Penanaman Nilai-Nilai Religiusitas Melalui Kegiatan Keagamaan di SD Dharma Mulia

Dwiyono Putranto

Abstract


Menanamkan nilai religiusitas pada siswa Sekolah Dasar sangat penting, terutama karena fase ini merupakan periode pembentukan karakter dan moral dasar yang akan memengaruhi perilaku mereka di masa depan. Berawal dari pembentukan kasrakter sejak dini, masa sekolah dasar merupakan masa emas (golden age) dalam perkembangan moral dan spiritual anak. Nilai-nilai religiusitas seperti kejujuran, tanggung jawab, sopan santun, dan kasih sayang menjadi pondasi karakter positif. Hal ini ditanamkan untuk membantu siswa memahami perbedaan antara benar dan salah, serta membentuk moral yang kuat untuk kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan kegiatan keagamaan dalam menanamkan nilai-nilai religiusitas di SD Dharma Mulia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, kegiatan keagamaan di SD Dharma Mulia berperan penting dalam pembentukan karakter dan religiusitas siswa. Namun, konsistensi penerapan nilai-nilai ini dihadapkan pada tantangan, terutama dari perbedaan latar belakang siswa dan pengaruh digital, yang membutuhkan perhatian lebih dalam pelaksanaannya. Kegiatan keagamaan meliputi rutinitas harian seperti doa bersama, ibadah mingguan setiap Jumat, serta peringatan hari besar agama Buddha seperti Waisak dan Kathina. Selain itu guru memberikan bimbingan rohani kepada siswa, yang mencakup pengajaran nilai-nilai moral agama melalui cerita dan diskusi. Serta guru berperan sebagai teladan dalam kehidupan sehari-hari, membimbing siswa dalam menjalankan ibadah dan menunjukkan sikap religius yang diharapkan. Kegiatan keagamaan di SD Dharma Mulia dapat membantu membentuk karakter siswa menjadi lebih disiplin, sopan, dan bertanggung jawab. Siswa juga menunjukkan peningkatan dalam rasa hormat dan kebersamaan. Lingkungan sekolah dapat menjadi lebih kondusif dan harmonis, di mana siswa lebih menghargai satu sama lain, serta memiliki kedisiplinan dan empati yang lebih baik. Serta nilai-nilai agama seperti Saddha (keyakinan), Sila (moralitas), dan Bhakti (ritual ibadah) diintegrasikan dalam kehidupan sehari-hari siswa.


Keywords


Nilai-Nilai Religiusitas, Kegiatan Keagamaan, Siswa

Full Text:

PDF

References


Abdulah, M. Amin. Metodologi Studi Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000.

Abidin, A. Mustika. “Pengaruh Penerapan Kegiatan Keagamaan di Lembaga Pendidikan Formal Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak.” an-Nisa 12, no. 1 (2019). https://doi.org/10.30863/annisa.v12i1.452.

Ahyar, Hardani, Universitas Sebelas Maret, Helmina Andriani, Dhika Juliana Sukmana, M.Si. Hardani, S.Pd., Grad. Cert. Biotech Nur Hikmatul Auliya, dkk. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, 2020.

Alfansyur, Andarusni, dan Mariyani. “Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial.” Historis 5, no. 2 (2020).

Dharmesvara, Dharmcarya. Kuliah Agama Buddha untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Yayasan Sanata Dharma Indonesia (YASADARI), 1997.

Fadllurrohman, Fadllurrohman, Jaenudin Jaenudin, dan Arizqi Ihsan Pratama. “Implementasi Tri Pusat Pendidikan Sebagai Model Pendidikan Karakter Religius Di Sekolah Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 1 (14 Februari 2023). https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1875.

Fajjriah, Nur. “Nilai-Nilai Religiusitas Buddha dan Relevansinya Terhadap Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Akar Karya Dewi Lestari.” Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia 5 (2016).

Jaenudin, Jaenudin, Fadllurrahman Fadllurrahman, Rizal Firdaus, dan Dede Ruba’i Misbahul Alam. “Analisis Swot Implementasi Tri Pusat Pendidikan Sebagai Model Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 3 (16 September 2023). https://doi.org/10.35931/am.v7i3.2587.

Mukti, Krishnanda Wijaya. Wacana Buddha-Dharma. Jakarta barat: Yayasan Karaniya, 2020.

Nailis, Sa’adah L. “Implementasi Kurikulum Sekolah Alam Dalam PembentukanKarakter Siswa Di SD Sekolah Alam Insan Cendekia Bondowoso.” Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam, 2020. https://digilib.uinkhas.ac.id/3313/.

Putranto, Dwiyono, Mugiyo Mugiyo, Novianti Novianti, dan Rahmad Setyoko Rahmad Setyoko. “Pengaruh Religiusitas, Pemahaman Tentang Pubertas, Dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Seksual Remaja.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan 16, no. 6 (2023). https://doi.org/10.35931/aq.v16i6.1638.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, 2019.

Sukmawati, Anis, Sita Lailatun Ni’ma, dan Anisya Putri Nur Marsanti. “Peranan Budaya Literasi Dalam Membentuk Pendidikan Karakter Siswa.” Jurnal Basicedu 7, no. 4 (5 Agustus 2023). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5839.

Syukri, Icep Irham Fauzan, Soni Samsu Rizal, dan M. Djaswidi Al Hamdani. “Pengaruh Kegiatan Keagamaan terhadap Kualitas Pendidikan.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7, no. 1 (2019). https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.358.

Wati, Dian Chrisna, dan Dikdik Baehaqi Arif. “Penanaman Nilai-nilai Religius di Sekolah Dasar untuk Penguatan Jiwa Profetik Siswa.” Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan II, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dwiyono Putranto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto