Penerapan Bahasa Asing di SD Islamic Bilingual Science Darul Hijrah Puteri

Qory Rizki Amalia Pratiwi

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi penerapan bahasa asing, yaitu bahasa Arab dan Inggris, di SD Islamic Bilingual Science Darul Hijrah Puteri. Fokus utama penelitian adalah kegiatan, usaha, dan metode pembelajaran dalam sistem pendidikan bilingual, serta faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan bahasa asing, seperti guru, siswa, dan lingkungan. tujuan penelitian ini adalah Menganalisis penerapan bahasa Arab dan bahasa Inggris dalam sistem pendidikan bilingual di SD Islamic Bilingual Science Darul Hijrah Puteri. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan bahasa Arab di sekolah ini cukup baik, supported oleh panduan buku dan kurikulum dari Pondok Pesantren Darussalam Gontor. Meskipun begitu, karena sekolah baru berdiri, belum semua aspek pembelajaran bilingual terpenuhi, terutama dalam penyediaan buku untuk mendukung materi belajar. Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris juga berjalan baik, dengan pelajaran yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan Alquran. Beberapa faktor yang berpengaruh dalam penerapan bahasa asing antara lain: 1. Faktor Siswa: Siswa terkadang kesulitan memahami kosakata baru dan kurang fokus dalam belajar. 2. Faktor Guru: Kualifikasi guru berperan penting dalam penguasaan materi dan keberhasilan siswa. 3. Faktor Lingkungan: Lingkungan sekolah sangat mendukung pendidikan bilingual karena berada dalam kawasan pondok pesantren yang menggunakan bahasa asing sehari-hari. Secara keseluruhan, penerapan bahasa asing di SD Islamic Bilingual Science Darul Hijrah Puteri dapat dianggap baik, meskipun masih ada tantangan yang perlu diatasi.


Keywords


Penerapan, Bahasa Asing, Bilingual

Full Text:

PDF

References


Andayani. Problema Dan Aksioma: Dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish, 2015.

Arifani, Faradinna, and M. Fariz Usman. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelajaran Bahasa Kedua.” Universitas Gadjah Mada, 2014.

Artini, Luh Putu. “Penggunaan English AS Medium Of Instructions (Emi) dan Konsekuensinya terhadap Proses Pembelajaran Ditinjau dari Persepsi Siswa.” Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora 2, no. 1 (2013). https://www.neliti.com/publications/22874/.

Artini, Luh Putu, and Putu Kerti Nitiasi. Bilingualisme Dan Pendidikan Bilingual. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.

Astuti, Ria. “Penerapan Pembelajaran Bilingual Di TK Inklusi.” Jurnal Pendidikan Anak Awlady 3, no. 2 (2017).

Bitu, Yuliana Sesi. “Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pemerolehan Bahasa Kedua.” Jurnal Edukasi Sumba 4, no. 2 (2020).

Fachrurrozi, and Erta Mahyudin. Pembelajaran Bahasa Asing Tradisional Dan Kontemporer. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Harmer, Jeremy. The Practice of English Language Teaching. Edinburgh Gate: Longman, 2001.

Mahardhika, Steffie Mega. “The English Speaking Skills Development of Mondial School Kindergaten Children.” English Education Journal 2, no. 2 (2012). https://journal.unnes.ac.id/sju/eej/article/view/669.

May, Stephen. Bilingual Education: What the Research Tell Us”, Encyclopedia of Language and Education. Springer International Publishing Switzerland, 2016.

Ninawati, Mimin. “Kajian Dampak Bilingual terhadap Perkembangan Kognitif Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Widya 29, no. 324 (2012). https://www.neliti.com/publications/218706/.

Suma, Ketut. “Pengembangan Model Pembelajaran Bilingual Preview Review Berbasis Inkuiri.” Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 44, no. 1 (April 1, 2011). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.132.

Sunhaji. Strategi Pembelajaran Konsep Dan Aplikasinya, Jurnal Ilmiah. Purwokerto: STAIN Purwokerto, 2008.

Syarifuddin, Ahmad. “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.” Jurnal Ta’dib 16, no. 1 (2011).

Warsita, Bambang. Teknologi Pembelajaran Landasan Dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Yamin, M. “Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Di Tingkat Dasar.” Jurnal Pesona Dasar 1, no. 5 (2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4821

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Qory Rizki Amalia Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto