Penggunaan Media Pembelajaran Gambar Bercerita Untuk Meningkatkan Pembelajaran Menyimak/ Memirsa di Kelas IV SD
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan pada pembelajaran menyimak/memirsa. Permasalahan yang muncul yaitu sulitnya peserta didik berkonsentrasi selama pembelajaran menyimak berlangsung, peserta didik merasa kesulitan dalam menentukan informasi penting yang terdapat di dalam cerita yang disampaikan, kurangnya antusiasme peserta didik dalam pembelajaran menyimak, dan ketidakmampuan peserta didik dalam menentukan kata kunci pada pembicaraan. Tujuan penelitian untuk melihat peserta didik mengalami peningkatkan pemahaman pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran gambar bercerita dengan pemaparan hasil yang didukung teori terkait. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas (PTK). Partisipan dalam penelitian ini ialah guru/wali kelas dan siswa kelas IV-B sekolah dasar negeri di Kabupaten Sumedang. Dari 26 peserta didik, hanya 3 orang peserta didik yang tuntas (11,53%), sementara 23 orang peserta didik lainnya mendapatkan nilai kurang dari kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) yang telah ditentukan. Tindakan yang dilakukan guru di antaranya menerapkan pembelajaran dengan gambar bercerita dengan smartboard. Cerita yang dipilih yaitu Roro Jongrang. Indikator kemampuannya pemahaman konten, kemampuan menyimpulkan dan kemampuan mengidentifikasi detail. Setelah dilakukannya tindakan pada siklus I, jumlah peserta didik yang tuntas mengalami peningkatan menjadi 11 orang peserta didik (42,30%). Kemudian pada tindakan siklus II, peserta yang dinyatakan tuntas mencapai 21 orang peserta didik (80,76%). Peserta didik antusias pada pembelajaran menyimak/memirsa menggunakan smartboard. Penelitian ini menguatkan pendapat bahwa penggunaan media digital menarik perhatian siswa dan efektif untuk pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apriliyana, Nafisah Sofia, Noor Azijah, Fety Fatimah, Laisa Putri, and Ratu Adelia Apriliani. “Media Pembelajaran Bercerita Digital Berbasis Nilai Untuk Membina Karakter Siswa.” Jurnal Literasi Digital 3, no. 2 (July 31, 2023). https://doi.org/10.54065/jld.3.2.2023.290.
Azizah, Anisatul. “Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran.” Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 3, no. 1 (May 8, 2021). https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475.
B, Anelda Ultavia, Maemonah Maemonah, and Fildza Malahati. “Pengaruh Pembelajaran Kontruktivisme Terhadap Kemampuan Menulis Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MIT Muhammadiyah Bandar Lampung.” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 3 (July 25, 2023). https://doi.org/10.35931/am.v7i3.2259.
Faizah, Silviana Nur. “Hakikat Belajar Dan Pembelajaran.” At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 2 (September 4, 2017). https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85.
Febriani, A., Chandra Lubis, Marta Parapat, Sari Nasution, and Ulkhaira. “Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia SD Di Kelas Tinggi Melalui Pembelajaran STEAM Dengan Media Cerita Animasi.” Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa 2, no. 3 (n.d.).
Kristanto. Media Pembelajaran. Surabaya: Penerbit Bintang Surabaya, 2021.
Linggasari, Egah, and Endi Rochaendi. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Melalui Model Pendidikan Kecakapan Hidup.” LITERASI XIII, no. 1 (2022).
Moto, Maklonia Meling. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan.” Indonesian Journal of Primary Education 3, no. 1 (June 30, 2019). https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060.
Mulyadi, Seto, M. Heru Basuki, and Hendro Prabowo. Metode Penelitian Kualitatif Dan Mixed Method. Depok: Rajawali Pers, 2019.
Ramadani, Angely Noviana, Kartika Chandra Kirana, Umi Astuti, and Arita Marini. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Dunia Pendidikan (Studi Literatur).” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora 2, no. 6 (April 27, 2023). https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i6.5432.
Rosdia. “Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Mendongeng Siswa Kelas VI SDN Sese.” Jurnal Kreatif Tadulako 4, no. 8 (2016).
Sapriyah. “Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2, no. 1 (May 31, 2019). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5798.
Suparlan. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekoah Dasar.” FONDATIA: Jurnal Pendidikan Dasar 4, no. 2 (September 29, 2020). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/view/897.
Tarigan, Henry Guntur. Menyimak : Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2013.
Viska, Shinta Putri, Yenni Fitra Surya, and Iis Aprinawati. “Peningkatan Keterampilan Menyimak Menggunakan Model Cooperative Tipe Script Pada Siswa Sekolah Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 1 (January 6, 2023). https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1453.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4837
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Auliani Sukma, Dadan Djuanda, Prana Dwija Iswara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.