Analisis Problematika Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran IPA dalam Mencapai Tujuan Pendidikan pada Kurikulum Merdeka SD/MI

Fakhintan Ilza Karengga, Ulfatur Rizko, Abdul Bashith

Abstract


Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu bagian integral dalam proses pembelajaran. Evaluasi yang baik yakni yang mampu memberikan gambaran yang akurat terkait pencapaian pembelajaran siswa, salah satunya dalam pembelajaran IPA SD/MI dalam Kurikulum Merdeka. Dikarenakan Kurikulum Merdeka menuntut adanya perubahan paradigma dalam pembelajaran, tentu dalam penerapannya muncul kendala termasuk dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara mendalam dan mengidentifikasi berbagai problematika atau permasalahan yang terjadi selama proses evaluasi pembelajaran IPA di tingkat SD/MI berlangsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa problematika yang dialami oleh guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran IPA guna mencapai tujuan pendidikan Kurikulum Merdeka SD/MI diantaranya: (1) Guru belum memiliki pemahaman mendalam terkait karakteristik dari masing-masing bentuk asesmen; (2) Guru kebingungan dalam menentukan bentuk instrumen yang dapat mengukur kompetensi secara tepat dan sesuai dengan tujuan pembelajaran; (3) Guru kesulitan dalam merancang asesmen yang komprehensif; serta (4) Guru kesulitan dalam menjamin instrumen asesmen yang dikembangkan dapat mengakomodasi perbedaan individu secara adil. Implikasi dari permasalahan ini adalah efisiensi waktu menjadi terganggu. Untuk mengatasi hal tersebut, guru perlu mengikuti pelatihan guna mengembangkan kompetensi dalam mengembangkan instrumen asesmen agar sesuai dengan tujuan pembelajaran, kurikulum dan karakteristik siswa; guru dapat melakukan kolaborasi dengan guru lain dan melakukan diskusi dalam komunitas belajar terkait pengembangan instrumen asesmen; serta guru dapat menggunakan teknologi sebagai alat bantu untuk mengelola asesmen.


Keywords


Evaluasi Pembelajaran, IPA SD/MI, Tujuan Pendidikan Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Akmal, Atika Ulya. “Pembelajaran IPA SD.” Scribd. Accessed December 9, 2024. https://id.scribd.com/document/741552685/1-Atika-Ulya-Akmal-Buku-Pembelajaran-Ipa-Sd.

Anggraeni, Nur Diyati, Waviq Kumala Dwi Alviana, Desy Fitriya Wahyuni, Linda Dwi Kusuma Ainurrosyidah, I. ketut Mahardika, Sutarto Sutarto, and Iwan Wicaksono. “Analisis Perkembangan Peserta Didik Menurut Teori Jean Piaget Dan Pengimplementasianya Pada Pembelajaran IPA SMP.” EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi 11, no. 3 (June 7, 2024). https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i3.1252.

Anjeliani, Silvi, Lusi Dwi Yanti, Siti Aisyah, M. Riski Saputra, Khoirunnisa Khoirunnisa, and Risdalina Risdalina. “Analisis Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 4, no. 2 (August 6, 2024). https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.416.

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. 3rd ed. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.

Astuti, Endang Puji. “Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan Dengan Metode Demonstrasi Di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota Blitar.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 3, no. 3 (October 20, 2022). https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i3.177.

Balukh, Jusak Ariyanto, Hery Kresnadi, and Mastar Asran. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Metode Kerja Kelompok di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan. Journal:eArticle, Universitas Tanjungpura, 2015. https://www.neliti.com/id/publications/214535/.

Dewi, Sri Rahma, and Fadhilla Yusri. “Pemahaman Wali Kelas Tentang Gaya Belajar Siswa.” Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no. 1 (January 12, 2023). https://doi.org/10.56248/educatum.v2i1.52.

ditpsd.kemdikbud.go.id. “Hal-hal Esensial Kurikulum Merdeka di Jenjang SD.” Accessed December 9, 2024. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/103.47.133.151/artikel/detail/hal-hal-esensial-kurikulum-merdeka-di-jenjang-sd.

Hanifah, Hani, Susi Susanti, and Aris Setiawan Adji. “Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran,” MANAZHIM : Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan 2 No. 1 (2020). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/manazhim/article/view/638.

Harlita, Ingka, and Zaka Hadikusuma Ramadan. “Peran Komunitas Belajar Di Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Kompetensi Guru.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13, no. 3 (July 29, 2024). https://doi.org/10.58230/27454312.989.

Hermawansyah, Hermawansyah, Muljono Damopolii, and Yuspiani Yuspiani. “Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran.” Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi 7, no. 1 (June 26, 2024). https://doi.org/10.33627/es.v7i1.2143.

Indrastoeti, Jenny, and Siti Istiyati. Asesmen Dan Evaluasi Pembelajaran Di Sekolah Dasar. 1st ed. Surakarta: UNS Press, 2017.

Khusna, Rofiqotul, and Nita Priyanti. “Pengaruh Komunitas Belajar terhadap Kemampuan Pedagogik Guru di Ikatan NSIN TK Bekasi.” Jurnal Ilmiah Potensia 8, no. 2 (July 25, 2023). https://doi.org/10.33369/jip.8.2.252-260.

Marinda, Leny. “Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar.” An-Nisa Journal of Gender Studies 13, no. 1 (April 18, 2020). https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26.

Marlita, Ichda Nurul, Siti Masfuah, and Lovika Ardana Riswari. “Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran TGT Berbasis Media FTB.” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 4 (October 25, 2023). https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2683.

“Panduan Pembelajarn Dan Asesmen : Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar Dan Menengah.” Accessed December 9, 2024. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan-Pembelajarn-dan-Asesmen.pdf.

Paré, Guy, Marie-Claude Trudel, Mirou Jaana, and Spyros Kitsiou. “Synthesizing Information Systems Knowledge : A Typology of Literature Reviews.” Information & Management 52, no. 2 (March 1, 2015). https://doi.org/10.1016/j.im.2014.08.008.

“Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru Di MI Adda’wah Seteluk.” Accessed December 9, 2024. https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/8004.

Purwanto, M. Ngalim. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya, 2000.

Putri, Meilinda Sari, and Hery Noer Aly. “Taksonomi Tujuan Pendidikan dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Kota Bengkulu.” Science and Education Journal (SICEDU) 2, no. 2 (June 29, 2023). https://doi.org/10.31004/sicedu.v2i2.127.

Rosyah, Dea Lean Arsy, and Puguh Darmawan. “Analisis Relevansi Pembelajaran Diferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Dengan Konsep Visi Pedagogik Ki Hajar Dewantara.” Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan (JEBP) 3, no. 9 (2023).

Sapriati, Amalia. “Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” Accessed December 9, 2024. https://online.fliphtml5.com/gzgvn/fdml/.

Silitonga, Evi Agustina, and Ina Magdalena. “Gaya Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Cikokol 2 Tangerang.” Pensa: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 2 no. 1 (2020). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/660.

Sugianto, Aris. “Ciri-Ciri (Karakteristik) Tes Yang Baik,” August 11, 2016.

Suhelayanti, Suhelayanti, Z. Syamsiah, Ima Rahmawati, Wiwin Rewini Kunusa, Nita Suleman, Hadi Nasbey, Julhim S. Tangio, and Dewi Anzelina. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS). Yayasan Kita Menulis, 2023. https://scholar.google.com/scholar?cluster=10196213826419730629&hl=en&oi=scholarr.

Sumarmi, Sumarmi. “Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar.” Social Science Academic 1, no. 1 (June 24, 2023). https://doi.org/10.37680/ssa.v1i1.3193.

Syamsudin, Syamsudin, and Siti Lailatul Fitriani. “Problematika Pembelajaran IPA Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan 10, no. 1 (January 25, 2024). https://doi.org/10.55210/attalim.v10i1.1440.

Undikma, Mujiburrahman, Baiq Kartiani, and Lalu Parhanuddin. “Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka.” Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 1 (April 30, 2023). https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.5019.

Viqri, Denada, Lara Gesta, M. Fattur Rozi, Arini Syafitri, Andy Makarim Falah, Khoirunnisa Khoirunnisa, and Risdalina Risdalina. “Problematika Pembelajaran IPAS Dalam Kurikulum Merdeka.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 4, no. 2 (August 6, 2024). https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.419.

Wardani, Helda Kusuma. “Pemikiran Teori Kognitif Piaget Di Sekolah Dasar.” Accessed December 9, 2024. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/12251.

Wardani, Ivo Retna Wardani, Mirza Immama Putri Zuani, and Nur Kholis. “Teori Belajar Perkembangan Kognitiv Lev Vygotsky Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.” DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (July 2, 2023). https://doi.org/10.58577/dimar.v4i2.92.

Wijayanti, Inggit, and Anita Ekantini. “Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS SD/MI.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 2 (August 24, 2023). https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9597.

Wulandari, Arista Desti, Juni’ah Juni’ah, and Susilawati Susilawati. “Pemanfaatan Teknologi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Di Sekolah Dasar.” Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar 6, no. 1 (December 15, 2021).

Zainudin, Zainudin, and Ubabuddin Ubabuddin. “Ranah Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Sebagai Objek Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik.” ILJ: Islamic Learning Journal 1, no. 3 (July 24, 2023).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Fakhintan Ilza Karengga, Ulfatur Rizko, Abdul Bashith

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto