Pengembangan Bahan Ajar Berbantu Website Canva pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di MI Miftahul Huda 2

Puput Melati Sukma, Ratna Kartika Sari, Muhammad Syabrina

Abstract


Perkembangan teknologi digital telah merevolusi berbagai sektor, termasuk pendidikan. Bahan ajar, sebagai salah satu komponen kunci dalam proses pembelajaran, mengalami transformasi signifikan. Salah satu inovasi yang paling menonjol dalam dunia pendidikan adalah bahan ajar media interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital berupa media pembelajaran interaktif yang dapat digunakan oleh siswa di kelas IV dalam pembelajaran IPAS. Penelitian ini mengikuti model ADDIE dengan lima tahap yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan angket. Uji coba lapangan melibatkan 27 siswa dengan membandingkan perolehan skor pretest dan posttest. Hasil angket dari ahli materi, desain dan uji coba lapangan menujukan bahwa bahan ajar media interaktif ini sangat sesuai, dengan skor rata-rata di atas 90%, yang menunjukkan kriteria "sangat layak”. Menurut ahli materi 96%, menurut ahli desain 97%, penilaian guru sebesar 89%, hasil uji coba lapangan 84,85%. Hasil Uji Hipotesis menggunakan uji T 0,00000053 bahwa bahan ajar sangat signifikan dalam meningkatkan hasil belajar, dan Analisis N-gain sebesar 0,471874 dengan kriteria sedang. Kesimpulan penelitian pengembangan bahan ajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords


Bahan ajar, Interaktif, Teknologi

Full Text:

PDF

References


Ardhani, Azizah Dwi, Mohammad Liwa Ilhamdi, and Siti Istiningsih. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD.” Jurnal Pijar Mipa 16, no. 02 (2021).

Azhar, Muhammad, Hakmi Wahyudi, Promadi Promadi, and Masrun Masrun. “Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Indonesia.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP) 6, no. 4 (2023).

Azka, Hanna Haristah Al, Rina Dwi Setyawati, and Irkham Ulil Albab. “Pengembangan Modul Pembelajaran.” Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 1, no. 5 (2019).

Dewi, Nur Laela, Sukamto, and Dina Prasetyowati. “Analisis Hasil Asesmen Diagnostik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Kelas IV Sekolah Dasar.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9, no. 2 (2023). https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1127.

Dewi, Oktavia Arliana, Laila Hayati, Nurul Hikmah, and Ketut Sarjana. “Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Canva Pada Materi Lingkaran.” Journal of Classroom Action Research 5, no. 3 (2023). https://doi.org/10.29303/jcar.v5i3.5169.

Ernawati, Iis, and Totok Sukardiyono. “Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server.” Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) 2, no. 2 (2017).

Fernando, Simon, Tahmid Sabri, and Suparjan Suparjan. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Sekolah.” Jurnal Tunas Bangsa 9, no. 1 (2022).

Harahap, Tua Halomoan, Rahmat Mushlihuddin, and Nur Afifah. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.” EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial 8, no. 1 (2021).

Hartini, Hidayah Lensimia, Siti Istiningsih, And Khairun Nisa. “Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Multimedia Interaktif Kelas V Sdn 1 Peteluan Indah.” LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 4, no. 3 (2024).

Herawati, Nita Sunarya, and Ali Muhtadi. “Pengembangan Modul Elektronik (e-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 5, no. 2 (2018).

Hidayat, Fitria, and Nizar Muhamad. “Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning.” J. Inov. Pendidik. Agama Islam 1, no. 1 (2021).

Idawati, Idawati, Maisarah Maisarah, Muhammad Muhammad, et al. “Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran Sains Jenjang SD.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4, no. 4 (2022). https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5314.

Januarisman, Erwin, and Anik Ghufron. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas VII.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 3, no. 2 (2016).

Magdalena, Ina, Miftah Nurul Annisa, Gestiana Ragin, and Adinda Rahma Ishaq. “Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04.” Nusantara 3, no. 2 (2021).

Magdalena, Ina, Riana Okta Prabandani, Emilia Septia Rini, Maulidia Ayu Fitriani, and Amelia Agdira Putri. “Analisis Pengembangan Bahan Ajar.” Nusantara 2, no. 2 (2020).

Maritsa, Ana, Unik Hanifah Salsabila, Muhammad Wafiq, Putri Rahma Anindya, and Muhammad Azhar Ma’shum. “Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan 18, no. 2 (2021). https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303.

Maulana, Dadung, Mazrur Mazrur, and Setria Utama Rizal. “Pengembangan Computer Based Instructional Materi ‘Haji’ Di Madrasah Aliyah.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4, no. 2 (2021).

Munawar, Badri, Ade Farid Hasyim, and Minhatul Maâ. “Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbantuan Aplikasi Animaker Pada PAUD Di Kabupaten Pandeglang.” Jurnal Golden Age 4, no. 02 (2020).

Novita, Lina, Elly Sukmanasa, and Mahesa Yudistira Pratama. “Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD.” Indonesian Journal of Primary Education 3, no. 2 (2019).

Prayoga, Andry Syahrul, Rizki Dwi Natasya, and Mokhamad Syaifudin. “Analisis Kelayakan Kegrafikan Pada Buku Ajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 13, no. 4 (2024).

Putra, Aldo Pramana, Endie Riyoko, and Ali Fakhrudin. “Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Hots Dengan Memanfaatkan Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD.” Indonesian Research Journal on Education 3, no. 2 (2023). https://doi.org/10.31004/irje.v3i2.223.

Putri, Elsa Savrina, Sandi Budiana, and Resyi Abdul Gani. “Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Canva Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku.” Jurnal Elementary:Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar 6, no. 1 (2023). https://doi.org/10.31764/elementary.v6i1.13464.

Rahadian, Dina. “Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dan Kompetensi Teknologi Pembelajaran Untuk Pengajaran Yang Berkualitas.” JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran 2, no. 1 (2017).

Riani, Rindiana Putri, Khoirul Huda, and Khusnul Fajriyah. “Pengembangan Media Pembelajaran Tematik ‘Fun Thinkers Book’ Tema Berbagai Pekerjaan.” Jurnal Sinektik 2, no. 2 (2019).

Riyadi, Selamet, and Kawakibul Qamar. “Efektivitas E-Modulanalisis Real Pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang.” SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) 1, no. 1 (2017). https://doi.org/10.35706/sjme.v1i1.554.

Rukman, Vinka Riantini, and Asep Samsudin. “Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Berbantuan Aplikasi Canva Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar.” Jurnal Profesi Pendidikan 1, no. 2 (2022). https://doi.org/10.22460/jpp.v1i2.11757.

Siswani, Sudirman Sudirman, and Prayogi Dwina Angga. “Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) Kelas IV SDN Embung Karung.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9, no. 4 (2024). https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2835.

Syabrina, Muhammad, and Sulistyowati Sulistyowati. “Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah.” Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 7, no. 1 (2020).

Tambunan, Lois, and Janwar Tambunan. “Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Berbantuan Aplikasi Canva Pada Materi Grafik Fungsi Eksponen Dan Logaritma.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 7, no. 2 (2023). https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2212.

Wahyuni, Yusri, Edrizon Edrizon, and Fauziah Fauziah. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Pemanfaatan Geogebra.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 6, no. 1 (2022).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.4616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Puput Melati Sukma, Ratna Kartika Sari, Muhammad Syabrina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303