Upaya Guru Agama Islam dalam Membangun Kecerdasan Emosional (EQ) Anak Sekolah Dasar
Abstract
Selama ini pelaksanaan pendidikan hanya berorientasi pada aspek kognitif (kecerdasan intelektual) peserta didik, sehingga kecerdasan emosional peserta didik tidak berkembang dengan baik yang berimplikasi terhadap degradasi moral peserta didik. Untuk menyiapkan peserta didik menghadapi tantangan masa depan, dunia pendidikan perlu melakukan berbagai upaya salah satunya dengan mengembangkan kecerdasan emosi peserta didik. Tujuan penelitian adalah Menganalisis peran guru Agama Islam dalam membangun kecerdasan emosional (EQ) pada anak sekolah dasar. Jenis penelitian ini tergolong kedalam penelitian pustaka (library research) yaitu ringkasan yang didapatkan dari suatu sumber bacaan yang berkaitan dengan bahasan penelitian. Dalam hal ini sumber bacaan yang berkaitan dengan upaya guru agama Islam dalam membangun kecerdasan emosional (EQ) pada anak sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam pembelajaran yang bisa digunakan dalam upaya membangun kecerdasan emosional peserta didik terdiri dari metode pokok dan metode pelengkap. Metode pokok adalah bermain karena bermain merupakan bagian kehidupan anak, dimana dengan bermain disadari atau tidak anak mempelajari banyak hal. Metode yang kedua yaitu metode pelengkap, yang terdiri dari bercerita, mendongeng, atau membacakan buku, bercakap-cakap, bernyanyi, karya wisata dan latihan pembiasaan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Djollong, Andi Fitriani, dan Anwar Akbar. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Antar Ummat Beragama Peserta Didik Untuk Mewujudkan Kerukunan.” Jurnal Al-Ibrah 8, no. 1 (4 Maret 2019). https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/22.
Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami Desain Metode Penelitian kualitatif.” Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 21, no. 1 (30 April 2021). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.
Hasiana, Isabella. “Peran Keluarga Dalam Pengendalian Perilaku Emosional Pada Anak Usia 5-6 Tahun.” Child Education Journal 2, no. 1 (30 Juni 2020). https://doi.org/10.33086/cej.v2i1.1538.
Ilyas, Sitti Nurhidayah. “Aplikasi Multiple Intelligences System (MIS) Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Studi Kasus Di Rumah Sekolah Cendekia Makassar.” PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini 8, no. 2 (27 November 2019). https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4882.
Imelda, Ade. “Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (5 Januari 2018). https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2128.
Latifah, Nur, Arita Marini, dan Arifin Maksum. “Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka).” JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA 6, no. 2 (28 Januari 2021). https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15051.
Maherah, Rafika. “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Sikap Keagamaan Pada SIswa.” At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam 19, no. 1 (30 Juni 2020). https://doi.org/10.29300/attalim.v19i1.3099.
Marfu’ah, Uliyatul. “Integrasi Nilai-nilai Kecerdasan Emosional Perspektif Daniel Goleman dalam Al-Qur’an.” Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (2024). https://doi.org/10.21154/maalim.v5i1.8675.
Mariam, Raden Siti, Muhammad Firli Hidaya, dan Irma Inesia Sri Utami. “Antisipasi Penurunan Keterampilan Sosio-emosional Pelajar Saat Pandemik COVID-19.” Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 1, no. 2 (18 Juli 2020). https://doi.org/10.30997/ejpm.v1i2.2832.
Maulidiyah, Nazaratun. “Konsep Sosiologis Kedudukan dan Peran Keluarga Serta Kedudukan dan Peran Sekolah Dasar Sebagai Landasan Pendidikan Islam.” Al Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiya 8, no. 3 (31 Juli 2024). https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3752.
Merianti, Liza, dan Elsa Abel Nuine. “Analisis Hubungan Perkembangan Emosional Anak Umur 8 – 12 Tahun Terhadap Kejadian Sibling Rivalry.” Jurnal Endurance 3, no. 3 (25 Oktober 2018). https://doi.org/10.22216/jen.v3i3.3242.
Musya’adah, Umi. “Peran Penting Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar.” Aulada : Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak 2, no. 1 (22 Januari 2020). https://doi.org/10.31538/aulada.v2i1.556.
Setyawan, Antonius Ary. “Pendidikan Sebagai Proses Humanisasi (Studi Tentang Pendidikan Humaniora di SMA Seminari Menengah Mertoyudan Magelang, Jawa Tengah).” Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi) 1, no. 1 (1 September 2018). https://doi.org/10.33488/1.jh.2018.1.50.
Syahrul, Syahrul, dan Nurhafizah Nurhafizah. “Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19.” Jurnal Basicedu 5, no. 2 (5 Februari 2021). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792.
Yestiani, Dea Kiki, dan Nabila Zahwa. “Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar.” Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar 4, no. 1 (30 Maret 2020). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/view/515.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4818
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Mahna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.