Pengaruh Cooperative Learning (Time Game Turnamen) dengan Berbantuan Media Spinning Wheel dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Husnawiyah Husnawiyah, Zainuddin Zainuddin, Farich Purwantoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran cooperative learning (TGT) berbantuan media spinning wheel dan untuk Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning (TGT) berbantuan media spinning wheel untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dan akan lebih banyak lagi wawasan yang didapat diadalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di sekolah MI Sunan Bonang Berani Wetan dan sekolah Miftahul Jannah. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa Sekolah Miftahul Jannah yang terdiri dari 9 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu wawancara, pengujian, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mendapat hasil analisis uji hipotesis yang didapati di kelas eksperimen dan kelas control dengan hasil yang didapatkan kelas control 0.004 < 0.05 Nilai yang didapatkan kurang signifikan, sedangkan kelas eksperimen 0,621>0,05 nilainya sangat signifisikan. dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning berbantuan media spinning wheel. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Penggunaan model cooperative learning tipe TGT dengan berbantuan Media Spinning Wheel membuat siswa akan lebih semangat dalam belajar dan akan memunculkan wawasan baru didalam pembelajaran dan juga proses pembelajaran yang menyenangkan akan membuat siswa lebih aktif dan akan membuat daya tarik siswa lebih berkembang pesat.


Keywords


Hasil Belajar, Cooperative Learning Team Games Tournament (TGT), Spinning Wheel

Full Text:

PDF

References


Az-Zahra, Afifah, Vivianne Abdullah, dan Arita Marini. “Studi Literatur: Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT).” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora 2, no. 8 (26 Juni 2023). https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i8.5934.

Fadilah Utami, Adila Setyaningsih, Ambar Rita, Pirasintiya, Aghnaita, dan Saudah. “Pelatihan Pembuatan Media Roda Berputar Di Paud Islam Terpadu As-Subhan.” Diseminasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 4, no. 2 (26 September 2022). https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v4i2.2959.

Fahrudin, Fahrudin, Ansari Ansari, dan Ahmad Shofiyuddin Ichsan. “Pembelajaran Konvensional Dan Kritis Kreatif Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Hikmah 18, no. 1 (1 September 2021). https://doi.org/10.53802/hikmah.v18i1.101.

Harsiwi, Udi Budi, dan Liss Dyah Dewi Arini. “Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4, no. 4 (Oktober 2020). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505.

Hasriadi. “Metode Pembelajaran Inovatif Di Era Digitalisasi.” Jurnal Sinestesia 12, no. 1 (30 Juni 2022). https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/161.

Herwin, Herwin, Nirwana Rasyid, dan Hasan Hasan. “Efektivitas Penggunaan Media Spinning Wheel dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV MI Nurul Yaqin Lompo Kabupaten Bone.” Madrasah Ibtidaiyah Research Journal 1, no. 2 (29 Juli 2023). https://doi.org/10.30863/maraja.v1i2.5131.

Iriansyah, Herinto Sidik. “Membangun Kreatifitas Guru Dengan Inovasi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 24 November 2020.

Khasanah, Siti Nur, Sukirman Sukirman, dan Nurul Aswar. “Implementasi Model Teams Games Tournaments Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Konsepsi 13, no. 1 (1 Mei 2024). https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/345.

Kurnianingsih, Monika Fransis, dan Winda Amelia. “Pengembangan Media Pembelajaran Spinning Wheel Materi Perubahan Wujud Benda Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas III SDN Pengadengan 07 Jakarta Selatan.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 1 (20 Mei 2023). https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.6993.

Masfufah, Elmi, Erna Sari, Asshofarul Munafi’ah, dan Heny Kusmawati. “Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Proses Dan Hasil Pembelajaran Yang Efektif Dan Efisien.” Journal of Student Research 1, no. 1 (22 Januari 2023). https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.981.

Puteri, Lely Arum Syah, dan Mintohari Mintohari. “Pengembangan Spinning Wheel Sebagai Media Pembelajaran Siswa Materi Perubahan Lingkungan Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 10, no. 07 (2 Juli 2022). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47572.

Putri, Prihastini Oktasari. “Implementasi Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Intersections: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 4, no. 2 (2022). https://doi.org/10.47200/intersections.v4i2.496.

Sihombing, Susi, Hizkia Ronaldus Silalahi, Jonas Ramza Sitinjak, dan Hardi Tambunan. “Analisis Minat Dan Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep Dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran Dalam Jaringan.” Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education 4, no. 1 (27 Juni 2021): 41–55. https://doi.org/10.31539/judika.v4i1.2061.

Sundari, Septi, dan Benny Prasetiya. “Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik Melalui Game-Based Learning ‘Kahoot’ Pada Pembelajaran Bahasa Inggris.” AL IBTIDAIYAH: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 5, no. 1 (30 Januari 2024). https://doi.org/10.46773/ibtidaiyah.v5i1.1262.

Wahyudi, Sri, Safrudin Safrudin, Ramses Hutagaol, Debby Indah, dan Ari Aprilia Dwiana. “Penerapan Media Spinning Wheel untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 8, no. 3 (10 Juni 2024). https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7610.

Yahzanun, Aliyun Ula Walahum. “Pola Interaksi Guru Dan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran IPS Masa Pandemi Covid-19.” EDUEKSOS: The Journal of Social and Economics Education XI, no. 1 (17 Januari 2022). https://repository.um.ac.id/201925/.

Yuliawati, Anak Agung Ngurah. “Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar.” Indonesian Journal of Educational Development (IJED) 2, no. 2 (29 Agustus 2021). https://doi.org/10.5281/zenodo.5256868.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Husnawiyah, Zainuddin, Farich Purwantoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto