Penerapan Model Pembelajaran Kelas Rangkap Untuk Meningkatkan Kedisiplinan dan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar

Tiara Putri Widyawati, Diah Gusrayani, Dadan Djuanda

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan dan hasil belajar peserta didik engan bentuk mix aged classroom dengan menggunakan model Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran kelas rangkap dalam meningkatkan kedisiplinan dan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa pertemuan dan model penelitian yang dipilih adalah model penelitian dari Kemmis yang telah direvisi oleh John Cresswell yaitu terdiri dari perencanaan (Planning), Pelaksanaan (Implementing), Pengamatan (Reviewing), dan Evaluasi (Evaluation). Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik dari kelas I, II, dan III di salah satu sekolah di Jakarta yang menerapkan mix aged classroom. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan mendapatkan hasil bahwa model pembelajaran kelas rangkap ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, hal ini dapat diketahui dari hasil tes pada kelas I yaitu dengan rata-rata 73 dan persentase ketuntasan 60% meningkat menjadi 87 dengan persentase ketuntasan 100%, kelas II dengan rata-rata 70 dengan persentase ketuntasan 50% meningkat menjadi 86 dengan persentase 100%, dan kelas III dengan rata-rata 69 dan persentase 40% menjadi 87 dengan persentase 100%. Selain dilihat dari sisi hasil belajar penelitian ini juga meneliti mengenai kedisiplinan peserta didik dengan hasil rata-rata pada kelas I yang semula 54% meningkat menjadi 85%, kelas II yang semula 56% meningkat menjadi 89%, dan pada kelas II yang semula 62% meningkat menjadi 92%. Hal ini sejalan dengan dilakukannya penelitian ini, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kelas rangkap dapat meningkatkan hasil belajar dan kedisiplinan peserta didik kelas I, II, dan III untuk mencapai nilai ketuntasan minimal (KKM).


Keywords


Model Pembelajaran Kelas Rangkap, Kedisiplinan, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abubakar, Rifa’I. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Suka Press, 2021.

Adilla, Sarah, and Nila Lestari. “Implementasi Nilai-Nilai Kedisiplinan Siswa Kelas IV SD Negeri 064972 Medan Amplas.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 7, no. 3 (June 27, 2024). https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30389.

Ali, Aisyah, and Sudaryana. “Pembelajaran Kelas Rangkap: Implementasi Pelaksanaannya Pada Sekolah Dasar Di Kabupaten Jayapura.” Prosiding Seminar Hasil Penelitian Pengembangan Ipteks Dan Seni V (2019).

Cronin, Zoe. “To Mix or Not to Mix: A Critical Review of Literature on Mixed-Age Groups in Primary Schools.” Cambridge Open-Review Educational Research e-Journal (CORERJ) 6 (October 1, 2019). https://doi.org/10.17863/CAM.46563.

Elkind, D. “Developmentally Appropriate Practice: Philosophical and Practical Implications.” Phi Delta Kappan, 1989. https://www.semanticscholar.org/paper/Developmentally-Appropriate-Practice%3A-Philosophical-Elkind/0d09899f5657f2840a64cdbaf1c5f98a8f2dd75f.

Harianto, Regita Pramesti, Linda Zakiah, and M. Syarif Sumantri. “Tingkat Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9, no. 2 (April 8, 2024). https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13197.

Hasyda, Suryadin. “Penerapan Metode Pembelajaran Discovery Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa Pada Peserta Didik Kelas IV Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 1, no. 1 (March 31, 2020). https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.196.

Hestiana, Riska, Kurniawan Kurniawan, and Baryanto Baryanto. “Penerapan Model Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Di SD 01 Muhammadiyah Rejang Lebong.” Skripsi, IAIN Curup, 2022. https://e-theses.iaincurup.ac.id/3082/.

Nabawi, M. Arif, Monawati Monawati, and Awaluddin Awaluddin. “Hubungan Anatara Penanaman Nilai Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar PKN Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 1 Pagar Air Kabupaten Aceh Besar.” Elementary Education Research 2, no. 1 (January 28, 2017). https://jim.usk.ac.id/pgsd/article/view/4397.

Ramdani, Nanang Gustri, Nisa Fauziyyah, Riqotul Fuadah, Soleh Rudiyono, Yayang Alistin Septiyaningrum, Nur Salamatussa’adah, and Aida Hayani. “Definisi Dan Teori Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran.” Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation 2, no. 1 (January 31, 2023). https://doi.org/10.21927/ijeeti.2023.2(1).20-31.

Song, Ruiting, Terry E. Spradlin, and Jonathan A. Plucker. “The Advantages and Disadvantages of Multiage Classrooms in the Era of NCLB Accountability.” Education Policy Brief 7, no. 1 (2009).

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Ulumudin, Ikhya, Kusuma Wijayanti, Sisca Fujianita, Siska Lismayanti, and R. Muktiono Waspodo. Pemanfaatan Penilaian Hasil Belajar dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edited by Subijanto Subijanto, Yendri Wirda, and Lucia H. Winingsih. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, 2019.

Veenman, Simon. “Effects of Multigrade and Multi-Age Classes Reconsidered.” Review of Educational Research 66, no. 3 (1996). https://doi.org/10.2307/1170526.

Wirda, Yendri, Ikhya Ulumudin, Ferdi Widiputera, Nur Listiawati, and Sisca Fujianita. Faktor-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020.

Wonggor, Yultini, Melkianus Suluh, and Silvester Nusa. “Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kelas V Pada Mata Pelajaran PPKN Di SDN Pogo Lede.” Jurnal Edukasi Sumba ( JES ), 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Tiara Putri Widyawati, Diah Gusrayani, Dadan Djuanda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto