Ekologi dalam Al-Quran dan Hadis: Implikasinya Terhadap Kurikulum Pendidikan Islam

Ahmad Barizi, SDA Defi Yufarika

Abstract


Ekologi dalam konteks pendidikan Islam merupakan kajian penting yang menghubungkan nilai-nilai keagamaan dengan tanggung jawab manusia terhadap lingkungan. Al-Quran dan Hadis mengandung banyak ajaran yang mendukung perlindungan dan pelestarian alam. Artikel ini membahas bagaimana prinsip-prinsip ekologi yang terkandung dalam Al-Quran dan Hadis dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan Islam. Dengan mengedepankan konsep khalifah (pemelihara) dan amanah (tanggung jawab). Metode penelian yang digunakan adalah metode research library, yang objeknya dicari dengan berbagai informasi pustaka seperti buku, jurnal ilmiah, majalah, koran, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Qur'an dan Hadis memberikan panduan yang kuat mengenai pentingnya menjaga alam sebagai amanah dari Allah SWT. Nilai-nilai ini mencakup kewajiban untuk menjaga keseimbangan ekosistem, mencegah kerusakan lingkungan, dan memanfaatkan sumber daya alam secara bijaksana. Integrasi nilai-nilai ini ke dalam kurikulum pendidikan Islam diharapkan dapat membentuk karakter siswa yang peduli lingkungan, sesuai dengan ajaran Islam. Dengan demikian, pendidikan Islam tidak hanya bertujuan membangun akhlak yang baik, tetapi juga kesadaran lingkungan yang tinggi sebagai bagian dari tanggung jawab spiritual manusia.


Keywords


Ekologi, Al-Quran, Hadis, Kurikulum Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Aam Abdussalam, Wahyu Wibisana, Yesi Lisnawati. “Konsep Khalifah Dalam Al-Qur’an Dan Implikasinya Terhadap Tujuan Pendidikan Islam (Studi Maudu’i Terhadap Konsep Khalifah Dalam Tafsur Al-Misbah).” TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education 2 (1) (2015).

Abdillah, Mujiyono. Agama Ramah Lingkungan Perspektif Al-Qur’an. Purwokerto: Paramadina, 2001.

Alhaddad, Muhammad Roihan. “Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam.” Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah 3, no. 1 (2018).

As-Sayyidi, Nurochman. “Pendidikan Ekologi Perspektif Islam.” Jurnal Humanika 2, no. 2 (2016).

Chandra, Agus Firdaus. “Hadis–Hadis Ekologi Dalam Konteks Perindustrian Di Indonesia.” JURIS (Jurnal Ilmiah Syariah) 15, no. 1 (March 18, 2017). https://doi.org/10.31958/juris.v15i1.485.

Daulay, Haidar Putra. Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat. Jakarta: Kencana, 2014.

Dewi, Ratna. “Integrasi Pendidikan Islam Dalam Implementasi Ekologi.” Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan 4, no. 2 (December 31, 2021): 119–31. https://doi.org/10.32923/kjmp.v4i2.2175.

Hunga, Arianti Ina Restiani. Ekofeminisme dalam Tafsir Agama, Pendidikan, Ekonomi, dan Budaya. Edited by Dewi Candraningrum. Cetakan I. Seri kajian ekofeminisme. Yogyakarta: Jalasutra, 2013.

Jauhar, Arif Ahmad. Peran Agama Dan Etika Dalam Konservasi Sumber Daya Alam Dan Lingkungan. Bogor: LIPI, 2003.

Kholis, Nur, and Qaem Aulassyahied. Ajaran-Ajaran Nabi Dalam Memelihara Alam Tinjauan Hadis-Hasis Ekologi Pendekatan Interkoneksi. Yogyakarta: Yogyakarta UAD PRESS, 2021.

Mestika, Zed. Metode Penelitian Kepustakaan. jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2008.

Milenia, Salsabila. “Pengembangan Modul Integrasi Keislaman Pada Materi Ekologi Kelas X Di SMA Al-Hasra Depok.” Tesis, FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2021.

Munir, Syahrul. “Pendidikan Pelestarian Lingkungan dalam Prespektif Al-Qur’an.” Tesis, Institut PTIQ Jakarta, 2019. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/208/.

Nasional, Indonesia Departemen Pendidikan. “‘Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.’ (2003).” Indonesia Departemen Pendidikan., n.d.

Omar Mohammad Al-Toumy, and Hasan Langgulung Al-Toumy, Al-Syaibany. Falsafah Pendidikan Islam (Terj.Hassan Langgulung). Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

Ramadhani, Sarah Ayu. “Seminar Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SMP Al-Firdaus Batanghari Lampung Timur: Upaya Penguatan Peran Guru Sebagai Researcher Dalam Pengembangan Kurikulum.” Amanah Pendidikan Dan Pemikiran Agama Islam, 2024.

Riyanto, Waryani Fajar. “Ekologi Al-Quran (Menggagas Ekoteologi-Integralistik).” Jurnal Kaunia 4, no. 2 (2008).

Sagala, Ahmad Habin, Galih Orlando, Fauzi Ahmad Syawaluddin, Jailani Syahputra Siregar, and Rendi Fitra Yana. “Peran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kepedulian Terhadap Pelestarian Lingkungan pada Generasi Muda.” Jurnal Sains Riset 14, no. 1 (June 14, 2024). https://doi.org/10.47647/jsr.v14i1.2473.

Sani, Ridwan Abdullah, and Muhammad Kadri. Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Saputra, Miswar, Nazaruddin, Zaedun Na’im, Syahidin, Puspo Nugroho, Ismatul Maula, Yanry Budianingsih, et al. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2022.

Sari, Mardiana. “Ekologi Sastra Pada Puisi Dalam Novel Bapangku Bapunkku Karya Pago Hardian.” Parataksis: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia 1, no. 1 (October 28, 2018). https://doi.org/10.31851/parataksis.v1i1.2255.

Siddik, Hasbi. “Hakikat Pendidikan Islam.” Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan 8, no. 1 (April 1, 2016). https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Al-Riwayah/article/view/109.

Somantri, Dani Wardani. “Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan Media Modul Di Sekolah Dasan Negeri 8 Banjar Kota Banjar Patroman, Fakultas Ilmu Pendidikan.” Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: alfabeta, 2017.

Suhendra, Ahmad. “Menelisik Ekologis dalam Al-Qur’an.” ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin 14, no. 1 (April 22, 2013). https://doi.org/10.14421/esensia.v14i1.750.

Suti’ah, Ali, Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan. Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Sya’bani, Mohammad Ahyan Yusuf. “Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas Tentang Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan, 2017.

Tacconi, Luca. Kebakaran Hutan Di Indonesia: Penyebab, Biaya Dan Implikasi Kebijakan. Bogor: Center for International Forestry Research, 2003.

Yunitasari, Betty. “Realisasi Nilai-Nilai Ekologi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar”. Skripsi, UIN Raden Intan Lampung, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ahmad Barizi, SDA Defi Yufarika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto