Pengembangan Modul Matematika Berbasis Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Kecepatan dan Debit Siswa Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Hasil belajar siswa merupakan salah satu alat ukur untuk melihat capaian seberapa jauh siswa dapat menguasai materi pelajaran yang telah disampaikan oleh guru. Dari hasil wawancara dengan guru yang menjabat sebagai guru kelas dan guru mata pelajaran. Bahwa kelas V di MI Hasyim Asy'ari Dampit termasuk kelas yang aktif, tetapi peserta didik tetap antusias mengikuti pelajaran. Rumusan masalah yaitu Bagaimana pengembangan modul kecepatan dan debit berbasis lectora inspire secara desaign? Apakah modul kecepatan dan debit berbasis lectora inspire dapat meningkatkan hasil belajar ? Apakah modul efisien dalam meningkatkan hasil belajar Matematika materi kecepatan dan debit?. Pada bagian metode yang dilakukan oleh peneliti untuk memperoleh proses dan hasil yang sistematis dan relevan. Penelitian yang dilakukan jenisnya adalah R&D (resourch and development), dengan model pengembangan ADDIE. Kevalidan media e-modul berbasis secara kesuluran jika diprosentasekan hasilnya 86%. Kevalidan materi e-modul berbasis lectora inspire secara keseluruhan jika diprosentasekan mencapai 90%. Kevalidan pembelajaran dari e-modul berbasi lectora inspire secara keseluruhan jika diprosentasekan diperoleh hasil 89%. Dengan kreteria “sangat layak” digunakan dalam pembelajaran. Adapun dari data tabel diatas uji t signifikasinya dari perlakuan terhadap sampel kelas VA (kelas kontrol) posttest dan kelas VB (kelas eksperimen) e posttest. Menunjukkan bahwa hasil sinifikasi <0,05 maka hipotesis dapat berhasil. Adapun signifikansi perlakuan posttest dan E posttest dari tabel diatas memperoleh data 0,01 maka hipotesis variabel Y dalam penelitian dinyatakan berhasil.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi. Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. UNISSULA Press. Semarang: Unissula, 2013.
Agditianingrum. “Peningkatan Hasil Belajar Materi Kegiatan Ekonomi Melalui Media Lectora inspire Pada Siswa Kelas IV SDN Karangtengah 1 Blitar” Wahana Sekolah Dasar 28, no. 1 (2020).
Aisyah, Siti, and Yuni Fatisa. “Desain Dan Uji Coba Media Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Lectora inspire Pada Materi Larutan Penyangga.” Journal of Chemistry Education and Integration 1, no. 1 (February 19, 2022). https://doi.org/10.24014/jcei.v1i1.15887.
Haryanto. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Fun Learning Pada Siswa Kelas XII TKJ A SMK Negeri 2 Palopo” Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran 3, no. 3 (2020).
Muhamad Mas’ud. Membuat Media Pembelajaran. Edited by M. Safrodin. Yogyakarta: PT. Skripta Media Creative, 2020.
Nur, Farida. “Perbedaan Pembelajaran Melalui Multimedia Interaktif Dan Melalui Buku Teks Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan.” Jurnal Pendidikan Matematika 2, no. 1 (2018).
Nurhikmah. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tema Kecepatan Dan Debit Dengan Menggunakan Model Inkuiri Terstruktur Pada Siswa Kelas V SD Negeri Hap- Ingin.” Penelitian Tindakan Dan Pendidikan 7, no. 2 (2021).
Passalowongi, N. “Meningkatkan Hasil Belajar Tema Lingkungan Tempat Tinggalku Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture Siswa Kelas IV SD Negeri 18 Coppeng-Coppeng Kabupaten Barru.” Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 3, no. 2 (2020).
Putro. Perencanaan Pembelajaran Jilid 2. Edited by Hary Suswanto. Malang: Ahlimedia Press, 2022. https://b-ok.asia/book/18521590/dbaa1a.
Rhamadhani. “Pengaruh LKPD Berbasis Lectora inspire Kecepatan Dan Debit Terhadap Hasil Belajar Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4 (2020). https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/800.
Sadikin Ali. Evaluasi Proses Dan Hasil Belajar Biologi. Edited by Akhmad Habibi. Jambi: Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi bersama Salim Media Indonesia, 2018.
Sari, Ninit Permata, Yufiarti Yufiarti, and Makmuri Makmuri. “Matematika Realistik Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Pembagian Di Sekolah Dasar.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 6, no. 1 (2022). https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.32613.
Sirajuddin. “Pengembangan Modul Tematik Berbasis Model Direct Intruction Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 6 (2021). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1792.
Sugiarni. Bahan Ajar, Media Dan Teknologi Pembelajaran. Tanggerang: Pascal Books, 2022.
Thahir, Andi. Psikologi Belajar 1. Lampung, 2014.
Zainuddin, Zainuddin. “Pengembangan Buku Ajar Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Madrasah.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 3, no. 2 (2019). https://doi.org/10.35316/jpii.v3i2.141.
Zulvira, Riri, and Desyandri. “Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Tematik Terpadu Menggunakan Steam Berbasis Lectora Di Kelas III Sd.” Jurnal Cakrawala Pendas 8, no. 4 (2022). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3133.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4790
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Suhartono, Esa Nur Wahyuni, Wahyu Henky Irawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.