Peran Orang Tua dan Guru dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Anak Tingkat Sekolah Dasar
Abstract
Kemandirian belajar merupakan kemampuan seorang anak untuk mengatur, menyelesaikan tugas, dan mencari solusi masalah secara mandiri. Kemampuan ini penting dikembangkan pada anak usia sekolah dasar, yang berada pada fase perkembangan kognitif, emosional, dan sosial yang krusial. Penelitian ini menelaah peran orang tua dan guru dalam menumbuhkan kemandirian belajar anak, yang merupakan faktor kunci dalam mempersiapkan anak menghadapi tantangan pendidikan dan kehidupan sehari-hari. Orang tua berperan dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan memberikan dukungan emosional yang positif. Sementara itu, guru berfungsi sebagai fasilitator yang menciptakan suasana kelas yang mendukung dan memberikan tantangan yang sesuai untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kolaborasi antara orang tua dan guru terbukti sangat penting dalam mendukung perkembangan kemandirian belajar anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan literature review untuk menyajikan pemahaman lebih dalam mengenai kontribusi keduanya dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan emosional, pemberian kesempatan untuk mengambil keputusan, serta pendekatan yang personal dan konsisten dari kedua belah pihak dapat meningkatkan kemandirian belajar anak secara efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Murad, Servista Bukit, Reh Bungana Br Perangin Angin. “Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basic Edu Vol. 06 No. 05 (2022).
Ade Iis Kurniawati, and M Masnipal. “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Pada Kegiatan Belajar Di Rumah Di TK X.” Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud 1, no. 2 (2021). https://doi.org/10.29313/jrpgp.v1i2.385.
Affrida, Ervin Nurul. “Strategi Ibu Dengan Peran Ganda Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 2 (2017). https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.24.
Ahyar, Hardani, Helmina Andriani, Dhika Juliana Sukmana, et al. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu, 2020. https://scholar.google.com/scholar?cluster=3872599910269005382&hl=en&oi=scholarr.
Amanullah, Akhmad Syah Roni, and Devi Khavita Kharisma. “Perkembangan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Emosi Anak Dan Remaja.” ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1, no. 2 (2022). https://ejournal.iai-tabah.ac.id/almurtaja/article/view/1804.
Aritonang, Elsida. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Siswa Pada Pembelajaran Daring.” JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala 7, no. 1 (2022): 1. https://doi.org/10.58258/jupe.v7i1.2985.
Asmanita, Mili. “Peran Orang Tua Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini Di Desa Tanjong Berugo Kecamatan Lembah Masurai Kabupaten Merangin.” Skripsi, UIN Jambi Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2019.
Aulia Suhesty, Miranti Rasyid, Rini Fitriani Permatasari, Yolanda Sonia Cindy Putri. “Kolaborasi Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di Era New Normal.” Jurnal Plakat: Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Vol. 02 No.02 (2022).
Curtis, Audrey. A Curriculum for the Pre-School Child. Roudledge, 2014.
Dalita, Resmi, Fitriah Hayati, and Fitriani Fitriani. “Peran Orang Tua Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Rukoh Lorong Banna Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan 2, no. 2 (2021). https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/567.
Danauwiyah, Nur Mauliddah, and Dimyati Dimyati. “Kemandirian Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 2 (2021). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.994.
Dewi, Tiara Aprilia, and Choiriyah Widyasari. “Keterlibatan Orang Tua Dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 6 (2022). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3121.
Dwi Rukmini, Ratih Laily Nurjanah, Yan Mujiyanto, Hendi Pratama. “Menilai Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Self-Assessment.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 2023.
Elminah, Elminah, and Hamid Patilima. “Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Kemandirian Pada Anak Usia 5 -6 Tahun.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9, no. 2 (2023). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5140.
Fathurrohman. “Model-Model Pembelajaran.” Pelatihan Guru Post Traumatik PKO Muhammadiyah, 2015.
Fathurrohman, Muhammad. Model-Model Pembelajaran Inovatif : Alternatif Desain Pembelajaran Yang Menyenangkan. Ar-Ruzz Media, 2016.
Ismiati, Ismiati, Surya Hadi Darma, and Dyah Wulandari. “Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Sikap Kemandirian Belajar Anak-Anak Pemulung.” Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 4, no. 01 (2023). https://doi.org/10.52593/pdg.04.1.03.
Jannah, Fathul. “Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” Dinamika Ilmu 13, no. 2 (2013). https://doi.org/10.21093/di.v13i2.23.
Khotimah, Khusnul, and Zulkarnaen Zulkarnaen. “Peran Orang Tua Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 1 (2023). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3832.
Komala. “Mengenal dan Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Pola Asuh Orang tua dan Guru.” Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung 1, no. 1 (2015). https://doi.org/10.22460/ts.v1i1p31-45.90.
Kumalasari, Diah Ayu. “Pengaruh Stimulasi Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Di TK Dharma Wanita Desa Pepe Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan.” Skripsi, Universitas Negeri Semarang, 2019.
Kuswanto, Cahniyo Wijaya. “Menumbuhkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Bermain.” Jurnal Ilmia Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1, no. 2 (2016).
Mohamad Roykhan, Sucipto, Sekar Dwi Ardianti. “Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid Di Sekolah Dasar.” Jurnal Prasasti Ilmu Vol. 02 No. 01 (2022).
Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, 2017.
Mudjiran, Herdi Setiawan. “Menciptakan Lingkungan Yang Kondusif Bagi Peserta Didik Tingkat Sekolah Dasar.” Jurnal CERDAS Proklamator Vol. 10, No. 02 (Edisi Desember 2022).
Mujiyah, Mujiyah. “Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif Bagi Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik.” Dinamika Pendidikan 6, no. 1 (1999). https://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan/article/view/5878.
Mulyaningsih, Indrati Endang. “Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 20, no. 4 (2014). https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.156.
Mu’minin, Himayatul. “Andragogi: Pendidikan Seumur Hidup.” An-Nidhom: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 1 (2017).
Munawaroh, Isniatun. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Menumbuhkan Kreativitas Dan Kemandirian Belajar.” Universitas Negeri Yogyakarta 8 (2010).
Nahdi, Dede Salim, and Mohamad Gilar Jatisunda. “Analisis Literasi Digital Calon Guru Sd Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Cakrawala Pendas 6, no. 2 (2020). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133.
Ningsih, Rita, and Arfatin Nurrahmah. “Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6, no. 1 (2016). https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754.
Oktavia, Fika, and Diah Puji Nali Brata. “Peran Guru Dalam Mengembangkan Sikap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas XI Di SMKN 1 Trowulan.” Prosiding Conference on Research and Community Services 1, no. 1 (2019). https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/CORCYS/article/view/1177.
Paruha, Brigita Ellsa, Aswandi, and Desni Yuniarni. “Peran Guru Dalam Melatih Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Kroseten Immanuel II Sungai Raya.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 5, no. 06 (2016). https://doi.org/10.26418/jppk.v5i06.15685.
Putra, Kusuma Dwi, and Miftakhul Jannah. “Perkembangan Keandirian Usia Dini (Usia 4-6 Tahun) Di Taman Kanak-Kanak Assalam Surabaya.” Character: Jurnal Penelitian Psikologi 1, no. 3 (2020).
Rahmawati, Lina Aulia. “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Pada Anak Di Paud Skb Sidoarjo.” Skripsi, Universitas Negeri Surabaya, 2023.
Rakhma, Eugenia. Menubuhkan Kemandirian Anak. Stiletto Book, 2017.
Rini, Yohana Susetyo. “Komunikasi Orangtua-Anak Dalam Pengambilan Keputusan Pendidikan.” Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi 3, no. 2 (2014). https://doi.org/10.14710/jkli.8777.
Rizkiyah, Nur. “Pengaruh Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar.” LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren Vol. 02, No. 01 (November 2023). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.35870/ljit.v1i2.2177.
Rizkiyah, Nur. Pengaruh Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar Penulis Korespodensi. 2, no. 1 (2023).
Saqinah, Dita Ridho, Siti Suminarti Fasikhah, and Uun Zulfiana. “Hubungan Antara Dukungan Emosional Orangtua Dan Agresivitas Remaja Dengan Orangtua Bercerai.” Cognicia 7, no. 2 (2019). https://doi.org/10.22219/cognicia.v7i2.9205.
Sintya, Dora Ayu. “Pola Pengasuhan Orang Tua Tunggal Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (5-6 Tahun) Di Kelurahan Pasar Ujung Kabupaten Kepahiang.” Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, 2021.
Syarip Hidayat, Khoerunisa Amalia. “Analisis Kemandirian Belajar Menggunakan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Jarak Jauh.” PEDADIDAKTITA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol. 08 No.03 (2021).
Tasaik, Hendrik Lempe, and Patma Tuasikal. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas V SD Inpres Samberpasi.” Metodik Didaktik 14, no. 1 (2018). https://doi.org/10.17509/md.v14i1.11384.
Tri Nugroho B Santoso, Margaretha Arista, Arief Sadjiarto. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Teman Sebaya Terhadap Kemandirian Belajar Pelajaran Ekonomi Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi.” Jurnal Basic Edu Vol. 06 No.04 (2022):.
Widyastuti, Ika. “Kajian Tentang Hubungan Kemandirian Belajar Dan Perhatian Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan.” Prosiding Seminar Nasional PGSD, April 27, 2019, 163.
Winarsih, Erwin. “Peran Guru Dalam Menanamkan Karakter Kemandirian Dan Tanggung Jawab Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Pada Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Surakarta).” Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.
Yanti, Silvia, and Edy Surya. Kemandirian Belajar Dalam Memaksimalkan Kualitas Pembelajaran. 2017.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.4661
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ari Deca Fitriani, Putri Sekar Sari, Nur Anisa, Ichsan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.