Pengaruh Strategi Direct Reading Thinking Activity (DRTA) Berbantuan Media Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV
Abstract
Pengaruh strategi Direct Reading Activity (DRTA) berbantuan media cerita bergambar akan dikaji dalam penelitian ini, serta apakah strategi DRTA berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV dengan tujuan untuk mengkaji efektivitas strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) yang didukung oleh media cerita bergambar dalam meningkatkan hasil pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian berjumlah 68 siswa, yang terdiri dari 35 siswa kelas IV SDN Pasanggrahan III sebagai kelompok eksperimen dan 33 siswa kelas IV di SDN Pasanggarahan I sebagai kelompok kontrol, kedua sekolah tersebut berlokasi di kecamatan Sumedang Selatan. Data kemampuan membaca pemahaman dikumpulkan dengan berbentuk soal esai. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji Paired Sample Test. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa strategi Direct Reading Activity (DRTA) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN Pasanggarahan III yaitu diperoleh dari hasil perhitungannya. Dan dapat dilihat dari (2 tailed) = 0,00 < 0,05, ini menunjukkan bahwa HO ditolak dan HI diterima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Firmansyah, Deri and Dede. “Teknik Pengambilan Sampel Umum Dalam Metodologi Penelitian: Literature Review.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH) 1, no. 2 (August 30, 2022). https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937.
Gusneli, Gusneli. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi dengan Metode Demonstrasi Siswa Kelas XII Mia 3 Sman 1 Pekanbaru.” Jurnal Pajar 1, no. 2 (2017). https://www.neliti.com/publications/258158/.
Hasan, Hasan. “Psikolinguistik: Urgensi Dan Manfaatnya Pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab.” Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 1, no. 2 (October 11, 2018). https://doi.org/10.35931/am.v1i2.41.
Hidayana, Siti, Lamsike Pateda, and Amalia Rizki Pautina. “Pengaruh Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman.” EDUCATOR (Directory Of Elementary Education Journal) 2, no. 1 (July 16, 2021). https://doi.org/10.58176/edu.v2i1.152.
Hudaa, Syihaabul. “Efektifitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Pendekatan Student Active Learning Di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.” BAHASTRA 38, no. 1 (May 31, 2018). https://doi.org/10.26555/bahastra.v38i1.7300.
Istiqoh, Nurul. “Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun Dengan Model Think Pair Share Di Kelas VII-A Mts Pesantren Pembangunan Majenang Kabupaten Cilacap Tahun Pembelajaran 2018/2019.” Jurnal Diksatrasia 4, no. 1 (2020).
Julaeha, Siti. “Problematika Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Karakter.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7, no. 2 (November 3, 2019). https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367.
Mailani, Okarisma, Irna Nuraeni, Sarah Agnia Syakila, and Jundi Lazuardi. “Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia.” Kampret Journal 1, no. 2 (January 30, 2022). https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8.
Manalu, Devani, Susanti Faipri Selegi, and Puji Ayurachmawati. “Pengaruh Strategi Direct Reading Thinking Activity (Drta) Terhadap Pemahaman Membaca Cerpen Pada Kelas IV SD.” Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar 7, no. 1 (January 13, 2023). https://doi.org/10.24929/alpen.v7i1.173.
Nurfadillah, Dilla, and Dian Indihadi. “Penggunaan Media Cerita Bergambar dalam Penguraian Pesan pada Dongeng di Sekolah Dasar.” PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5, no. 4 (2018). https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v5i4.13199.
Nurhidayah, Intan, Effy Mulyasari, and Babang Robandi. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar II, no. IV (2017).
Putri, Ayu Resti, Nurhasanah, and Husniati. “Pengaruh Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SDN 05 Berangah Tahun Ajaran 2022/2023.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 1 (May 20, 2023). https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/7247.
Safrianis, Serly, Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi, Yenni Fitra Surya, Rusdial Marta, and Muhammad Syahrul Rizal. “Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Model Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Kelas V Sekolah Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 4 (October 27, 2023). https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2721.
Setiyoko, Setiyoko. “Pengaruh Keterampilan Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika.” BASIC EDUCATION 5, no. 35 (December 1, 2016).
Sutrisno, Sutrisno, and Rendi Ariyanto Sinanto. “Efektivitas Penggunaan Lembar Balik Sebagai Media Promosi Kesehatan : Tinjauan Sistematis.” Jurnal Kesehatan Terpadu (Integrated Health Journal) 13, no. 1 (June 22, 2022). https://doi.org/10.32695/jkt.v13i1.129.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4846
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Teguh Arie Prasetya, Dadan Djuanda, Aah Ahmad Syahid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.