Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Kelas V di Salah Satu SDI TQ Karawang
Abstract
Saat ini guru di tuntut untuk bisa menggunakan teknologi salah satu nya dalam penggunaan media pembelajaran agar lebih bervariasi sehingga peserta didik lebih aktif dan pembelajaran bermakna. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi proses dan respon peserta didik dalam pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) cukup baik diterapkan untuk peserta didik agar melatih kreativitas dalam mendesain poster secara mendiri. Kemudian, respon peserta didik dalam pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas V yaitu peserta didik senang dan antusias dengan aplikasi Canva pada pembelajaran IPAS, lebih paham apabila guru menggunakan aplikasi Canva pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), peserta didik mendapatkan manfaat dengan pemanfaatan aplikasi Canva dengan membuat poster sendiri, dan peserta didik tidak merasa bosan apabila guru menggunakan aplikasi Canva pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, Zuchri. Metodologi Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press, 2021.
Afdhaluzzikri, Muhammad. “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Jenjang Sekolah Dasar Negeri Reusak Kabupaten Aceh Barat,” 2022.
Alfatonah, Indah Nur Aziza, Yonada Viossa Kisda, Aisyah Septarina, Anzela Ravika, dan Ines Tasya Jadidah. “Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Kelas IV.” Jurnal Basicedu 7, no. 6 (29 November 2023). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6372.
Creswell, John W. Qualitatif Inquiry and Research Design, 1998.
Festiawan, Rifqi. Belajar dan Pendekatan Pembelajaran, 2020.
Hajar, Oktaviona, Suharmono Kasiyun, Rudi Umar Susanto, dan Akhwani Akhwani. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar.” Journal on Education 6, no. 1 (2023). https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3859.
Idawati, Idawati, Maisarah Maisarah, Muhammad Muhammad, Meliza Meliza, Armoza Arita, Amiruddin Amiruddin, dan Teuku Salfiyadi. “Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran Sains Jenjang SD.” Jurnal pendidikan dan konseling (JPDK) 4, no. 4 (2022). https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5314.
Kaffah, L. S, D Setiawan, dan E Waluyo. “Pemanfaatan Media Cetak Poster Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Aplikasi Canva Di Kelas V Sd,” 14 Agustus 2023. https://doi.org/10.5281/ZENODO.8246435.
Kemendikbudristek. “Luncurkan Kurikulum Merdeka, Mendikbudristek: Ini Lebih Fleksibel! - Direktorat Sekolah Dasar.” Direktorat Sekolah Dasar, 2022. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/luncurkan-kurikulum-merdeka-mendikbudristek-ini-lebih-fleksibel.
Kurniawati, Eny. “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn.” Pedagogi : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 1, no. 1 (31 Januari 2021). https://doi.org/10.56393/pedagogi.v1i1.74.
Nurhasanah, Siti, Agus Jayadi, Rika Sa’diyah, dan Syafrimen Syafrimen. Strategi Pembelajaran, 2019.
Pratama, Rifqi, Mashudi Alamsyah, Martua Ferry Siburian, Giry Marhento, dan Jupriadi Jupriadi. “Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran IPA di Madrasah Aliyah.” EduBiologia: Biological Science end Education Journal 3, no. 1 (2023).
Purba, Yusnita Adelina, dan Amin Harahap. “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 6, no. 2 (5 April 2022). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1335.
Resmini, Setya, Intan Satriani, dan M Rafi. “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam pembelajaran Bahasa Inggris.” Abdimas Siliwangi 4, no. 2 (2021). https://doi.org/10.22460/as.v4i2p%25p.6859.
Silvana, Dewi. “Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Bamboo Dancing Pada Murid Kelas IV SD Negeri 1 Lopok Kabupaten Sumbawa,” 2020.
Suhelayanti, Suhelayanti, Syamsiah Z, Ima Rahmawati, Year Rezeki Patricia Tantu, Wiwin Rewini Kunusa, Nita Suleman, Hadi Nasbey, Julhim S Tangio, dan Dewi Anzelina. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), 2023.
Sulistiyowati, Sulistiyowati, dan Nur Fajrie. “Efektivitas media canva terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Bakaran Wetan 03 Pati.” Journal onn Education 5, no. 3 (2023). https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1351.
Tri Wulandari dan Adam Mudinillah. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD.” Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA) 2, no. 1 (2 Februari 2022). https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245.
Wijayanti, Inggit, dan Anita Ekantini. “Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS MI/SD.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 2 (2023). https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9597.
Yani, Dwi Afri. “Pemanfaatan Aplikasi Canva Pada Materi Poster Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VI Madrasah Iftidaiyah Swasta AZRINA Medan,”. Seminar Nasional LPPM Ummat, 2023.
Zulaiha, Siti, Meisin Meisin, dan Tika Meldina. “Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar.” Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 9, no. 2 (7 Februari 2023). https://doi.org/10.24042/terampil.v9i2.13974.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4789
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dafa Febra Laela, Danang Dwi Basuki, Subandrio

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.