Implementasi Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Materi Haji Kelas VI di SD Islam Annajah Bekasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran materi haji dan umrah di kelas VI SDIT Annajah Bekasi. Penelitian ini dilakukan melalui empat tahap utama: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan, dan refleksi. Pada tahap perencanaan, guru memilih materi yang relevan, menyusun skenario demonstrasi yang detail, serta mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan, seperti maket Ka'bah, video, atau gambar-gambar yang mendukung. Tahap pelaksanaan dilakukan dengan demonstrasi langsung di depan siswa, yang melibatkan visualisasi langkah-langkah ibadah haji dan umrah menggunakan multimedia. Pemantauan dilakukan secara terus-menerus untuk memastikan siswa memahami setiap langkah yang dijelaskan, dengan memberi mereka kesempatan untuk bertanya atau mengulangi bagian yang belum dipahami. Pada tahap refleksi, guru dan siswa bersama-sama mengevaluasi efektivitas metode yang digunakan, melalui diskusi dan umpan balik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi ini secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa tentang materi haji dan umrah, membantu mereka untuk lebih mudah mengaplikasikan ibadah tersebut dalam kehidupan nyata setelah menyaksikan demonstrasi langsung. Siswa juga lebih aktif terlibat dalam pembelajaran, yang semakin diperkuat dengan evaluasi yang dilakukan guru untuk mengukur pemahaman mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arpizal, Arpizal, and Sri Puji Rahayu. “Peran Motivasi Belajar Dalam Memediasi Komunikasi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa/I Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kota Jambi.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 4, no. 1 (December 5, 2022). https://doi.org/10.38035/jmpis.v4i1.1274.
Dantes, Nyoman. “Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 45, no. 1 (2012).
Dewanti, Rahmi, and A. Fajriwati. “Metode Demonstrasi Dalam Peningkatan Pembelajaran Fiqih.” JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer 11, no. 1 (2020).
Fajriah, Siti. “Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Fiqhi Di Madrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Lere.” Skripsi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) PALU, 2018.
Hendrizal. “Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter 2, no. 1 (2020).
Hopkins, David. A. Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadhelpia: Open University Press, 2010.
Iplih, Muhammad. “Implementasi Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Haji dan Umrah Mata Pelajaran Fikih Kelas X Takhassus MA Ibnul Qayyim Putri Yogyakarta Tahun Pelajaran 2017/2018.” At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam 1, no. 1 (2016).
Mubarak, Ahmad Zaki, Ahmad Dzaky, and Syahrani Syahrani. “Implementasi Model PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih.” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 8, no. 3 (July 24, 2024). https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3086.
Ni’mah, Khoiriyatun. “Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Fiqh Materi Haji Bagi Siswa Kelas VIII di MTs N Kepoh Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017.” Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.
Puspa, Celyna Isnaeni Septia, Dini Nur Oktavia Rahayu, and Muhamad Parhan. “Transformasi Pendidikan Abad 21 Dalam Merealisasikan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Emas 2045.” Jurnal Basicedu 7, no. 5 (December 1, 2023). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5030.
Suhartono, Suhartono, and Rosi Patma. “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fiqih Materi Pembelajaran Haji Dan Umrah Melalui Penerapan Metode Advokasi.” Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (February 1, 2018): 10–19. https://doi.org/10.30599/jpia.v5i1.309.
Supardi. Penelitian Tindakan Kelas: Pendekatan Praktis Untuk Pengembangan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2017.
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Wahyuni, Akhtim. Pendidikan Karakter. Sidoarjo: UMSIDA PRESS, 2021.
Widiasworo, Erwin. “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Pertama (SMP).” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 22, no. 4 (2016).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4853
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Hari Febriansyah, Samin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.