Kreativitas Guru dalam Penataan Ruang Kelas Untuk Menciptakan Lingkungan Belajar yang Nyaman bagi Siswa Kelas V di MI Nurul Islam Semar Ragang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran kreativitas guru dalam penataan ruang kelas sebagai upaya menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan mendukung bagi siswa kelas V di MI Nurul Islam Semar Desa Ragang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk menggambarkan kondisi penataan ruang kelas serta peran guru dan siswa dalam proses tersebut. Penataan ruang kelas yang efektif, termasuk pengaturan tempat duduk berbentuk U, pengelolaan keindahan dan kebersihan kelas, serta penyusunan ruang belajar, terbukti memberikan dampak positif terhadap interaksi, konsentrasi, dan motivasi siswa dalam belajar. Selain itu, keterlibatan aktif siswa dalam mendekorasi dan menjaga kebersihan kelas meningkatkan rasa tanggung jawab dan semangat belajar mereka. Kendala yang dihadapi, seperti minimnya fasilitas kelas, dapat diatasi melalui pendekatan kreatif guru dalam memanfaatkan sumber daya yang ada. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran yang inovatif dan mendukung terciptanya suasana belajar yang kondusif, serta relevan untuk diterapkan di sekolah dasar lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, Asratu, and Alfan Hadi. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah PGMI STAI Al-Amin Gersik 2, no. 2 (2023).
Al-Kansa, Bunga Bhagasasih, and Silvia Agustini. “Pengaruh Penataan Tempat Duduk Terhadap Keefektifan Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 5 (2023). https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.03.032.
Aprina, De, Masykur H Mansyur, and Jaenal Abidin. “Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Anggadita 01.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 3 (2023).
Ashadi, Joko Priyana, and Basikin. Teacher Education and Professional Development in Industry 4.0. London: CRC Press/Balkema, 2021.
Bukhori, Imam. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Membangun Karakter Nasionalisme Siswa Di Mi Nurul Islam 1 Desa Ragang.” MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah 6, no. 1 (2024).
Damaiyanti, Novi. “Peran Guru dalam Meningkatkan Kenyamanan Belajar Siswa Melalui Penataan Ruang Kelas.” Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Riau, June 11, 2023. https://doi.org/10.31219/osf.io/xdhup.
Djamarah, Syaiful Bahri. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Cipta Neka, 2006.
Djamarah, Syaiful Bahri, and Aswan Zein. Strategi Belajar Mengajar. 5th ed. Jakarta: Renika Cipta, 2014.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Husna, Nihayatul. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Di Mi Sailul Ulum Pagotan Madiun.” Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, 2020.
Istiqomah, Euis Nur, Anik Sulistyarini, and Tri Wardati Khusniyah. “Model Ruang Kelas Dan Implikasinya Pada Motivasi Belajar Siswa Sd: Literature Review.” Renjana Pendidikan Dasar 3 (2023).
Kamilah, Nurul, and Yayang Furi Furnamasari. “Peran Manajemen Pengelolaan Kelas Terhadap Minat Beajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI) 2, no. 3 (2023). https://doi.org/10.58192/insdun.v2i3.950.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.
Nugroho, Vannesa Almayra, Erna Zumrotun, and Syailin Nichla Choirin. “Optimalisasi Lingkungan Belajar Di SDN 3 Karangrandu Jepara Pada Program Kampus Mengajar.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9 (2023). https://doi.org/10.5281/zenodo.8321454.
Oktavianti, Fani. “Manajemen Peserta Didik Dalam Pengembangan Minat Dan Bakat Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sd Negeri Ngaliyan 03 Kota Semarang.” Universitas Negeri Semarang, 2019.
Purnomo, Budi, and Febliana Aulia. “Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Di Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 3, no. 1 (June 29, 2018). https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6765.
Rizky, Angga. “Kreativitas Penataan Kelas Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Di Sdn Teupin Raya Aceh Timur.” Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam - Banda Aceh, 2020.
Santrock, John W. Psikologi Pendidikan. 2nd ed. Jakarta: Kencana, 2011.
Sofiyulloh. “Kreativitas Guru Dalam Mengelola Kelas Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri.” Tarbawi : Jurnal Studi Pendidikan Islami 10 (2022).
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R Dan D. 2nd ed. Bandung: Alfabeta, 2021.
Sukirman, Sukirman, and Tri Ratna Dewi. “Keterampilan Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Pembelajaran Yang Efektif.” JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah) 3, no. 2 (July 31, 2021). https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.1031.
Utami, Restu Dwi Setiyo, Badriyah Badriyah, Qurrotul Aini, and Singgih Bektiarso. “Optimalisasi Tata Ruang Kelas Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Aktif Dan Inovatif” 8, no. 3 (2024).
Wardana, Ludfi Arya, and Afib Rulyansah. “Pengembangan Model Ruang Kelas Berbasis Tematik di Sekolah Dasar.” Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan 28, no. 2 (November 30, 2019). https://doi.org/10.17977/um009v28i22019p125.
Zainuddin, Mulyadi, and Elvina Purwitasari. “Optimalisasi Pemahaman Desain Pengelolaan Fasilitas Kelas melalui Kegiatan Bedah Kelas di Tingkat Sekolah Dasar Kabupaten Sumenep.” Edu-Dharma Jurnal pengabdian kepada masyarakat FKIP Universitas PGRI Madiun 2 (2023).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4424
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Imam Bukhori, Trio Supriyatno, Bintoro Widodo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.