Implementasi Metode Sabaq, Sabqi, Manzil dalam Pembelajaran Tahfizhul Qur'an pada Salah Satu Sekolah Dasar di Bekasi

Atik Sufi Amanallah, Danang Dwi Basuki, Budianto Budianto

Abstract


Institusi pendidikan formal dan nonformal menawarkan pelajaran dalam berbagai bidang akademik. Menurut Undang-Undang No 20 Tahun 2003, pendidikan didefinisikan sebagai upaya terencana dan sadar untuk menciptakan proses pembelajaran dan lingkungan belajar di mana siswa dapat secara aktif mengembangkan potensi diri mereka sendiri. Kekuatan spiritual dan keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan yang diperlukan adalah beberapa dari potensi ini. Salah satu Sekolah Dasar di Bekasi adalah subjek penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan berbagai elemen sesuai dengan rumusan masalah, seperti persiapan pembelajaran, proses pembelajaran, dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat program sabaq, sabqi, dan manzil. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan di rancang sebagai studi kasus.  Penelitian ini berlangsung pada salah satu Sekolah Dasar yang terletak di Bekasi. Data yang dikumpulkan dari guru atau pembina tahfizh Al-Qur'an di kelas 5 Sekolah Dasar di Bekasi. Beberapa metode pengumpulan data termasuk observasi, wawancara, studi dokumen, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program menghafal Al-Qur'an seperti sabaq, sabqi dan manzil merupakan metode efektif yang digunakan dalam pembelajaran tahfizh Al-Quran di sebuah Sekolah Dasar di Bekasi. Metode ini membantu meningkatkan hafalan siswa dan mengajarkan mereka disiplin serta manajemen waktu. Meskipun memiliki kelebihan, seperti memperkuat memori penghafal dan membuat hafalan melekat dalam ingatan, metode ini juga memiliki kelemahan, seperti membutuhkan banyak waktu dan menyebabkan kebosanan.


Keywords


Hafalan, Pembelajaran, Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Adil Winata Surya Pratama, Intan Nuraini, Tuti Adhi Thama, Mochamad Hardiansyah, dan Milana Abdilah Subarkah. “Pendidikan Karakter Al-Islam Kemuhammadiyahan di Era Disrupsi.” Masterpiece: Journal of Islamic Studies and Social Sciences 2, no. 1 (16 Januari 2024). https://doi.org/10.62083/zrqk1m91.

Alakrash, Hussien Mohamad, dan Norizan Abdul Razak. “Technology-Based Language Learning: Investigation of Digital Technology and Digital Literacy.” Sustainability 13, no. 21 (8 November 2021). https://doi.org/10.3390/su132112304.

Arfian, Andi. “Penerapan Metode Sabaq, Sabqi dan Manzil Sebagai Kemampuan Dasar Menghafal Al Quran di Sekolah Swasta Islam Utsman Bin Affan,” 2023.

Baiti, Nanda Nurul, Syamsu Nahar, dan Azizah Hanum Ok. “Penerapan metode sabak, sabki dan manzil dalam pembelajaran tahfidz di sekolah menengah pertama.” Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia 9, no. 2 (30 November 2023). https://doi.org/10.29210/1202323414.

Conway, C. M. “Editorial: ‘Old Lamps for New.’” British Journal of Anaesthesia 47, no. 8 (Agustus 1975).

Fakhrina. “Tahfidz Al-Qur’an pada Madrasah Tsanawiyah Ulumul Qur’an Pagar Air Banda Aceh.” Jurnal Ilmu Al-Quran dan Tafsir 1, no. 1 (Juni 2024). https://doi.org/10.22373/quranicum.v1i1.4422.

Fatmala, Arum. “Model Pembelajaran Tahfidzul Qur'an Pondok Pesantren Salafiyah Ula Ibnu Abbas Wiradesa Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2022 / 2023” Promis 2, no. 2 (2021).

Ilyas, M. “Metode Muraja’ah Dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an.” Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 01 (26 Januari 2020). https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i01.140.

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Anisa Dwi Makrufi, Sunaryo Gandi, Muin Abdul, Tajeri, Ali Fakhrudin, Hamdani, dan Suprapno. Pengembangann Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2022.

Kusmiran, Kusmiran, Ilyas Husti, dan Nurhadi Nurhadi. “Pendidikan Formal, Non Formal dan Informal dalam Desain Hadits Tarbawi.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia 1, no. 2 (28 Desember 2022). https://doi.org/10.31004/jpion.v1i2.82.

Muhammad, Yahya. “Implementasi Metode Sabqi dan Manzil sebagai solusi dalam menjaga hafalan Alquran santri Baitul Qur’an Markaz Al-Ma’tuq.” Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 15, no. 3 (31 Desember 2022). https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i3.8067.

Rahayu, Kurnia. TPS-TEGA: Penerapannya untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Pekalongan: Penerbit NEM, 2021.

Rahmawati, Neng Rina, Vena Dwi Oktaviani, Desi Erna Wati, Sofi Septiani Julaeha Nursaniah, Elia Anggraeni, dan Mokh. Iman Firmansyah. “Karakter religius dalam berbagai sudut pandang dan implikasinya terhadap model pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 4 (27 Desember 2021). https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i4.5673.

Romdhoni, Ali. “Tradisi Hafalan Qur’an di Masyarakat Muslim Indonesia.” Journal Of Qur’an And Hadith Studies 4, no. 1 (1 Juli 2015). https://doi.org/10.15408/quhas.v4i1.2280.

Rudini, Rudini, dan Doni Doni. “Penerapan Metode Talaqqi dan Metode Muraja’ah Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an di SDQU Darul Fatah Pangkalpinang.” LENTERNAL: Learning and Teaching Journal 4, no. 1 (30 Januari 2023). https://doi.org/10.32923/lenternal.v4i1.3116.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Atik Sufi Amanallah, Danang Dwi Basuki, Budianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto