Peningkatan Pemahaman Konsep Pecahan Melalui Aplikasi EBS-PBM Apps pada Siswa Kelas V SD

Rita Haryati, Isrok’atun Isrok’atun, Riana Irawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur penggunaan aplikasi EBS-PBM Apps berbasis Android terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi pecahan di SD Negeri Ciluluk II, Kabupaten Sumedang. Desain penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu Nonequivalent Control Group Design dengan sistem pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian adalah dua kelas yang terdiri dari kelas kontrol yaitu V-A dan kelas eksperimen yaitu V-B. Perlakuan pada dua kelas sampel dibedakan dengan penggunaan media pembelajaran aplikasi EBS-PBM Apps berbasis android pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol tidak. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) uji t dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai pretest dan posttest di kelas eksperimen. Selain itu, perolehan rata-rata N-Gain siswa di kelas eksperimen mencapai 0,4225, yang termasuk dalam kategori sedang. (2) pada kelas kontrol nilai signifikansi sebesar 0,000 yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai pretest dan posttest. Namun, rata-rata gain siswa di kelas kontrol adalah 0,25, yang masuk dalam kategori rendah. (3) Berdasarkan uji beda rata-rata nilai gain kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,008. Artinya terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep materi pecahan pada siswa karena nilai signifikansi < 0,05.


Keywords


EBS-PBM Apps, Pemahaman Konsep, Pembelajaran Berbasis Android

Full Text:

PDF

References


Alda, Puputri, M. Jaya Adi Putra, and Erlisnawati Erlisnawati. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Berbantuan Media Monopoli Hidrosfer Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11, no. 6 (December 15, 2022). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.8986.

Apriliyana, Dyah Ayu, Siti Masfu’ah, and Lovika Ardana Riswari. “Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Pada Materi Bangun Ruang,” June 2023. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id.

Azizah, Isnaini Nur, and Djamilah Bondan Widjajanti. “Keefektifan Pembelajaran Berbasis Proyek Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kepercayaan Diri Siswa.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 6, no. 2 (November 30, 2019). https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.15927.

Fadhillah Akbar, Hilmi, and Muhamad Sofian Hadi. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa.” Community Development Journal 4, no. 2 (2023).

Fidayanti, Meta, Ali Shodiqin, and Suyitno Yp. “Analisis Kesulitan Dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan.” Journal for Lesson and Learning Studies 3, no. 1 (2020).

Hanipah, Nur, Raisya Farahita, and Rizki Fadhillah. “Penggunaan Alat Peraga Papan Transformasi Geometri Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.” Jurnal Pendidikan Matematika 1 (2022).

Irfan, Andi Prastowo, and Kharisma Romadhon. “Implementasi Aplikasi Kahoot Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Era Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar.” Elementary : Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 2 (December 27, 2022). https://doi.org/10.32332/elementary.v8i2.4867.

Juwita, Juwita, Maulana Maulana, and Riana Irawati. “Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan EBS-PBM Apps Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa.” JURNAL PENA EDUKASI 11, no. 2 (October 25, 2024): 148. https://doi.org/10.54314/jpe.v11i2.1994.

Lenaini, Ika. “Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling.” HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah 6, no. 1 (2021). https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.4075.

Mahardika Arsa Putra, Gede Yoga, and I Gusti Ayu Tri Agustiana. “ELKPD Materi Pecahan Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” MIMBAR PGSD Undiksha 9, no. 2 (July 9, 2021). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813.

Moto, Maklonia Meling. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Dunia Pendidikan.” Indonesian Journal of Primary Education 3, no. 1 (June 30, 2019). https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060.

Nurrohman, Afidz. “Analisis Edugame Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Sinasis 247, no. 1 (2021).

Permana, Belva Saskia, Lutvia Ainun Hazizah, and Yusuf Tri Herlambang. “Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi.” Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora 4, no. 1 (January 5, 2024). https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702.

Putri, Ida Ayu Made Ariska, and Gusti Ngurah Agustika. “Pemanfaatan Video Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Mimbar Ilmu 27, no. 2 (August 23, 2022). https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.50699.

Rahayu, Restu, Sofyan Iskandar, and Yunus Abidin. “Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia.” Jurnal Basicedu 6, no. 2 (February 11, 2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082.

Rohmat, Aziz Nur, and Witri Lestari. “Pengaruh Konsep Diri Dan Percaya Diri Terhadap Kemampuan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis.” JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) 5, no. 1 (December 29, 2019). https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5173.

Ruswan, Acep, Primanita Sholihah Rosmana, Mufidatul Husna, Ica Nurhikmah, Sani Irsalina, Resa Azahra, Abdillah Faqih, and Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar,” 2024.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&d. Bandung: Alfabeta, 2013.

Sundayana, Rostina. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Edited by Imas Komariah and Daeng Nurjamal. Bandung: Alfabeta, cv, 2015.

Wirabumi, Ridwan. “Metode Pembelajaran Ceramah.” Annual Conference on Islamic Education and Thought ACIET. Vol. I, 2020.

Wulandari, Amelia Putri, Annisa Anastasia Salsabila, Karina Cahyani, Tsani Shofiah Nurazizah, and Zakiah Ulfiah. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Journal on Education 5, no. 2 (January 22, 2023). https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.4606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rita Haryati, Isrok’atun, Riana Irawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787