Problematika Verbal Bullying di Sekolah Dasar (Studi Kasus Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Huda Pulau Bawean)

Kusfa Hariani Putri, Zulfi Mubaraq, Mohamad Zubad Nurul Yaqin

Abstract


Fenomena verbal bullying sudah menjadi hal yang umum, terutama dikalangan peserta didik sekolah dasar. Fenomena ini banyak muncul di dalam interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya di sekolah, seperti interaksi antara peserta didik dengan pendidik, interaksi peserta didik dengan teman sebayanya, interkasi antara pendidik dengan masyarakat dan interkasi peserta didik dengan keluarganya dirumah.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa tindakan verbal bullying tetap berlangsung, bagaimana respon korban dari tindakan verbal bullying tersebut, serta bagaimana upaya guru dalam menangani fenomena verbal bullying tersebut. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Rancangan studi kasus di pilih untuk mengeksplorasi probelamatika tentang verbal bullying. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil temuan mengapa verbal bullying tetap berlangsung di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Huda Pulau Bawean karena: 1). Faktor lingkungan keluarga, 2). Faktor lingkungan sekolah, 3). Faktor lingkungan teman sebaya, 4). Faktor media, 5). Faktor kepribadian. Repon korban dari tindakan verbal bullying tersebut meliputi: 1.). korban tidak percaya diri, 2). Khawatir dengan lingkungan, 3). Tidak nyaman bila dekat dengan pelaku tindakan verbal bullying, 4). Sulit bersosialisasi, 5). Malu, 6). Marah, 7). Bahkan trauma. Sedangkan upaya dari pendidik dan sekolah untuk mengupayakan pencegahan dan penanganan bullying melalui video motivasi, poster di setiap kelas, pengarahan secara klasikal, dan pengarahan secara individual menyisipkan nilai-nilai karakter dalam setiap muatan mata pelajaran.


Keywords


Problematika, Verbal Bullying, Peserta didik, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Agustiani, Hendrianti. Psikologi Perkembangan Pendekatan Ekologi Kaitannya Dengan Konsep Diri Dan Penyesuaian Diri Pada Remaja. Bandung: PT Refika Aditama, 2006.

Chakrawati, Fitria. Bullying Siapa Takut?: Panduan Untuk Mengatasi Bullying. Surakarta: Tiga Ananda, 2022.

Febriana, Betie. “Penurunan Kecemasan Remaja Korban Bullying Melalui Terapi Kognitif.” IJNP (Indonesian Journal of Nursing Practices) 1, no. 2 (June 10, 2017). https://doi.org/10.18196/ijnp.v1i2.3432.

Hopeman, Teofilus Ardian. “Dampak Bullying Terhadap Sikap Sosial Anak Sekolah Dasar (Studi Kasus Di Sekolah Tunas Bangsa Kodya Denpasar).” PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 4, no. 1 (February 25, 2020). https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3416.

Khairunisa, Khairunisa, Neviyarni Neviyarni, Marjohan Marjohan, Ifdil Ifdil, and Afdal Afdal. “Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Eklektik Untuk Menurunkan Tingkat Stress Pada Peserta Didik Korban Bullying.” Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia 8, no. 2 (May 23, 2022). https://doi.org/10.31602/jmbkan.v8i2.7109.

Lusiana, Siti Nur Elisa, and Siful Arifin. “Dampak Bullying Terhadap Kepribadian Dan Pendidikan Seorang Anak.” Kariman 10, no. 2 (2022).

Mandiri, Juang Apri, and Saring Marsudi. “Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas Atas Di SD Muhammadiyah 6 Surakarta.” Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.

Masdin, Masdin. “Fenomena Bullying Dalam Pendidikan.” Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 6, no. 2 (July 1, 2013). https://doi.org/10.31332/atdb.v6i2.306.

Masturina, Diana. “Pengaruh Kompetensi Diri Dan Kepercayaan Diri Terhadap Perencanaan Karir.” Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi 6, no. 2 (June 21, 2018). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i2.4558.

Moh Anang Zulqurnain and Mohammad Thoha. “Analisis Kepercayaan Diri Pada Korban Bullying.” Edu Consilium : Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam 3, no. 2 (September 16, 2022). https://doi.org/10.19105/ec.v3i2.6737.

Oktaviany, Desri, and Zaka Hadikusuma Ramadan. “Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9, no. 3 (July 14, 2023). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5400.

Rahmah, Hardiyanti. “Pengaruh Peer Group Terhadap Intensitas Perilaku Bullying Pada Usia Anak.” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 3, no. 1 (December 11, 2018). https://doi.org/10.35931/am.v0i0.63.

Romadhony, Muhammad Tsabit. “Studi Tentang Perilaku Vandalisme Serta Penanganannya Pada Siswa Di Smp Negeri Se-Kecamatan Sampang.” Jurnal BK UNESA 7, no. 1 (2017). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/17889.

Septiyuni, Dara Agnis, Dasim Budimansyah, and Wilodati Wilodati. “Pengaruh Kelompok Teman Sebaya (Peer Group) Terhadap Perilaku Bullying Siswa Di Sekolah,.” Sosietas: Jurnal Pendidikan Sosiologi 5, no. 1 (March 17, 2015). https://doi.org/10.17509/sosietas.v5i1.1512.

Usman, Irvan. “Kepribadian, Komunikasi, Kelompok Teman Sebaya, Iklim Sekolah Dan Perilaku Bullying.” HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal 10 (January 29, 2013). https://doi.org/10.26555/humanitas.v10i1.328.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Kusfa Hariani Putri, Zulfi Mubaraq, Mohamad Zubad Nurul Yaqin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto