Pengembangan Media Pembelajaran Roda Baca Digital Untuk Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini didasari oleh masih banyaknya siswa kelas II SD yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan, kesulitan ini disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang interaktif dan menarik, sehingga siswa cenderung bosan dalam proses belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Media ini terdiri dari tiga materi utama, yaitu suku kata (2 lapisan roda: abjad konsonan & vokal), kata berpola (2 lapisan roda), dan pola kalimat (4 lapisan roda: subjek, predikat, objek, keterangan). Media ini juga dilengkapi dengan fitur google formulir, di mana siswa dapat menuliskan kata yang mereka temukan dan hasilnya terekam secara langsung. Hasil validasi menunjukkan bahwa media roda baca digital mendapatkan skor 92% dari ahli media dan 82,8% dari ahli materi, dengan rata-rata nilai 87,4% yang termasuk dalam kategori "sangat valid". Selain divalidasi oleh dosen ahli, media roda baca digital juga telah diuji kelayakannya oleh dua guru kelas II di dua sekolah dasar berbeda yang terletak di kabupaten Sumedang dan mendapat rata-rata skor sebesar 93,2%. Uji coba terbatas di dua sekolah dasar menunjukkan bahwa media ini memperoleh tingkat keberterimaan sebesar 77,5% di Sekolah A dan 75,4% di Sekolah B, yang menunjukkan bahwa media ini menarik, mudah digunakan, dan membantu dalam memahami konsep membaca permulaan. Dengan demikian, media roda baca digital dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran membaca permulaan dan dapat menjadi alternatif dalam mendukung pembelajaran literasi dasar di sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chasanah, Faricha Uswatun, Muslimin Ibrahim, Muhammad Thamrin Hidayat, and Dewi Widiana Rahayu. “Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Media Buku Cerita Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 5 (2021).
Jafnihirda, Lika, Suparmi, Ambiyar, Fahmi Rizal, and Kesi Eka Pratiwi. “Efektivitas Perancangan Media Pembelajaran Interaktif E-Modul.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 1 (2023).
Monica. “Analisis Kebutuhan Siswa Terhadap Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Simulasi Digital.” Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) Ke-6 6, no. 1 (2020).
Muammar. Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabil, 2020. https://www.researchgate.net/publication/371227472_Membaca_Permulaan_di_Sekolah_Dasar.
Murdianti, Widia. “Inovasi Media Pembelajaran Digital Untuk Meningkatkan Minat Belajar Di Era Digital.” Innovative: Journal Of Social Science Research 4, no. 1 (February 29, 2024). https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.16565.
Nurlela, Mutiara Putri Febrianti, and Alex Yusron Al Mufti. “Pengenalan Media Roda Suku Kata Untuk Membantu Keterampilan Membaca Permulaan Sekolah Dasar.” Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar 2, no. 2 (2023). https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i2.862.
Oktaviyanti, Itsna, Dara Aryanti Amanatulah, Nurhasanah Nurhasanah, and Setiani Novitasari. “Analisis Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2719.
Pagarra, Hamzah, Ahmad Syawaluddin, Wawan Krismanto, and sayidiman sayidiman. Media Pembelajaran. Vol. 1. Makassar: Badan Penerbit UNM, 2022. https://eprints.unm.ac.id/25438/.
Rahayu, Riana, Mustaji Mustaji, and Bachtiar Sjaiful Bachri. “Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Dalam Meningkatkan Keaksaraan.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 4 (2022). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2409.
Rahma, Mitra, and Febrina Dafit. “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 13, no. 2 (2021). https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.979.
Ramadhan, Nuri, and Khairunnisa. “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Big Book Subtema Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku.” Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 8, no. 1 (2021).
Riyan, Muhamad. “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Pembelajaran Teks Eksposisi.” Diksi 29, no. 2 (2021). https://doi.org/10.21831/diksi.v29i2.36614.
Selfara, Tri Susan Rahayu Arinta, Rica Wijayanti, and Ria Faulina. “Pengaruh Model Quantum Learning Berbantu Media Roda Putar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa.” Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education 7, no. 1 (2022). https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i1.5617.
Sudaryati, Sri, Petrus Jacob Pattiasina, Deswalantri Deswalantri, Ulfa Widayati, Arief Yanto Rukmana, Normasunah, Meisuri, and Sirilus Karolus Keroponama Keban. Keterampilan Membaca. Padang: Getpress Indonesia, 2023.
Wahyudi, Sri, Safrudin Safrudin, Ramses Hutagaol, Debby Indah, and Ari Aprilia Dwiana. “Penerapan Media Spinning Wheel Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 8, no. 3 (June 10, 2024). https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7610.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.4860
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Shania Oktaviani, Dadan Djuanda, Prana Dwija Iswara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.