Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan QR Card Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPAS Kelas IV di SD Negeri Purworejo 01

Umi Nur Kholifah, Fina Fakhriyah, Siti Masfuah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan rata-rata pemahaman konsep IPAS dan menganalisis peningkatan pemahaman konsep IPAS peserta didik di Kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-experimental tipe one group pretest-posttest yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Purworejo 01 dengan subjek yang berjumlah 20 peserta didik. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep IPAS, sedangkan variabel bebasnya adalah model Problem Based Learning (PBL) berbantuan QR Card. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa uji normalitas, uji paired sample t-test dan uji N-Gain. Pengujian ini menggunakan aplikasi SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji Paired Sample t-Test didapatkan nilai signifikansi 0,00 di mana (0,00<0,05) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya rata-rata pemahaman konsep IPAS dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan QR Card lebih baik daripada rata-rata pemahaman konsep IPAS peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional. Sedangkan Peningkatan pemahaman konsep IPAS yang sesudah diterapkannya model Problem Based Learning (PBL) berbantuan QR Card mendapatkan hasil sebesar 0,7724 dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep IPAS melalui penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan QR Card.


Keywords


Model Problem Based Learning, Pemahaman Konsep IPAS, QR-Card

Full Text:

PDF

References


Aen, Rohaetul, and Uus Kuswendi. “Meningkatkan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Sd Menggunakan Media Visual Berupa Media Gambar Dalam Pembelajaran Ipa.” Creative of Learning Students Elementary Education 3, no. 3 (May 2020).

Agustin, Priti, and Adi Winanto. “Efektivitas Model Discovery Learning Dan Problem Based Learning Dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Mapel IPAS Kelas IV SD.” Jurnal Elementaria Edukasia 6, no. 2 (June 23, 2023). https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5471.

Amiruddin, Chaerul Rochman, and Nana. “Mengukur Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Dalam Pembelajaran IPA.” JURNAL PENDIDIKAN MIPA 14, no. 3 (September 1, 2024). https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1790.

Ardianti, Resti, Eko Sujarwanto, and Endang Surahman. “Problem-Based Learning: Apa Dan Bagaimana.” DIFFRACTION 3, no. 1 (January 11, 2021). https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416.

Arifin, Syamsul, Nurul Abidin, and Fauzan Al Anshori. “Kebijakan Merdeka Belajar Dan Implikasinya Terhadap Pengembangan Desain Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam” 7, no. 1 (2021).

Cahyaningsih, Ujiati, and Ipang Muhammad Sofyan. “Pembelajaran Berbasis Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik Di SD.” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL 2, no. 02 (February 27, 2021). https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.400.

Fakhriyah, Fina, Sumaji -, and Mila Roysa. “Pengaruh Model Problem Based Instruction Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Konseling Gusjigang 2, no. 1 (August 3, 2016). https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.559.

Hasanah, Uswatun, Sarjono Sarjono, and Ahmad Hariyadi. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar IPS SMP Taruna Kedung Adem.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 7, no. 1 (January 2, 2021). https://doi.org/10.37905/aksara.7.1.43-52.2021.

Hermansyah, Sam, Usman, and Hanafi. “Pengunaan Flashcard Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Journal of Education Technology, 2023.

Indiyanti, Clara Elena, Sekar Dwi Ardianti, and Siti Masfuah. “Implementasi Model Problem Based Learningberbasis Edutainmentuntuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sd.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 2 (September 2023).

Jihad, Asep, and Abdul Haris. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo, 2013.

Junaid, M, Salahudin Salahudin, and Rita Anggraini. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa Di Smpn 17 Tebo.” Physics and Science Education Journal (PSEJ), April 30, 2021, 16. https://doi.org/10.30631/psej.v1i1.709.

Lestari, Puji, Fina Fakhriyah, and Siti Masfuah. “Pengaruh Inquiry Learning Berbasis Tpack Dengan Media Virtual Laboratory Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri 15, no. 1 (2024). https://doi.org/10.25130/sc.24.1.6.

Masfuah, Siti, and Fina Fakhriyah. “Developing The Understanding Of Scientific Concept Based On The Aspect Of Science Literacy For Students Of Elementary School Education Program Through The Application Of Project Based Learning.” Unnes Science Education Journal 6, no. 3 (2017).

Masfuah, Siti, Fina Fakhriyah, F. Shoufika Hilyana, and Tee Tze Kiong. “The Effect of Technological Pedagogy Knowledge and Technological Content Knowledge on TPACK of Primary Prospective Teachers.” Multidisciplinary Science Journal 6, no. 10 (April 23, 2024). https://doi.org/10.31893/multiscience.2024188.

Masfuah, Siti, and Ika Ari Pratiwi. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Socio Scientific Issues.” EDUKASI : Jurnal Pendidikan 10, no. 2 (2018).

Muarifah, Tasya, Apri Kartikasari, and Dian Nur Antika Eky Hastuti. “Pengaruh Penggunaan Model Ctl (Contextual Teaching and Learning) Berbantuan Media QR Code Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Ngegong.” Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 5 (July 2024).

Nurfadhillah, Septy, Dwi Aulia Ningsih, Putri Rizky Ramadhania, and Umi Nur Sifa. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd Negeri Kohod Iii.” PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3, no. 2 (2021).

Radiusman, Radiusman. “Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 6, no. 1 (June 30, 2020). https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8.

Rahmat, Fitriyane Laila Apriliani, S. Suwatno, and R. Rasto. “Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Teams Games Tournament (Tgt): Meta Analisis.” Jurnal MANAJERIAL 17, no. 2 (July 4, 2018). https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i2.11783.

Ramadhanty, Nur Suci, Candra Puspita Rini, and Aam Amaliyah. “Pengaruh Media Video Scribe Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar.” Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran 8, no. 1 (January 20, 2023). https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.5970.

Riansah, Wahyu. “Aplikasi QR Code Generator Dan QR Code Reader Menggunakan Metode Stroke Histogram.” J-SISKO TECH (Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Sistem Komputer TGD) 4, no. 1 (February 4, 2021). https://doi.org/10.53513/jsk.v4i1.2610.

Rohmah, Sri Ainur, Fina Fakhriyah, and Sekar Dwi Ardianti. “Peningkatan Pemahaman Konsep Melalui Model Contextual Teaching And Learning Berbantuan Media Kotak Lingkungan Hewan Pada Tema 6 Kelas IV SD 1 Bakalan Krapyak.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 2, no. 2 (February 3, 2020). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i2.3718.

Rusilowati. “Integrasi Pengetahuan Alam Dan Sains Dalam Implementasi Merdeka Belajar” 2, no. 1 (2021).

Setiawan, Wawan Eka, and Neri Egi Rusmana. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Memperbaiki Miskonsepsi Siswa Tentang Materi Ipa Kelas V Sd.” Jurnal Tunas Bangsa 7, no. 1 (February 29, 2020). https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i1.981.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : UPI PRESS: Alphabet, 2019.

Wulandari, Desi Tri, and Ika Candra Sayekti. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Kartu Pada Materi Ekosistem Berbasis QR-Code Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (May 23, 2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3258.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.4750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Umi Nur Kholifah, Fina Fakhriyah, Siti Masfuah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303