Analisis Pendekatan Acuan Normatif (PAN) dalam Pendidikan Dasar

Fitriyani Fitriyani, Asfiana Asfiana, Novi Selvia, Shaleh Shaleh

Abstract


Pendidikan dasar sangat penting untuk membangun pengetahuan dan keterampilan siswa yang akan mempengaruhi keberhasilan mereka di masa depan. Pada tahap ini, siswa dikenalkan dengan berbagai jenis pembelajaran yang meningkatkan sikap, karakter, dan keterampilan sosial mereka selain pembelajaran akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif Pendekatan Acuan Normatif (PAN) dalam meningkatkan kualitas pendidikan dasar di sebuah sekolah dasar di Banda Aceh. PAN menekankan pada pemenuhan standar normatif dalam kurikulum dan evaluasi pendidikan. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan studi kasus yang mengandalkan wawancara dengan guru dan kepala sekolah kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAN memberikan struktur yang jelas untuk proses pembelajaran, tetapi masalah utamanya adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan lokal dan keterbatasan sumber daya. Namun, penerapan PAN memungkinkan evaluasi yang objektif dan meningkatkan kesetaraan kesempatan belajar bagi semua siswa. Oleh karena itu, penting untuk terus mengembangkan pendekatan ini sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi lokal dan membutuhkan dukungan dari peneliti. Penelitian ini menemukan bahwa PAN dapat meningkatkan kualitas pendidikan dasar dan membuat sistem pendidikan yang lebih adil dan inklusif dengan pengelolaan yang baik.


Keywords


Pendidikan Dasar, Pendekatan Acuan Normatif, Kualitas Pendidikan, Kurikulum

Full Text:

PDF

References


Alfath, Khairuddin. “Teknik Pengolahan Hasil Asesmen: Teknik Pengolahan Dengan Menggunakan Pendekatan Acuan Norma (Pan) Dan Pendekatan Acuan Patokan (Pap).” Al-Manar 8, no. 1 (2021). https://doi.org/10.36668/jal.v8i1.105.

Aliyan, Dewi Nur Annisa, Fifin Dayanti, and Zumrotul Mukaffa. “Implementasi Pendekatan Penilaian Acuan Normatif (PAN) Dan Pendekatan Penilaian Acuan Patokan (PAP) Dalam Mengevaluasi Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas XI Sma Gema 45 Surabaya).” AT-TA’LIM : Media Informasi Pendidikan Islam 20, no. 2 (2021). https://doi.org/10.29300/atmipi.v20.i2.4953.183.

Almubarak, Mujahidin, and Rahmat Rahmat. “Tehnik Pemerikasaan Dan Pengolahan Hasil Asesmen.” Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi 4, no. 1 (2021). https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i1.916.

Amal, Ikhlasul. “Integrasi Pendekatan Acuan Patokan (PAP) Dan Pendekatan Acuan Normatif (PAN) Dalam Konteks Penilaian Pembelajaran Sekolah.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 9, no. 3 (2024). https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.854.

Awaliyah, Lia, Royan Babush Shoimin, Devi Purnama Sari, Dede Irma Sri Ruba’iah, and Syafa’atun Nahriyah. “Learning Outcome Processing Techniques Through PAP and PAN Methods.” Jurnal Ilmiah Keislaman 9, no. 1 (2023).

Bernadhi, Brav Deva, and Singgih Saptadi. “Dengan E-Learning (Studi Kasus: Program Studi XYZ )” XI, no. 3 (2020).

Bhoki, Hermania, and Vinsensius Bawa Toron Bawa Toron. “Implementasi Fungsi Pengarahan Dan Pengendalian Dalam Manajemen Pendidikan Di SMP Panggudi Luhur Domenico Savio Semarang.” Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral 7, no. 1 (2023). https://doi.org/10.61831/gvjkp.v7i1.154.

Dedy, Yosef, and Juneman Abraham. “Psychoanthropology of Power Contestation : Mangunan Alternative Education ‘ versus ’ the National Curriculum of the Indonesian Government.” Procedia-Social and Behavioral Sciences 132 (2023). https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.297.

Dianti, Yira. “Problem Hukum Dan Pendekatan Dalam Penelitian Hukum Normatif.” Angewandte Chemie International Edition, 6 (11) 2020.

Fahrurrazi, Ferdy, Sri Setia, and Putra Jayawardaya. “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Melalui Metode Pembelajaran Interaktif.” Bahasa Dan Budaya 2, no. 3 (2024).

Fitriyana, Fitriyana, Yudo Dwiyono, and Usfandi Haryaka. “Manajemen Penilaian Kinerja Guru Oleh Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Di SD Negeri Kecamatan Kaubun Kabupaten Kutai Timur.” Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 8, no. 4 (October 21, 2024). https://doi.org/10.35931/am.v8i4.4068.

Hikamudin, Eviana, and Yahya Hairun. “Analisis Disparitas Skor Tampak Dan Estimasi Skor Murni Dengan Pengkategorian Acuan Normatif Pada Tes Hasil Belajar Siswa.” Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 10, no. 1 (2021). https://doi.org/10.33387/dpi.v10i1.2905.

Ismuwardani, Zakiyah, Indra Maulana, Utami Rosalina, and Fauzia Dewi Hartanti. “Kendala Guru Dalam Memberikan Penilaian Terhadap Siswa Dalam Proses Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Merdeka.” PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 2, no. 2 (2023).

K.Yin, Robert. Case Study Reasearch and Applications. 2018th ed. Singapura: SAGE Publications,Inc, 2021.

Lubis, Nurhayani, Zulhimmah Zulhimmah, Manahan Efendi Efendi, and Hasnah Azhari Harahap. “Penerapan Penilaian Beracuan Patokan Dan Norma Pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Aliyah Swasta Darul Hadits Huta Baringin.” Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan 2, no. 2 (2024). https://doi.org/10.61292/cognoscere.168.

Mursidah, Mursidah. “Pendidikan Berbasis Kesetaraan Dan Keadilan Gender.” Muwazah 5, no. 2 (2020). https://doi.org/10.28918/muwazah.v5i2.350.

Pangastuti, Ratna, and Kusnul Munfa’ati. “Penilaian Acuan Norma, Penilaian Acuan Patokan, Riteria Ketuntasan Minimal Di Madrasah Ibtidaiah an-Nur Plus Junwangi Krian Sidorajo Jawa Timur.” Jurnal Tarbiyah AL-AWLAD 8, no. 2 (2022).

Patokan, Acuan, Pengolahan Hasil, Belajar Siswa, Dudi Kiswanto, Dian Arista, Isti Jayang Fitrah, and Maryam Nur Annisa. “Implementasi Penilaian Acuan Norma ( PAN ) Dan Penilaian” 10, no. 3 (2020).

Rosidah, Cholifah Tur, Pana Pramulia, and Wahyu Susiloningsih. “Analisis Kesiapan Guru Mengimplementasikan Asesmen.” Jurnal Pendidikan Dasar Vol 12 No, no. 1 (2021).

Sumantri, Mulyani, and Udin Syaefudin Sa’ud. “Pendidikan Dasar Dan Menengah.” Prosiding: Indonesia Dalam Arus Sejarah VIII, no. 021 (2021).

Syahril, Muhammad, Remiswal Remiswal, and Khadijah Khadijah. “Efektivitas Norm-Referenced Assessment (PAN) Dalam Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Dan Motivasi Siswa: Studi Kasus Di SDN 03/III Sungai Deras.” Indo-MathEdu Intellectuals Journal 5, no. 3 (2024). https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1411.

Widiyono, Aan. “Penerapan ZD SOft Screen Recorder Terhadap Hasil Belajar Materi PAP & PAN Di Era New Normal.” Prosiding Seminar Nasional Arah Kebijakan Pendidikan 3, no. 1 (2021).

Yulianto, Indra, Program Studi, Pendidikan Ekonomi, and Universitas Merangin. “Analisis Classrooms Assessment : Remedial , Pengayaan , Pendekatan Acuan Patokan ( PAP ) Dan Pendekatan Acuan Normatif ( PAN ) INFO ARTIKEL : Grata : Jurnal Inovasi Pendidikan Kepada Peserta Didik Dengan Tujuan Untuk Memperbaiki Prestasi Belajarnya Hingga” 1 (2024).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.4443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Fitriyani, Asfiana, Novi Selvia, Shaleh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787