Pengembangan Media PENDA (Perubahan Benda) sebagai Inovasi Pembelajaran IPA di SD
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media yang variatif menyebabkan proses belajar terkesan monoton sehingga siswa kurang memahami materi yang disampaikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk bernama media PENDA yang dapat dijadijkan inovasi dalam pembelajaran IPA di SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan jenis RnD (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Prosedur pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara dan analisis data kuantitatif dari angket dan tes yang kemudian dilakukan penilaian berdasarkan skala Likert. Hasil uji validasi oleh ahli materi menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Sementara itu, validasi dari ahli media mendapatkan persentase 94%, juga dalam kategori sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di SD. Selanjutnya, uji coba yang dilakukan pada 28 siswa menghasilkan skor sebesar 91,96%. Dengan demikian media PENDA terbukti efektif dan pantas diimplementasikan dalam proses belajar di tingkat sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda, Rizki, Nurpadila Nurpadila, Dwi Kurnia Putri, and Zahra Juliyanti Putri. “Analisis Keterampilan Profesional Guru Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Sekolah Dasar.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6, no. 9 (2023). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2802.
Andi Sadriani, M. Ridwan Said Ahmad, and Ibrahim Arifin. “Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan Di Era Digital.” Seminar Nasional Dies Natalis 62 1 (2023). https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.431.
Arman Berkat Cristian Waruwu, and Debora Sitinjak. “Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kimia.” Jurnal Pendidikan Mipa 12, no. 2 (2022). https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.589.
Asiah, Nur, Ayu Nur Shawmi, Silvi Megantara, and Djoko Rohadi Wibowo. “Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas V Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di SD/MI.” TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 8, no. 1 (2021). https://doi.org/10.24042/terampil.v8i1.9130.
Damayanti, Fifi. “Pembelajaran Berbantuan Multimedia Berdasarkan Teori Beban Kognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Program Linear Siswa X TKR 1 SMKN 1 Doko.” Jurnal Pendidikan Sains 1, no. 2 (2013).
Dhanyta, Indhyra, Tika Puspita Widya, Keterampilan Berpikir Kritis, and Problem Based Learning. “Model Problem Based Learning Di Kelas V” 7 (2024).
Esto, Eliseus, Maimunah H. Daud, and Ilyas. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Motivasi Belajar.” Optika: Jurnal Pendidikan Fisika 3, no. 2 (2019).
Khaerunnisa, Via, Enjang Yusup Ali, and Ali Ismail. “Pengembangan Video Animasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Pada Materi Bagian-Bagian Tumbuhan.” Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 8, no. 4 (October 21, 2024). https://doi.org/10.35931/am.v8i4.4073.
Made, Ni, Fanny Dianis Svari, and Kadek Dwi Arlinayanti. “Perubahan Paradigma Pendidikan Melalui Pemanfaatan Teknologi Di Era Global.” Jayapangus Press Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin 4 (2024).
Maydiantoro, Albert. “Model Penelitian Pengembangan.” Chemistry Education Review (CER) 3, no. 2 (2020).
Nurhamidah, Siti Deti, Atep Sujana, and Dety Amelia Karlina. “Pengembangan Media Berbasis Android Pada Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa.” Jurnal Cakrawala Pendas 8, no. 4 (2022).
Nurrita, Teni. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah 3, no. 1 (2018). https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171.
Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, Sukma Septian Nasution, Tommy Hastomo, Setiana Sri Wahyuni Sitepu, Tryana. “Exploring Learners’ Autonomy In Online Language-Learning In Stai Sufyan Tsauri Majenang.” Journal GEEJ 7, no. 2 (2020).
Salamah, Wiladatus. “Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalamProses Pembelajaran.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 4 (3) (2020).
Ulfaeni, Siti. “Pengembangan Media Monergi (Monopoli Energi) Untuk Menumbuhkan Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Sd.” Profesi Pendidikan Dasar 4, no. 2 (2017). https://doi.org/10.23917/ppd.v4i2.4990.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.4936
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Luthpin Ubaidiah, Atep Sujana, Enjang Yusup Ali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.