Penggunaan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Perubahan Wujud Benda di Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Sebagian besar peserta didik di kelas IV sekolah dasar mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep IPAS pada materi perubahan wujud benda. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada materi perubahan wujud benda menggunakan video pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model spiral Kemmis-Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Penelitian ini dilakukan pada 25 peserta didik kelas IV sekolah dasar di Kota Bandung. Pada pra siklus diperoleh rata-rata 53,8 dan presentase keberhasilan 12% yang berarti hasil belajar peserta didik yang tergolong rendah. Pada siklus 1 diperoleh rata-rata 70,32 dengan presentase 60% hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik sudah meningkat namun masih tergolong rendah. Pada siklus 2 diperoleh rata-rata 85,04 dengan presentase 96% hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik telah meningkat dengan baik. Pada uji normalitas, NGain1 menunjukkan hasil uji normalitas dari pra siklus ke siklus 1 dengan nilai rata-rata 0,3687 yang menunjukkan bahwa n-gain tergolong sedang. NGain2 menunjukkan hasil uji normalitas dari siklus 1 ke siklus 2 dengan nilai rata-rata 0,5362 yang menunjukkan bahwa n-gain tergolong dalam kategori sedang dan lebih meningkat dibandingkan dengan sebelumnya. Hasil tersebut membuktikan bahwa penggunaan media video pembelajaran pada materi perubahan wujud benda mata pelajaran IPAS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, Korespondensi Nurul, Barirotun Najicha, dan Nurul Aini. “Artikel Nusantara Educational Review Optimalisasi Hasil Belajar Pendidikan Bahasa Indonesia: Peran Media Pembelajaran Pagape terhadap Pemahaman Perubahan Wujud Benda.” Ner 1, no. 1 (2023).
Aliyyah, Rusi Rusmiati, Alfatia Amini, Iman Subasman, Endang Herawati, dan Susan Febiantina. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran.” Jurnal Sosial Humaniora 12, no. 1 (2021).
Anggraini, Wita, dan Hudaidah Hudaidah. “Reformasi Pendidikan Menghadapi Tantangan Abad 21.” Journal on Education 3, no. 3 (2021). https://doi.org/10.31004/joe.v3i3.363.
Biassari, Icha, Kharisma Eka Putri, dan Siti Kholifah. Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar “Jurnal basicedu” 5, no. 4 (2021).
Fadwa, Kanaya, Suci Fitriani, Said Darnius, dan Hasniyati Hasniyati. “Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Perubahan Wujud Benda Tema 7 Subtema 3 di Kelas V SD Negeri 12 Banda Aceh.” Jurnal Pesona Dasar 11, no. 2 (2023). https://doi.org/10.24815/pear.v11i2.31979.
Fahreza, Muhammad Aditya, A Heryanto, dan Sunedi. “Analisis Pemahaman Konsep IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V SD Negeri 160 Palembang.” Jurnal Persada VII, no. 1 (2024).
Halim, Amar. “Signifikansi dan Implementasi Berpikir Kritis dalam Proyeksi Dunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar.” Jurnal Indonesia Sosial Teknologi 3, no. 3 (2022). https://doi.org/10.36418/jist.v3i3.385.
Joenaidy, Abdul Muis. Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Laksana, 2019.
Kasuma, Yeni. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD).” Jurnal Basicedu 7, no. 5 (2023). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6123.
Maliasih, Hartono, dan P Nurani. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA.” Jurnal Profesi Keguruan 3, no. 2 (2017).
Mutiara, Divani, Wahono Widodo, dan Fikky Dian Roqobih. “Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Rotasi Dan Revolusi Bumi.” BIOCHEPHY: Journal of Science Education 4, no. 1 (2024). https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i1.1128.
Persada, Awan Yudha, Muhammad Prayito, dan Siti Khuluqul Khasanah. “Penerapan PBL untuk Meningkatkan Kemampuan IPAS Kelas IVB SDN Karanganyar Gunung 02” Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar 8 no 2 (2024). https://doi.org/10.24929/alpen.v8i2.347.
Rosiyani, Adela Intan, Aqilah Salamah, Chindy Ayu Lestari, Silva Anggraini, dan Winsi Ab. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Ipas Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1, no. 3 (2024). https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.271.
Sukiman. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia, 2012.
Sulistiana, Indra. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Blimbing Kabupaten Kediri.” PTK: Jurnal Tindakan Kelas 2, no. 2 (2022). https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.50.
Sulistyaningsih, Risa, Anggit Grahito Wicaksono, dan Mukhlis Mustofa. “Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Va.” Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) 3, no. 1 (2023). https://doi.org/10.46229/elia.v3i1.646.
Thasya, Kesaulya, dan Wiyun Philipus Tangkin. “Penggunaan Video Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas Vi Sd.” Jurnal Dinamika Pendidikan 16, no. 1 (2023). https://doi.org/10.51212/jdp.v16i1.173.
Wandini, Rora Rizky, Chairul Bariya, Habibah Aini Lubis, Nabila Maulidah Nur, dan Syafna Mardhatillah. “Metode Eksperimen pada Proses Pembelajaran Perubahan Wujud Benda pada Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4, no. 3 (2022).
Wandini, Rora Rizky, Evrina Yanti Harahap, Cut Maslina Mutia, Nur Azza Adila, Ayu Amalia, dan Ratih Yuana Sari. “Penerapan Model Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Wujud Benda.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4, no. 3 (2022).
Widayati, Ani. “Penelitian Tindakan Kelas.” Pendidikan Akuntansi Indonesia VI, no. 1 (2008).
Wina, Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group, 2010.
Winarsih, Winarsih. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Vektor Menggunakan Model Problem Based Learning Siswa Kelas X Mia Sman 1 Balai Riam Tahun Pelajaran 2021/2022.” Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan 9, no. 1 (2022). https://doi.org/10.52947/meretas.v9i1.284.
Yusup, Muhamad, Qurotul Aini, dan Komala Dwi Pertiwi. “Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi.” Technomedia Journal 1, no. 1 (2016). https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4785
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Annisa Yuliani, Tatang Syaripudin, Lia Yuliantisari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.