Pengembangan Media Disiar (Diorama Siklus Air) Untuk Materi IPA di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan sebuah temuan di lapangan bahwa belum sepenuhnya guru sekarang menggunakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif di dalam kelas pada saat pembelajaran berlangsung. Kurangnya pemangfaatan media pembelaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan membuat siswa menjadi cenderung mudah bosan, kurang bersemangat, dan sulit memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk media pembelajaran yang diberi nama DISIAR (Diorama Siklus Air) pada pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development) dengan model ADDIE. Penelitian model ADDIE adalah model yang melibatkan prosedur atau Langkah-langkah yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evalutation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media DISIAR (Diorama Siklus Air) dinyatakan layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli media mendapatkan persentase akhir sebesar 92,1% dengan kategori “sangat layak” dan validasi ahli mareri mendapatkan persentase akhir sebesar 94% dengan kategori “sangat layak”. Hasil Respon mendapatkan persentase akhir sebesar 97% dengan kategori “sangat baik” dan hasil respon siswa sebanyak 30 siswa mendapatkan persentase akhir sebesar 95% dengan kategori “sangat baik”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, Dewi Nur, Aan Widiyono, and Syailin Nichla Choirin Attalina. Pengembangan Media Diorama Siklus Air untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar “Jurnal Pendidikan dan Konseling 4 no 3 (2022).
Arief, M Miftah. “Media Pembelajaran IPA di SD/MI (Tujuan Penggunaan, Fungsi, Prinsip Pemilihan, Penggunaan, dan Jenis Media Pembelajaran)” 5, no. 8 (2021).
Aris, Farin Afina, Ika Evitasari. “Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA Materi Siklus Air Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kebanyakan Kota Serang” 03 (2022).
Bp, Abd Rahman, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, and Yuyun Karlina. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur Unsur Pendidikan,” AL-URWATUL WUTSQA: Kajian Pendidikan Islam 2 no 1 (2022).
Hasanah, Arkas, and Elise Muryanti. “Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini.” Aulad : Journal on Early Childhood 2, no. 2 (July 30, 2019). https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.29.
Hendrik, Meri Yanti, Femberianus SunarioTanggur, and Roswita Lioba Nahak. “Pengaruh penggunaan Media Pembelajaran Diorama terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas III Pada Mata Pelajaran IPS Di INPRES sikumana 3 kota kupang” 2, no. 2 (2021).
Hidayat, Fitria, and Muhamad Nizar. “Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evalutataion) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI) 1, no. 1 (December 25, 2021). https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042.
Imanulhaq, Rela, and Ichsan Ichsan. “Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piagnet pada Tahap Anak Usia Oprasional Kongkret 7-12 Tahun Sebagai dasar Kebutuhan Media Pembelajaran.” Waniambey: Journal of Islamic Education 3, no. 2 (December 31, 2022): 126–34. https://doi.org/10.53837/waniambey.v3i2.174.
Prakoso, Abdul Aziz Hunaifi, Rian Damariswara, Jihan Tri. “Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Materi Siklus Air Pada Kelas V Sekolah Dasar.” Repository Universitas Nusantara PGRI Kediri, Agustus 2020.
Rohani. “Media Pembelajaran,” 2020.
Sapitri, Nurul, Guslinda Guslinda, and Zufriady Zufriady. “Pengembangan Media Diorama untuk Pembelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 10, no. 6 (December 27, 2021). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8556.
Sari, Kanty Puspita, Fitri Puji Rahmawati, and Widodo Widodo. “Peningkatan Minat Belajar IPA Materi Siklus Air Melalui Model Problem Based Learning pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Educatif Journal of Education Research 4, no. 3 (August 28, 2022). https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.233.
Syavira, Nadia. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Kelas V SD.” OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika 5, no. 1 (June 2, 2021). https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.1039.
Husada, Anugerah, Mei Fita Asri Untari, and Ahmad Nashir Tsalatsa. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Metode Bermain Peran Pada Siswa.” Journal of Education Action Research 3, no. 2 (April 10, 2019). https://doi.org/10.23887/jear.v3i2.1726.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4748
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Shofia Agustina, Enjang Yusuf Ali, Ali Ismail

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.