2 (2024).
Rosyada, Amrina, Putri Syahada, and Chanifudin Chanifudin. “Kurikulum Merdeka: Dampak Peningkatan Beban Administrasi Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran.” Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 4, no. 2 (2024).
Setiawan, Aan, and Donaya Pasha. “Sistem Pengolahan Data Penilaian Berbasis Web Menggunakan Metode Piecies.” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi 1, no. 1 (2020).
Sri, Carolina, and Athena Barus. “Pelatihan Asesmen Berbasis Teknologi Dan Rubrik Penilaian Technology-Based Assessment Training and Assessment Rubrics.” Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat 2, no. 4 (2024).
Sumiyaty, Sarry, Silvia Dwi Prastiwi, Sisi Yuliana, and Wahyuning Tri Mardiyanti. “Komparasi Sistem Pendidikan Indonesia Dengan Negara-Negara OECD.” Journal of Contemporary Issue in Elementary Education 1, no. 2 (2023).
Suradi, Ahmad. “Supervisi Akademik Kepala Sekolah Pada Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 79 Kota Bengkulu.” AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 5, no. 1 (2018).
Tawa, Angelika Bule. “Kebijakan Pendidikan Nasional Dan Implementasinya Pada Sekola Dasar.” SAPA - Jurnal Kateketik dan Pastoral 4, no. 2 (2019).
Wandani, Amalia Rizki, Devi Asriani, Elsa Agustina, and Prihantini Prihantini. “Optimalisasi Peran Tenaga Kependidikan Dalam Membangun Efektivitas Pengelolaan Pendidikan Di Tingkat Sekolah Dasar.” Aulad: Journal on Early Childhood 5, no. 1 (2022).
Yasin, Sharifah Nurulhuda Tuan Mohd, Mohd Fauzi Mohd Yunus, Jamil Abd Baser, Nur Bahiyah Abdul Wahab, and Azman Hasan. “Evaluation Process Dimensions to the Diploma in Mechatronics Engineering.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 228, no. June (2016). http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.07.040.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4396
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Novi Selvia, Muhammad Fadhil, Asfiana, Fitriyani, Shaleh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.