Strategi Pembentukan Karakter Religius di Madrasah Ibtidaiyah

SDA Defi Yufarika, Triyo Supriyatno, Indah Aminatuz Zuhriyah

Abstract


Penurunan karakter bangsa menjadi salah satu masalah krusial yang dihadapi dunia pendidikan saat ini, khususnya dalam pembentukan karakter generasi muda. Fenomena ini terlihat pada perilaku pelajar yang menunjukkan semakin lemahnya penerapan nilai-nilai moral dan etika, baik di lingkungan pendidikan maupun di masyarakat. Kondisi ini menjadi indikasi bahwa pendidikan karakter, terutama di lembaga pendidikan formal, masih memerlukan penguatan yang serius. Madrasah sebagai lembaga pendidikan berbasis keislaman memiliki peran strategis dalam membentuk karakter religius siswa sebagai landasan moral yang kuat dalam menghadapi dinamika kehidupan modern. Pembentukan karakter religius bukan hanya aspek tambahan, melainkan bagian integral dalam kurikulum dan proses pendidikan di madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang digunakan dalam membentuk karakter religius peserta didik di MIS YASIM Nipa, Kabupaten Bima. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman, yang meliputi tahapan pengumpulan data, kondensasi data, serta penyajian data. Keabsahan data diperiksa melalui triangulasi sumber dan teknik untuk memastikan validitas temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembentukan karakter religius di MIS YASIM Nipa kabupaten Bima mencakup beberapa pendekatan, seperti pembiasaan, keteladanan, pemberian reward dan punishment, penciptaan lingkungan yang nyaman dan menyenangkan, kerja sama antara madrasah dan orang tua, serta penerapan kurikulum berbasis karakter.


Keywords


Strategi, Karakter Religius, Madrasah Ibtidaiyah

Full Text:

PDF

References


Ahsanulkhaq, Moh. “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 2, no. 1 (2019).

Aisah, Anisa Siti. “Belajar Dengan Meniru Atau Keteladanan (Studi Komparatif Antara Belajar Meniru al-Qur’an Dan Teori Belajar Bandura).” Skripsi, IAIN Ponorogo, 2017. https://etheses.iainponorogo.ac.id/2152/.

“Al-Baqarah Ayat 285 Diakses Pada Tanggal 14 Oktober 2024 Jam 11.00 Https://Quran.Nu.or.Id/al-Baqarah/285,”.

Amanullah, Wahyu Anis Amanullah, Wantini Wantini, and Ahmad Muhammad Diponegoro. “Analisis Role-Model Guru PAI Dalam Peningkatan Pembelajaran Agama Islam Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan Islam: Studi di SDN Bhayangkara Yogyakarta.” Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman 12, no. 1 (March 18, 2023). https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v12i1.861.

Databoks. “Debat Final: 84% Anak Indonesia Alami Kekerasan di Sekolah.” Databoks. Accessed March 14, 2025. https://databoks.katadata.co.id/pendidikan/statistik/da2c0e3b4f40280/84-anak-indonesia-alami-kekerasan-di-sekolah.

Daulay, Haidar Putra, Zaini Dahlan, and Annisa Dahlila Angelina. “Filosofi Reward Dan Punishment Dalam Pendidikan Islam.” Al-Kaffah: Jurnal Kajian Nilai-Nilai Keislaman 10, no. 2 (2022). https://jurnalalkaffah.or.id/index.php/alkaffah/article/view/53.

Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami Desain Metode Penelitian kualitatif.” Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 21, no. 1 (April 30, 2021). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.

Fahmi, Fauzi. “Strategi Pembentukan Karakter Religius Di Sekolah. Studi Multi Situs Siswa Kelas Vi Di Sekolah Dasar Islamic Global School Malang Dan Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Batu).” Thesis, Universitas Islam Negeri Maualana Maliki Ibrahim Malang, 2020.

Firdaus, Andrian. “Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Dalam Menanamkan Pengetahuan Keagamaan Pada Anak.” Al-Amin Journal: Educational And Social Studies 4, no. 2 (2019).

Fitriani, Iwan, and Abdulloh Saumi. “Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Program Imtaq Dalam Membentuk Kepribadian Siswa.” El Midad: Jurnal Jurusan PGMI 10, no. 2 (December 31, 2018). https://doi.org/10.20414/elmidad.v10i2.774.

Guri. “Pengaruh Kompetensi Kepribadian Dan Sosial Guru PAI Terhadap Peningkatan Karakter Religius Siswa SDN 96 Bengkulu Selatan.” Thesis, IAIN Bengkulu, 2019. http://repository.iainbengkulu.ac.id/3250/.

Harmini, Triana. “Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Kalkulus.” Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 2, no. 2 (August 1, 2017). https://doi.org/10.31943/mathline.v2i2.42.

Ismail, M. Jen. “Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah.” Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 4, no. 1 (May 2, 2021). https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67.

Jannah, Miftahul. “Metode Dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang Diterapkan Di Sdtq-T An Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 1 (December 27, 2019). https://doi.org/10.35931/am.v4i1.178.

Junaidi, Junaidi and Fildza Avisyah. “Peningkatan Kemandirian Santri Berbasis Nilai Religius Di Pesantren.” Edupedia 4, no. 2 (January 22, 2020): 71–79. https://doi.org/10.35316/edupedia.v4i2.667.

Kurniawan, Edo, Alfath Imam Wildani, Muhammad Zaki, and Muhammad Dhiya’ Syaifullah. “Strategi Pengintegrasian Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab Dalam Membangun Karakter Islami Di MI Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor.” Shibghoh: Prosiding Ilmu Kependidikan UNIDA Gontor 2, no. 1 (March 6, 2024). https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/shibghoh/article/view/11114.

Lubis, Khairunnisa. “Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Basicedu 6, no. 1 (January 11, 2022): 894–901. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2054.

Megawangi. Pengembangan Program Pendidikan Karakter Di Sekolah: Pengalaman Sekolah Karakter. Bogor: Indonesia Haritage Foundation, 2010.

Mubarokah, Arinal. “Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Melalui Penerapan Reward Dan Punishment Di MI NU Imaduddin Mejobo.” Skripsi, IAIN KUDUS, 2022. http://repository.iainkudus.ac.id/9755/.

Munif, Muhammad. “Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Pai Dalam Membentuk Karakter Siswa.” EDURELIGIA; JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 1, no. 2 (January 3, 2017). https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.49.

Palunga, Rina, and Marzuki Marzuki. “Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman.” Jurnal Pendidikan Karakter 8, no. 1 (April 12, 2017). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.20858.

Quran Nu. “Surah An-Nahl : 125.” Quran NU Online. Accessed March 14, 2025. https://quran.nu.or.id/nahl.

———. “Surat Thaha: 8.” Quran NU Online. Accessed March 14, 2025. https://quran.nu.or.id/thaha.

Sahlan, Asmaun. Mewujudkan Budaya Religius Di Sekolah: Upaya Mengembangkan PAI Dan Teori Ke Aksi. Malang: UIN-Maliki Press, 2010. https://senayan.iain-palangkaraya.ac.id/akasia/index.php?p=show_detail&id=14836&keywords=.

Savira, Rizky. “Pembentukan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Upacara Bendera Pada Kelas Tinggi Di MI Walisongo Jerakah Kecamatan Tugu Kota Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017.” Skripsi, UIN Walisongo Semarang, 2017.

Sayuti, Ujang, Martin Kustati, and Nana Sepriyanti. “Penguatan Budaya Religius Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik (Studi Multi Situs di SMAN 1 Padang Panjang),” Innovative: Journal of Social Science Research 3 no.2 (2023).

Sholeh, Muh Ibnu. “Pengakuan Dan Reward Dalam Manajemen SDM Untuk Meningkatkan Motivasi Guru.” COMPETITIVE: Journal of Education 2, no. 4 (September 27, 2023). https://doi.org/10.58355/competitive.v2i4.41.

Syahbilal, Syahbilal. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Religious Culture Melalui Manajemen Pembiasaan Diri Berdoa Bersama Sebelum Belajar Di Smp Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.” ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam 6, no. 2 (December 3, 2022). https://doi.org/10.30821/ansiru.v6i2.14236.

Syaroh, Lyna Dwi Muya, and Zeni Murtafiati Mizani. “Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo.” Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES) 3, no. 1 (August 15, 2020). https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1224.

Syarqawi, Abdullah. “Pembentukan Karakter Santri Mahad Baitul Hikmah Surabaya Melalui Pembelajaran Bahasa Arab.” An-Nafah: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman 3, no. 2 (2023). https://ejurnal.staitaswirulafkar.ac.id/index.php/an-nafah/article/view/43.

Tim KPAI. “Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak di Awal 2020, Begini Kata Komisioner KPAI.” Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), February 10, 2020. https://www.kpai.go.id/publikasi/sejumlah-kasus-bullying-sudah-warnai-catatan-masalah-anak-di-awal-2020-begini-kata-komisioner-kpai.

Walid, Muhammad. “Nilai-Nilai Spiritual, Profesional Dan Humanis Pada Kepemimpinan Kepala Madrasah Unggulan Di Malang.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, no. 2 (July 3, 2019). https://doi.org/10.18860/jpai.v5i2.7110.

Wamaungo, Juma Abdu. Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2012.

Widyanti, Hanny, and M. Turhan Yani. “Pembentukan Karakter Siswa Melalui Program Lima S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) Di SMA Negeri 1 Sidoarjo.” Kajian Moral Dan Kewarganegaraan 2, no. 3 (August 15, 2014). https://doi.org/10.26740/kmkn.v3n2.p784-798.

Wiyani, Novan Ardy. “Perencanaan Strategik Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di TK Islam Al-Irsyad Purwokerto.” Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak 3, no. 2 (December 30, 2017). https://doi.org/10.14421/al-athfal.2017.32-01.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 SDA Defi Yufarika, Triyo Supriyatno, Indah Aminatuz Zuhriyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto