Kendala Pembelajaran Maharah Kitabah Menggunakan Metode Project Based Learning di SDI Karawang
Abstract
Maharah kitabah merupakan suatu proses yang menghasilkan sebuah kata dari huruf perhuruf dengan tulisan yang jelas, tanpa adanya suatu kesalahan atau tambahan dalam penulisan kata yang asli, hal ini agar penulisan bahasa Arab tetap pada norma-norma yang diakui oleh penutur asli. Pembelajaran maharah kitabah pun menggunakan metode pembelajaran agar pembelajaran dapat berjalan optimal salah satunya menggunakan metode Project Based Learning yang bertujuan agar peserta didik dapat aktif dan kreatif ketika pembelajaran berlangsung. Namun di setiap pembelajaran tak luput dari kendala yang dihadapi maka, Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan data yang di peroleh berdasarkan fakta dilapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan wawancara. Penelitian dilakukan di kelas 2 namun peneliti hanya memfokuskan kepada enam peserta didik untuk mendapatkan hasil yang akurat. Hasil dan pembahasan yang telah diperoleh pada kendala pembelajaran maharah kitabah menggunakan metode Project Based Learning adalah kendala yang dialami oleh guru yaitu kurangnya sarana dan prasarana untuk mendukung prosesnya pembelajaran, dan kendala yang dialami oleh peserta didik yaitu saat ingin menulis huruf hijaiyah peserta didik mengalami kesulitan atau terkadang tidak mengingat huruf yang bisa disambung atau di sambung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adinda, Dea, Era Fazira, Rafly Syahputra Sikumbang, dan Sahkholid Nasution. “Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Maharah Al-Kitabah dengan Metode Pembelajaran Insya’iyah.” Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa 2, no. 1 (12 Desember 2023). https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i1.394.
Ardiansyah, Risnita, dan M. Syahran Jailani. “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif.” Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (1 Juli 2023). https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57.
Atika, Nur Apriyanti, dan Muassomah Muassomah. “Penggunaan Media Kahoot! Sebagai Media Pembelajaran Maharah kitabah (imla’) Bahasa Arab di Era Industri 4.0.” Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 2 (31 Desember 2020). https://doi.org/10.32699/liar.v4i2.1256.
Djamaluddin, Ahdar, dan Wardana. Belajar dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Yogyakarta: CV. Kaaffah Learning Center, 2019.
Handayani, Helmina Andriani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Ria Rahmatul Istiqomah, Roushandy Asri Fardani, Dhika Juliana Sukmana, dan Nur Himatul Auliya. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group, 2020.
Handrianto, Yopi, dan Eka Wahyu Styani. “Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Untuk Pemilihan Metode Pembelajaran.” JSI: Jurnal Sistem Informatika (E-Journal) 12, no. 1 (4 Agustus 2024). https://doi.org/10.18495/jsi.v12i1.12.
Hanun, Salma Fadhilah, Yulia Rahman, dan Husnita Husnita. “Penerapan Metode Project Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa.” Educativo: Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (16 Januari 2023). https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.112.
Musyrifa, Furaida Ayu, Anilir Rahmah, Sri Wahyuni, dan Laily Fitriyani. “Metode Picture and Picture dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab pada Maharah kitabah.” Arfannur 1, no. 1 (31 Oktober 2020). https://doi.org/10.24260/arfannur.v1i1.147.
Nikmah, Nurul Hidayatun, dan Aldana Eka Andriani. “Penerapan Model Project Based Learning Berbasis Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 3 (2 September 2023). https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.9442.
Ni’ma, Asna Ainun. “Penggunaan Seni Kaligrafi Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis (Maharah kitabah).” Tifani: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 1 (11 Maret 2022).
Rathomi, Ahmad. “Maharah kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Tarbiya Islamica 8, no. 1 (24 Juni 2020).
Sari, Novita Amelia, Mukhlis Rohmadi, dan Nurul Septiana. “Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Adobe Flash Professional CS6 Materi Momentum dan Impuls.” Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika 3, no. 1 (29 Januari 2022). https://doi.org/10.31851/luminous.v3i1.6466.
Sutikno, M.Sobry. Metode dan Model-Model Pembelajaran Menjadikan Proses Pembelajaran Lebih Variatif, Aktif, Inovatif, Efektif dan Menyenangkan. Lombok: Holistica Lombok, 2019.
Ubabuddin. “Hakikat Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Edukatif 5, no. 1 (3 Juni 2020).
Yuliati, Siti. “Problematika Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD Negeri 2 Pakikiran Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara.” Skripi, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, 2022.
Yusuf, Juhaeti, Ahmad Zaki Alhafidz, dan Muhammad Fahmi Luthfi. “Menulis Terstruktur Sebagai Urgensi Pembelajaran Maharah Al-Kitabah.” An Nabighoh: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab 21, no. 02 (31 Desember 2019). https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v21i02.1683.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4803
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Mariana Nur Endah Lestari, Budianto, Subandriyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.