PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM di KELAS 5 MIN 6 PIDIE

T Nurullah, Aninditya Sri Nugraheni

Abstract


Pembelajaran membaca teks drama sangat penting diajarkan di madrasah Karena dapat meningkatkan kemampuan berbahasa, gaya, notasi siswa pada saat bercerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penggunaan metode quantum pada saat pembelajaran membaca teks drama dikelas 5 MIN 6 Pidie pada semester II tahun pembelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif dan prosedur pada penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Data yang diperoleh dari penelitian ini merupakan proses pembelajaran membaca teks drama menggunakan metode quantum mengalami meningkat dengan hasil yang dicapai pada siklus I pada Jumat 8 Januari 2021 yaitu dengan nilai rata-rata 74.2 yang diikuti oleh 20 siswa yang hadir 83.33%, sedangkan pada siklus II pada Senin 12 Januari 2021 meningkat dengan nilai rata-rata menjadi 76.17 yang diikuti oleh 23 siswa yang hadir 95.83%. Adapun siswa yang tidak hadir pada siklus I sebanyak 4 dengan presentase 16.66 sedangkan siswa yang tidak hadir pada siklus ke II sebanyak 1 siswa dengan presentase 4.16%, Dengan demikian penelitian menggunakan metode quantum sangat penting dalam pembelajaran ini karena dapat meningkatkan pembelajaran siswa

Keywords


pembelajaran Membaca Teks Drama; Metode Quantum

Full Text:

PDF

References


Nawawi, I. 2009. Analisis Strategi Advokasi teori dan Evaluasi. Surabaya

DePorter, Bobbi. Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Kaifa, 2005.

Ina. “20 Macam Macam Metode Pembelajaran Lengkap.” DosenPsikologi.com, 7 Juli 2017. https://dosenpsikologi.com/macam-macam-metode-pembelajaran.

Isjoni. Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta, 2012.

Kuraesin, Imas Nenden, Nana Suryana, dan Nita Anjung Munggaran. “MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK MELALUI METODE QUANTUM READING DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA.” MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 2, no. 1 (4 Juli 2019): 42–50. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v2i1.65.

Nurfauzan, Prayogi. “PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP PENGUASAAN TEKNIK DASAR LOMPAT JAUH SISWA PADA PEMBELAJARAN ATLETIK DI SEKOLAH DASAR.” JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) 2, no. 2 (30 November 2018): 254–64. https://doi.org/10.32934/jmie.v2i2.77.

“penilaian metode quantum dalam membaca teks - Penelusuran Google.” Diakses 17 Januari 2021. https://www.google.com/search?q=penilaian+metode+quantum+dalam+membaca+teks&oq=penilaian+metode+quantum+dalam+membaca+teks&aqs=chrome..69i57.20463j1j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8.

Priatiningsih, Esti. “PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI JATISAWIT 02 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2020/2021.” MAJALAH LONTAR 32, no. 2 (28 November 2020): 36–48. https://doi.org/10.26877/ltr.v32i2.7294.

Safitri, Darna, Laurensius Salem, dan Deden Ramdani. “PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS DRAMA MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DI SMP.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 4, no. 11 (16 November 2015). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12390.

Savitra, Khanza. “12 Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran.” DosenPsikologi.com, 13 September 2017. https://dosenpsikologi.com/peran-guru-dalam-proses-pembelajaran.

Sudarman, Satrio Wicaksono, dan Ira Vahlia. “Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa.” Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika 7, no. 2 (20 Desember 2016): 275–82. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.42.

Zulfa Khairunnosa, Nadea, dan R Rachmy Diana. “Pengaruh Pelatihan Quantum Learning Terhadap Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Intervensi Psikologi (JIP) 10, no. 2 (25 Desember 2018): 73–82. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol10.iss2.art1.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v5i2.500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.