Solusi Alternatif Atas Problematika dalam Mengimplementasikan Penilaian Higher Order Thingking Skills (HOTS)

Zulfatul Khoiriyah, Shaleh Shaleh

Abstract


Pendidikan di tingkat sekolah dasar memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk pondasi pengetahuan dan keterampilan siswa. Salah satu aspek yang mendapat perhatian khusus adalah pengembangan Higher Order Thinking Skills (HOTS), yang mencakup kemampuan berpikir kritis, analitis, dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi instrumen penilaian berbasis HOTS dan solusi terhadap problematika yang dihadapi dalam konteks pendidikan, khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPAS) di kelas V. penelitian ini Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan sejumlah guru yang terlibat dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat berbagai tantangan, seperti kurangnya pemahaman guru tentang HOTS dan kesulitan dalam merancang soal yang sesuai, instrumen penilaian berbasis HOTS mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti pentingnya kolaborasi antara pendidik, pengambil kebijakan, dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan HOTS Dengan pendekatan yang tepat, diharapkan siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan di masa depan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya dalam pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi.


Keywords


Instrumen Penilaian, Higher Order Thinking Skills (HOTS), Ilmu Pengetahuan Alam (IPAS), Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Aini, Meliyana, Dwi Swastanti Ridianingsih, and Indah Yunitasari. “Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Stemterhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.” Jurnal Kiprah Pendidikan 1, no. 4 (2022). https://doi.org/10.33578/kpd.v1i4.118.

Alia, Latifah, Farhil Husaini, Ani Khoirotun Nisa, and Shaleh. “Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis HOTS.” Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri 09 (2023).

Creswell, and John W. Essential Skills for the Qualitative Researcher. Jurnal Sains Dan Seni ITS. Vol. 6, 2017.

Delta, Phi, Kappa International, and Educational Horizons. “Review Reviewed Work ( s ): A Taxonomy for Learning , Teaching , and Assessing : A Revision of Bloom ’ s Taxonomy of Educational Objectives Complete Edition by Lorin W . Anderson , David Krathwohl , Peter Airasian , Kathleen A . Cruikshank , Richard E . M,” 2005.

Ekamilasari, Ekamilasari, Anna Permanasari, and Indrini Dwi Pursitasari. “Critical Thinking Skills and Sustainability Awareness for the Implementation of Education for Sustainable Development.” Journal of Science Education Research 5, no. 1 (2021). www.journal.uny.ac.id/jser.

Fuadia, Azka, Laela Lya Diah Pramesti, and Santika. “Analisis Instrumen Asesmen Formatif Dalam Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa.” Prosiding Santika 3: Seminar Nasional Tadris Matematika Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, no. 2011 (2023).

Ginting, Aprilia Arnis Kuswandono, and Paulus. “Challenges Faced by English Teachers: Implementation of Higher Order Thinking Skills (HOTS) in Designing Assignments in East Indonesia.” Pedagogy : Journal of English Language Teaching 8, no. 1 (2020). https://doi.org/10.32332/pedagogy.v8i1.1688.

Hadiyanti, Heni, Purwo Susongko, and Munadi. “Pengembangan Instrumen Higher Order Thinking Skill Mata Pelajaran Matematika Dengan Rasch Model.” Journal Od Education Research 5 (2024).

Hasdiana, Ulva. “Qualitative Data Analysis.” Analytical Biochemistry 11, no. 1 (2018).

Kurniasih, Puji Dwi, Agung Nugroho, and Sri Harmianto. “Peningkatkan Higher Order Thinking Skills (Hots) Dan Kerjasama Antar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Media Kokami Di Kelas Iv Sd Negeri 2 Dukuhwaluh.” Attadib: Journal of Elementary Education 4, no. 1 (2020). https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.627.

Kurniawan, Benny, Dwikoranto, Dwikoranto, Marsini, and Marsini. “Implementasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa: Studi Pustaka.” Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan 2, no. 1 (2023). https://doi.org/10.58362/hafecspost.v2i1.28.

Pertiwi, Fia Ayuning, Reza Hilmy Luayyin, and Mohammad Arifin. “Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Meta Analisis.” JSE: Jurnal Sharia Economica 2, no. 1 (2023). https://doi.org/10.46773/jse.v2i1.559.

Putri Hapsari, Yulia Hastuti, and Dhiniaty Gularso. “Pengembangan Kepraktisan Instrumen Penilaian Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD Negeri Wirosaban.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 8, no. 2 (2024). https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3309.

Rahayu, Sri, Yusuf Suryana, and Oyon Haki Pranata. “Pengembangan Soal High Order Thinking Skill Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika Siswa Sekolah Dasar Dibangun Sejak Dini Pada Peserta Didik.” Pedadikta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7, no. 2 (2020).

Sani, R. Higher Order Thinking Skills (HOTS) Dalam Pembelajaran, 2019. https://doi.org/10.20527/j-instech.v3i1.7837.

Saputri, Aan, Suardi Suardi, and Syarifah Aeni Rahman. “Implementasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS SD.” Journal on Education 7, no. 1 (2024). https://doi.org/10.31004/joe.v7i1.6910.

Yin, Robert K. Case Study Research and Applications: Design and Methods. Vol. 11. Graduate School, Widya Mandala Catholic University Surabaya, 2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Zulfatul Khoiriyah, Shaleh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto