Tantangan Penyesuaian Mahasiswa Magister PGMI Terhadap Field Study pada Mata Kuliah Islam dan Ilmu Sosial Humaniora
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan penyesuaian mahasiswa magister Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dalam field study pada mata kuliah Islam dan Ilmu Sosial Humaniora. Field study menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran yang mengintegrasikan teori dan praktik, namun mahasiswa sering kali menghadapi berbagai hambatan di lapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama yang dihadapi mahasiswa meliputi kesenjangan antara teori yang diajarkan dengan kondisi lapangan, faktor sosial dan budaya, serta kurangnya kesiapan mahasiswa S1 dan pengalaman mahasiswa dalam berinteraksi dengan masyarakat setempat. Selain itu, faktor personal seperti manajemen waktu dan adaptasi terhadap lingkungan sosial turut memengaruhi proses penyesuaian. Studi ini menyarankan perlunya penguatan kesiapan mahasiswa melalui pelatihan berbasis keterampilan sosial, penyesuaian kurikulum dengan kebutuhan lapangan, dan dukungan supervisi yang berkelanjutan. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengelola program magister PGMI untuk meningkatkan efektivitas field study dalam mengembangkan kompetensi mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amar, Abu. “Respon dan Usulan Dosen terhadap Implementasi Kurikulum Program Sudi PGMI.” IBTIDA’ 3, no. 1 (April 7, 2022). https://doi.org/10.37850/ibtida.v3i1.291.
Barokah, Mabid. “Self Adjustment Mahasiswa Pascasarjana Dengan Cerebral Palsy Self Adjustment Of Postgraduate Students With Cerebral Palsy” 1 (2021).
Dhei, Bergitha. “Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dengan Culture Shock Pada Mahasiswa Nusa Tenggara Timur (Ntt) Semester Pertama Di Universitas Wijaya Putra Surabaya,” Jurnal Psikologi Wijaya Putra 1 no.3 (2020).
Eliza, Tiara. “Strategi Umpan Balik Sebagai Alternatif Strategi Pembelajaran: Penerapan Dan Tantangan.” Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia 7, no. 2 (November 6, 2019). https://doi.org/10.30659/j.7.2.170-175.
Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami desain metode penelitian kualitatif” 21, no. 1 (2021).
Fajarina, Lailatul. “Implementasi Pendidikan Keterampilan (Vokasional) Melalui Program Life Skill Di Sma Muhammadiyah 1 Muntilan,” Jurnal Spekrum Analisis Kebijakan Pendidikan 7, no. 1 (2018).
Febrian, Rahmat Aji, Gracia Octavia Nainggolan, Pramelia Angelika Ramandita, Charen Patricia, Elda Cinta Risma Larasati, and Muhammad Mumtaz Kamil. “Kesiapan Skill dan Psikologis Mahasiswa PGSD UNNES dalam Mengajar di Era Globalisasi,” Journal of Education and Technology 3 (2) Desember (2023).
Hidayati, Syafaatul. “Permasalahan Yang Dihadapi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Selama Mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun 2018.” JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan) 2, no. 2 (December 11, 2018). https://doi.org/10.29408/jpek.v2i2.994.
Lathif, Nazaruddin, Yenti Garnasih, Yennie K Milono, Farahdinny Siswajanthy, Sapto Handoyo, and Mustika Mega Wijaya. “Implementasi Program Kebijakan Mbkm Untuk Menciptakan Karakter Mahasiswa Fakultas Hukum Yang Profesional.” PALAR | PAKUAN LAW REVIEW 8, no. 1 (February 10, 2022). https://doi.org/10.33751/palar.v8i1.4805.
Martadinata, Muhammad Allex. Nina Zulida Situmorang, and Fatwa Tentama. “Keseimbangan Kehidupan Kerja, Dukungan Sosial, dan Kesejahteraan Subjektif pada Guru Sekolah Luar Biasa (SLB).” Psikologika : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi 25, no. 2 (July 2020). https://doi.org/10.20885/psikologika.vol25.iss2.art6.
Miftahul Jannah, Muhammad Arifrabbani, and Abdul Aziz. “Pengembangan Media dan Teknologi Dalam Pembelajaran.” BLAZE : Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan 1, no. 4 (November 20, 2023). https://doi.org/10.59841/blaze.v1i4.683.
Muhammad Hilmi, Fadila Nurul Mustaqimah, and M Nurul Ikhsan Saleh. “Tantangan Dan Solusi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Di Yogyakarta.” At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam 4, no. 2 (August 16, 2022). https://doi.org/10.20885/tullab.vol4.iss2.art10.
Putri, Fadila Manja, Zariul Antosa, and Munjiatun Munjiatun. “Analisis Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam Menghadapi Pendidikan di Era Society 5.0.” Asian Journal of Early Childhood and Elementary Education 1, no. 2 (November 28, 2023). https://doi.org/10.58578/ajecee.v1i2.2151.
Ramadhan, Syahrul, and Suci Megawati. “Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Mahasiswa Di Universitas Negeri Surabaya.” Publika, December 27, 2022. https://doi.org/10.26740/publika.v11n1.p1581-1592.
Ratnaningtyas, Endah Marendah. “Metodologi Penelitian Kualitatif,” Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2023.
Ridwan, Mohammad, and Sulis Maryati. “Dari Tradisi Ke Masa Depan: Tantangan Pendidikan Islam dalam Masyarakat Kontemporer.” Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam 7, no. 2 (August 7, 2024). https://doi.org/10.58401/dirasah.v7i2.1328.
Saptaputra, Idil, Moh Ferdi Hasan, and Muhammad Hani Yusuf. “Refleksi Mahasiswa Magister Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembelajaran Daring Di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.” Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman 11, no. 1 (February 25, 2024). https://doi.org/10.31102/alulum.11.1.2024.76-90.
Septya, Jelita Dwi. “Faktor Sosial Budaya Dan Pengembangan Masyarakat Dalam Pendidikan Sekolah Dasar” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 1 (2024).
Siregar, Nurhayani, Rafidatun Sahirah, and Arsikal Amsal Harahap. “Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0.” Fitrah: Journal of Islamic Education 1, no. 1 (July 25, 2020). https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13.
Turmuzi, Muhammad. “Analisis Kesenjangan Kompetensi Profesional dan Pedagogik Mahasiswa Pendidikan Matematika Menggunakan Model Evaluasi Discrepancy.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4, no. 5 (September 22, 2022). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3672.
Waluyanti, Sri, and Djoko Santoso. “Peningkatan Kesiapan Mahasiswa Dalam Menempuh Praktek Lapangan Melalui Peer Teaching Dengan Pendekatan Kooperatif Jigsaw.” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 22, no. 3 (November 9, 2015): 365. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i3.6842.
Wiradharma, Gunawan. “Lingkungan Baru: Adaptasi Budaya Oleh Dosen CPNS.” Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi 9, no. 2 (January 21, 2021). https://doi.org/10.14710/interaksi.9.2.109-118.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4801
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Mutiara Indah, Murtono, Muqowim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.