Pengaruh Teman Sebaya dan Lingkungan Terhadap Minat Anak dalam Pembelajaran di MIN 18 HSU
Abstract
Minat siswa dalam pembelajaran merupakan aspek krusial dalam proses belajar mengajar. Siswa dengan minat belajar yang tinggi dapat meningkatkan kualitas dan hasil pembelajaran, sementara minat belajar yang rendah dapat menurunkan kualitas dan berdampak negatif pada hasil belajar. Judul: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh teman sebaya dan lingkungan terhadap minat belajar anak di MIN 18 HSU. Minat belajar anak adalah faktor penting yang mempengaruhi prestasi akademik dan perkembangan pendidikan mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada 100 siswa MIN 18 HSU yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teman sebaya dan lingkungan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat belajar anak. Teman sebaya berfungsi sebagai motivator dan sumber dukungan, sedangkan lingkungan yang kondusif, baik di rumah maupun di sekolah, secara signifikan meningkatkan minat belajar anak. Analisis regresi menunjukkan bahwa teman sebaya dan lingkungan memberikan kontribusi positif terhadap minat belajar dengan koefisien determinasi sebesar 0,65. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar sekolah dan orang tua bekerja sama dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung interaksi sosial yang konstruktif di antara anak-anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asmara, Sheli Resti, Tati Heryati, dan Rita Patonah. “Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di SMK Swadaya Karangnunggal.” J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) 2, no. 1 (14 Februari 2021). https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i1.4881.
Asmi, Ali, Hendri Neldi, dan Khairuddin Fik-Unp. “Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Melalui Metode Bermain Pada Kelas VIII-4 Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batusangkar.” Jurnal MensSana 3, no. 1 (15 Mei 2018). https://doi.org/10.24036/jm.v3i1.64.
Deni Kurniawan. “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar,” 2022.
“Dokumentasi TU MIN 18 HSU,” 2024.
Hamli, Haji. “Implementasi Kegiatan Pembelajaran Al-Qur’an Pagi Dalam Membentuk Karakter Siswa MIN 13 HSU.” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 4 (31 Oktober 2023). https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2197.
Kurniawan, Deni. “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series 5, no. 6 (3 Desember 2023). https://doi.org/10.20961/shes.v5i6.81095.
Nurhasanah, Siti, dan A. Sobandi. “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa Learning Interest as Determinant Student Learning Outcomes.” Jurnal Pendidikan Managemen Perkantoran 1, no. 1 (2016).
Rahayu, Septiana. “Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IIs Sma Negeri 1 Sewon Tahun Ajaran 2016/2017.” Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi 7, no. 2 (1 Maret 2018).
Rohmah, Chusna Oktia, dan Siti Umi Khayatun Mardiyah. “Pengaruh Pengunaan Gadget Dan Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Smk Muhammadiyah 2 Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran - S1 6, no. 1 (26 Oktober 2017).
Salmiwati, Salmiwati. “Konsep Belajar Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Murabby: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 1 (18 April 2019). https://doi.org/10.15548/mrb.v2i1.327.
Saputro, Singgih Tego, dan Pardiman. “Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 10, no. 1 (22 Oktober 2024). https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.923.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i1.4433
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.