Penerapan Pembelajaran Kooperatif Team Game Tournament Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar

Yasmin Azzahra Driandra, Isrok’atun Isrok’atun, Riana Irawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa pada materi operasi hitung bilangan cacah kelas IV di SDN Panyingkiran III, melalui penerapan pembelajaran kooperatif TGT. Metode penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan-tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SDN Panyingkiran III yang berjumlah 28 orang siswa, dimana terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan pemberian materi ajar kemudian disusul dengan tes untuk akhir siklus. Teknik pengumpulan data yang di gunakan pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah apabila nilai rata-rata dan persentase ketuntasan telah tercapai sesuai yang ditetapkan. Sebelum penelitian dimulai dilakukan observasi dan tes pra-siklus untuk siswa kelas IV. Banyak siswa yang kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran matematika karena menganggap pelajaran matematika sulit dan membosankan, sehingga hasil belajar matematika siswa tidak tuntas. Diketahui hasil tes pra-siklus sebanyak 11 siswa tuntas dalam belajar dan 17 siswa belum tuntas dalam belajar, rata-rata hasil belajar siswa yaitu 66,6 dengan persentase ketuntasan 39,28%. Hasil penelitian siklus I menunjukkan observasi motivasi 58,21% dengan kategori “Baik”, sedangkan pada siklus II jumlah persentase rata-rata motivasi belajar matematika siswa meningkat menjadi 89,99% dengan kategori “Sangat Baik”. Kemudian hasil belajar siklus I terdapat 20 siswa yang tuntas dalam belajar dan 8 siswa belum tuntas, rata-rata hasil belajar siswa 74,73 dengan persentase ketuntasan 71,42%. Dan siklus II 25 siswa tuntas dalam belajar dan 3 siswa belum tuntas dalam belajar dengan rata-rata hasil belajarnya 86,25 persentase ketuntasan 89,28%. Selain itu, setelah dilakukannya tindakan dengan menerapkan model pembelajaran siswa sudah lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran baik itu bertanya, mengerjakan soal, berpartisipasi dalam kelompok dan bermain game.


Keywords


Pembelajaran Kooperatif TGT, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Yufri. “Analisis Persiapan Guru Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (July 29, 2021). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1241.

Arianti, Arianti. “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan 12, no. 2 (June 20, 2019). https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181.

Bp, Abd Rahman, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani Yumriani. “Pengertian Pendidikan Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” AL-URWATUL WUTSQA: Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (June 1, 2022). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757.

Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar. Jakarta: Renika Cipta, 2011.

Hamdani, Muhamad Surya, Mawardi, and Krisma Widi Wardani. “Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 5 Untuk Peningkatan Keterampilan Kolaborasi.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3, no. 4 (November 30, 2019). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21778.

Hidayati, Ika Septi, Prihastini Oktasari Putri, and Yenny Anggreini Sarumaha. “Peningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri Prembulan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI).” Intersections: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 6, no. 2 (August 1, 2021). https://doi.org/10.47200/intersections.v6i2.1111.

Husna, Khamila, and Supriyadi Supriyadi. “Peranan Manajeman Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora 4, no. 1 (December 3, 2023). https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.4273.

Istafada. “Media Potbangtar Meningkatkan Hasil Belajar Menghitung Luas Bangun Datar Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar 5, no. 1 (March 30, 2021). https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i1.283.

Kesnajaya, I. Ketut, Prof Nyoman Dantes, and Gede Rasben Dantes. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Pada SD Negeri 3 Tianyar Barat.” Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha 5, no. 1 (2015). https://www.neliti.com/publications/124662/.

Kunandar. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers., 2013.

Masni, Harbeng. “Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa.” Jurnal Ilmiah Dikdaya 5, no. 1 (July 28, 2017). https://doi.org/10.33087/dikdaya.v5i1.64.

Nashar. Peranan Motivasi Dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press, 2004.

Nurhamami, Sri Setik. “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Adaptasi Makhluk Hidup Kelas VI Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi.” Journal on Education 5, no. 1 (2022).

Romadon, Bayu. “Penguatan Pendidikan Matematika Dalam Menunjang Persiapan Sdm Yang Unggul Menuju Indonesia Maju.” Proceeding Umsurabaya, 2019. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/4337.

Safarudin, Rizal, Zulfamanna Zulfamanna, Martin Kustati, and Nana Sepriyanti. “Penelitian Kualitatif.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 2 (June 9, 2023). https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1536.

Sardiman, A. M. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2018.

Schürmann, Linda, Robert Gaschler, and Claudia Quaiser-Pohl. “Motivation Theory In The School Context: Differences In Preservice And Practicing Teachers Experience, Opinion, And Knowledge.” European Journal of Psychology of Education 36, no. 3 (September 1, 2021). https://doi.org/10.1007/s10212-020-00496-z.

Simanjuntak, Harlen. “Motivasi Belajar Mempengaruhi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar.” As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga 4, no. 1 (October 15, 2021). https://doi.org/10.47467/as.v4i1.94.

Sitompul, Hafsah. “Metode Keteladanan Dan Pembiasaan Dalam Penanaman Nilai-Nilai Dan Pembentukan Sikap Pada Anak.” Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman 4, no. 1 (January 1, 2016). https://doi.org/10.24952/di.v4i1.425.

Sudjana, Nana. Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru, 2002.

Susanto, A. Teori-Teori Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Group., 2013.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana, 2016.

Uno, Hamzah B. Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2023.

Widayati, Endang Wahyu. “Pembelajaran Matematika Di Era ‘Merdeka Belajar’, Suatu Tantangan Bagi Guru Matematika.” Sepren 4, no. 01 (November 2, 2022). https://doi.org/10.36655/sepren.v4i01.770.

Yetri, Oktaveni, Ahmad Fauzan, Desyandri Desyandri, Yanti Fitria, and Farida Fahrudin. “Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 3, no. 4 (November 15, 2019). https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.249.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Yasmin Azzahra Driandra, Isrok’atun, Riana Irawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto