Pemanfaatan Metode Cerdas Cermat dalam Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an di Sekolah Dasar Islam Al-‘Arabi
Abstract
Metode cerdas cermat merupakan alat evaluasi yang tepat dalam mengasah pencapaian hafalan peserta didik. Terbukti metode ini berhasil memberikan hasil belajar yang seru dan menyenangkan. Pelajaran tahfizh jika menggunakan metode yang monoton, pastinya membuat peserta didik menjadi jenuh dan mengantuk, karena itu peneliti tertarik untuk memperkenalkan metode cerdas cermat agar peserta didik tetap bisa menghafal dan mengulang hafalan dengan cara yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar keberhasilan dan antusias mereka selama mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sehingga hasil yang didapatkan dalam penelitian ini terdapat lima pembahasan yakni alasan guru pengampu memilih metode cerdas cermat dalam pembelajaran tahfizh, respon peserta didik terhadap metode cerdas cermat, tantangan yang dihadapi dalam metode cerdas cermat, manfaat metode cerdas cermat, dan cara pelaksanaan permainan cerdas cermat pada pembelajaran tahfizh. Metode ini memiliki potensi besar terhadap hasil belajar peserta didik meskipun dalam metode ini ditemukan berbagai macam tantangan, permasalahan tersebut masih bisa teratasi dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditiyawarman, M. Andra, Meini Sondang, Lilik Hanifah, and Lusiana Dewi Kusumayati. “Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Untuk Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran.” Jurnal Penelitian 7, no. 1 (April 21, 2022). https://doi.org/10.46491/jp.v7i1.840.
Asyafah, Abas. “Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam).” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education 6, no. 1 (May 5, 2019). https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569.
Bariyah, Khoirul Bariyah. “Analisis Strategi Pembelajaran Alquran.” Hijaz: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 1, no. 1 (September 5, 2021). https://doi.org/10.57251/hij.v1i1.67.
Fadhila, Aulia Rizki, Arman Husni, and Wedra Aprison. “Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Tasmi’ di SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi,” Journal on Education 5 No. 3 (2023).
Farida, Destika Fitriana, Ayu Puspitasari, Finka Indiyani, Firda Fadila, and Riza Handayani. “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Desa Sukadadi, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran Melalui Lomba Cerdas Tepat (LCT)” 1, no. 1 (2025).
Hotimah, Husnul. “Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Edukasi 7, no. 3 (November 30, 2020). https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599.
Huda, Nurul, and Vita Fitriatul Ulya. “Metode Tasmi’ Dalam Membelajarkan Tahfidz Al- Qur’an Bagi Anak Usia Dini,” Al Hikmah: Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education 6 (2022).
Neliwati, Miranti Adelia, and Nur Helmi. “Metode Pembelajaran Tahfizh Alquran Di Pesantren ‘Ulumul Qur’an Mardhatillah Kota Subulussalam” 4 No 1 (2024). https://doi.org/47467/eduinovasi.v4i1.479.
Nuriyatin, Siti, and Hartono Hartono. “Pengembangan pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan berpikir kritis dan motivasi belajar geometri di SMP.” PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika 11, no. 2 (December 6, 2016). https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10656.
Partono, Partono. “Efektivitas Metode Cerdas Cermat Cepat Dan Tepat (C3t) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Fikih.” Jurnal Muara Pendidikan 5, no. 1 (November 20, 2020). https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.239.
Purwanti, Endah, and Dodi Ahmad Haerudin. “Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 8, no. 2 (December 11, 2020). https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8429.
Putra, Nanda Syah. “Efektifitas Permainan Cerdas Cermat Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Protein Synthesis” Journal of Natural Sciences Learning 02, no. 01 (2023).
Putri, Shintia Dwi, Muri Yusuf, and Afdal Afdal. “Pendekatan Trait and Factor dalam Mengatasi Kecemasan Karir Siswa SMA.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3, no. 4 (June 14, 2021): 1513–20. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.590.
Rizalludin, Azis. “Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahsin Dan Tahfiz Al-Qur’an.” Khazanah Pendidikan Islam 1, no. 1 (December 31, 2019). https://doi.org/10.15575/kp.v1i1.7138.
Saputra, Andirwan, Bustan, and Abdul Asis. “Cerdas Cermat Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Materi Peristiwa Rengasdengklok Hingga Kemerdekaan Di SMA Negeri 1 Parepare” 5, no. 2 (2023).
Soelistiowati, Eni. “Pemanfaatan Teknik Pembelajaran Cerdas Cermat Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Pendapat Siswa Kelas IX SMP”. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter 2, no. 2 (2019).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4791
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Aura Az-Zahra, Danang Dwi Basuki, Budianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.