Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Kecerdasan Buatan dalam Mengembangkan Literasi Digital di Madrasah

Fathor Rozi, Izzah Najiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dampak penggunaan aplikasi kecerdasan buatan (AI) dalam proses pembelajaran disekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, yang digunakan untuk menjelaskan dampak pemanfaatan aplikasi kecerdasan buatan dalam proses pembelajaran disekolah. Subjek penelitian mencakup kepala sekolah, guru serta siswa di sekolah. Sumber data yang digunakan berasal dari litertur, jurnal ilmiah dan temuan observasi dilapangan, sementara itu pengumpulan data dilakukan melalui tiga teknik utama, yaitu observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa dampak memanfaatkan aplikasi kecerdasan buatan (AI) dalam pembelajaran membawa manfaat yang besar dalam mengembangkan literasi digital disekolah. Dalam pelaksanaan tersebut di MI Raudlatussalam memanfaatkan video animasi berbasis AI dalam proses pembelajaran serta menggunakan teknologi pada pelaksanaan ujian. Temuan ini menunjukkan bahwa memanfaatkan aplikasi kecerdasan buatan dalam pembelajaran tidak hanya membantu siswa mengembangkan kemampuan berfikir mereka, akan tetapi membantu siswa mengenalkan siswa pada dunia digital serta mempersiapkan tantangan dimasa depan.


Keywords


Kecerdasan Buatan, Literasi Digital, Siswa

Full Text:

PDF

References


Aggarwal, Deepshikha, Deepti Sharma, and Archana B. Saxena. “Adoption of Artificial Intelligence (AI) For Development of Smart Education as the Future of a Sustainable Education System.” Journal of Artificial Intelligence, Machine Learning and Neural Network, no. 36 (October 17, 2023). https://doi.org/10.55529/jaimlnn.36.23.28.

Akhyar, Muaddyl, Supratman Zakir, Ramadhoni Aulia Gusli, and Rahmad Fuad. “Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Perflexity AI Dalam Penulisan Tugas Mahasiswa Pascasarjana.” Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education 4, no. 2 (November 17, 2023). https://doi.org/10.32832/itjmie.v4i2.15435.

Apriadi, Robert Tanduk, and Hotmaulina Sihotang. “Transformasi Mendalam Pendidikan Melalui Kecerdasan Buatan: Dampak Positif Bagi Siswa Dalam Era Digital.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 3 (2023).

Arisanti, Ivon, Rasmita Rasmita, Muhammad Kasim, Budi Mardikawati, and Murthada Murthada. “Peran Aplikasi Artificial Intelligences Ai Dalam Mengembangkan Dan Meningkatkan Kompetensi Profesional Dan Kreatifitas Pendidik Di Era Cybernetics 4.0.” Innovative: Journal Of Social Science Research 4, no. 1 (January 21, 2024). https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8455.

Fauziyati, Wiwin Rif’atul. “Dampak Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 6, no. 4 (November 25, 2023). https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21623.

Hambali, Hambali, Fathor Rozi, and Mardiya Mardiya. “Technology In Education; Tpack As An Approach To Becoming A Revolutionary Teacher In The Digital Age.” Academy of Education Journal 14, no. 2 (July 1, 2023). https://doi.org/10.47200/aoej.v14i2.1646.

Kirana, Melvinda Dewi, Masduki Asbari, and Risma Rusdita. “Anak Indonesia Pencipta AI Untuk Pendidikan.” Journal of Information Systems and Management (JISMA) 3, no. 1 (2024). https://doi.org/10.4444/jisma.v3i1.833.

Komalasari, Kokom, Risa Khaerunisa, and Ani Nur Aeni. “Penggunaan Video Animasi Kartun Islami untuk Meningkatkan Pengetahuan Keislaman Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (April 10, 2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2734.

Kusumaningrum, Anita, Fathor Rozi, and Eka Wahyuni. “Prodistik; Madrasah Management to Develop IT Skill in Industrial Revolution 4.0 Era.” ATTARBIYAH: Journal of Islamic Culture and Education 7, no. 1 (September 17, 2022). https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v7i1.31-43.

Mahesa, Fadli. “Kecerdasan Buatan Dalam Pendidikan: Peluang Dan Tantangan Pemanfaatannya Untuk Personalisasi Pembelajaran.” Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 2, no. 6 (June 5, 2024).

Marlin, Khairul, Ellen Tantrisna, Budi Mardikawati, Retno Anggraini, and Erni Susilawati. “Manfaat Dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPT Terhadap Proses Pendidikan Etika Dan Kompetensi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 6 (December 11, 2023).

Miftahul Huda and Irwansyah Suwahyu. “Peran Artificial Intelligence (Ai) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” REFERENSI ISLAMIKA: Jurnal Studi Islam 2, no. 2 (August 27, 2024). https://doi.org/10.61220/ri.v2i2.005.

Pongtambing, Yulita Sirinti, Felycitae Ekalaya Appa, A. Muh. Amil Siddik, Eliyah A M Sampetoding, Harsi Admawati, Arini Anestesia Purba, Arnold Sau, and Esther S Manapa. “Peluang dan Tantangan Kecerdasan Buatan Bagi Generasi Muda.” Bakti Sekawan : Jurnal Pengabdian Masyarakat 3, no. 1 (June 26, 2023). https://doi.org/10.35746/bakwan.v3i1.362.

Pontjowulan, Pontjowulan. “Implementasi Penggunaan Media ChatGPT Dalam Pembelajaran Era Digital.” Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies 2, no. 2 (September 15, 2023).

Puryono, Daniel Alfa. “Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Untuk Guru Sd Kristen Terang Bagi Bangsa Pati Menggunakan Kinemaster” 01, no. 04 (2020).

Rama, Bagus Gede Ari, Dewa Krisna Prasada, and Kadek Julia Mahadewi. “Urgensi Pengaturan Artificial Intelligence (AI) Dalam Bidang Hukum Hak Cipta Di Indonesia.” JURNAL RECHTENS 12, no. 2 (December 6, 2023). https://doi.org/10.56013/rechtens.v12i2.2395.

Rozi, Fathor, and Nur Fitriya. “Seamless Learning Model; Teachers’ Perception of Learning Adaptation in Madrasah.” Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran 8, no. 2 (April 20, 2023). https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.6547.

Salsabila, Unik Hanifah, Windi Mega Lestari, Riasatul Habibah, and Diah Yulianingsih. “Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19,” 2020.

Sas, Abdillah, Supriadi Syam, Ahmad Swandi, Muh Fadli Fauzi Sahlan, and Nanang Hermawan. “Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Pelajar di Wilayah Kabupaten Maros Melalui Program Literasi Digital Sektor Pendidikan,” 2024.

Seaba, Victor Eziulo Seth. “Revolutionizing Education: Exploring the Potential of AI-Enabled Brain-Based Learning for Enhanced Cognitive Development.” Open Access Library Journal 10, no. 10 (September 28, 2023): 1–20. https://doi.org/10.4236/oalib.1110763.

Shawe-Taylor, John, and Frank Dignum. “Human-Centric AI and Education.” Journal of Artificial Intelligence for Sustainable Development 1, no. 1 (March 1, 2024). https://doi.org/10.69828/4d4k91.

Ulimaz, Almira, Didik Cahyono, Erwin Dhaniswara, Opan Arifudin, and Bernardus Agus Rukiyanto. “Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia.” Innovative: Journal Of Social Science Research 4, no. 3 (June 3, 2024). https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.11544.

Wahid, Abd. Hamid, Fathor Rozi, Hasan Baharun, Musyrifah Musyrifah, Wiwin Hidayati, Mamluatun Ni’mah, Ana Sriwahyuningsih, and Abdul Talib Bon. “Information Technology in the Development of Language Aspects of Early Childhood.” In Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management. Singapore, Singapore: IEOM Society International, 2021. https://doi.org/10.46254/AN11.20211211.

Zhang, Helen, Irene Lee, Safinah Ali, Daniella DiPaola, Yihong Cheng, and Cynthia Breazeal. “Integrating Ethics and Career Futures with Technical Learning to Promote AI Literacy for Middle School Students: An Exploratory Study.” International Journal of Artificial Intelligence in Education 33, no. 2 (June 2023). https://doi.org/10.1007/s40593-022-00293-3.

Zidan, Sultan Maulana Malik, and Umul Khasanah. “Gaya Bahasa Dan Fungsi Iklan Pada Majalah LifeWear Uniqlo : Language Style and Function of Advertisements in Uniqlo’s LifeWear Magazine.” Proceeding of Undergraduate Conference on Literature, Linguistic, and Cultural Studies 2, no. 1 (July 26, 2023). https://doi.org/10.30996/uncollcs.v2i1.2478.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i2.4951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Fathor Rozi, Izzah Najiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto