Analisis Efektivitas Manajemen Kelas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 1 Talise
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas manajemen kelas guru terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres 1 Talise, peneliti ingin menganalisis apakan ada hubungan atau pengaruh efektivitas manajemen kelas guru terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan sebjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Inpres 1 Talise menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Secara keseluruhan, hasil observasi menunjukkan bahwa manajemen kelas dalam pembelajaran yang diamati berada dalam kategori baik dengan persentase skor 75.60%, pembelajaran telah dilaksanakan dengan cukup efektif, Guru yang diamati menerapkan pendekatan yang menyeluruh dalam mengelola kelas, dengan menyesuaikan metode pembelajaran berdasarkan suasana hati dan situasi siswa pada hari tersebut. Rutinitas yang jelas dan pengelolaan waktu yang baik menjadi dasar untuk memastikan pembelajaran berjalan efektif. Strategi yang digunakan melibatkan penggunaan teknologi, variasi dalam metode pengajaran, serta penguatan nilai kolaborasi dan kerja sama antar siswa. Secara keseluruhan, strategi manajemen kelas yang diterapkan berdampak positif terhadap hasil belajar siswa, terbukti dengan peningkatan signifikan dalam nilai mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdi. Metode Penelitian Kualitatif (Teori & Panduan Praktis Analisis Data Kualitatif). PT. Mifandi Mandiri Digital, 2020.
Afsari, Sisca, Sakinah Ubudiyah Siregar, and Risma Delima Harahap. “Pengaruh Manajemen Kelas dan Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa.” Jurnal Basicedu 7, no. 1 (February 5, 2023): 535–43. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4577.
Aini, Asratu, and Alfan Hadi. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar” 2, no. 2 (2023).
Amelia, Rizky, and Sakinah Ubudiyah Siregar. “Efektivitas Manajemen Kelas Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Matematika.” Jurnal Basicedu 6, no. 2 (February 12, 2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2443.
Arswendo, Yusufu Nicolas, and Luluk Indarti. “Manajemen Kelas Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di MTsN 4 Tulungagung.” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 11, no. 1 (February 28, 2023). https://doi.org/10.30603/tjmpi.v11i1.2924.
Asim, Muhamad, Nurfazri Nurfazri, Hari Subagio, Hilman Ruba’i, and Kasman Eka Prasetia. “Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Pembelajaran Yang Efektif.” J-STAF : Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah 2, no. 1 (January 10, 2023). https://doi.org/10.62515/staf.v2i1.165.
Budiya, Bahroin, and Thoriq Al Anshori. “Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Peningkatkan Prestasi Belajar Siswa: (Studi Kasus Di SMP Berbasis Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto).” Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam 4, no. 1 (March 17, 2022). https://doi.org/10.54437/ilmuna.v4i1.316.
Dila Oktaviani and Gusmaneli Gusmaneli. “Strategi Umpan Balik Sebagai Alternatif Strategi Pembelajaran.” Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 2, no. 4 (July 15, 2024). https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i4.1482.
Harahap, Neni Fitriana, Sakinah Ubudiyah Siregar, and Risma Delima Harahap. “Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Fungsi Kuadrat.” Jurnal Basicedu 7, no. 1 (February 5, 2023). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4662.
Indriani, Novi, and Tri Fazri Hasanah. “Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.” JOURNAL EDUCATIONAL MANAGEMENT REVIEWS AND RESEARCH 2, no. 01 (July 31, 2023). https://doi.org/10.56406/emrr.v2i01.386.
Jannah, Rauhun. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SDN 1 Kayangan Kabupaten Lombok Utara.” JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala 8, no. 2 (June 17, 2023). https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5454.
Kusumawati, Erna. “Efektivitas Kerja Guru.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6, no. 3 (March 1, 2023). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1578.
Maghfiroh, Lailatul. “Berfikir Kreatif Dan Berfikir Kritis.” Journal of Behavioral Science 3, no. 1 (2007).
Mashari, Ali, Ahmad Tohir, and Husna Farhana. “Peran Guru Dalam Mengelola Kelas.” AHSANTA JURNAL PENDIDIKAN 5, no. 3 (December 26, 2019). https://doi.org/10.2503/ajp.v5i3.33.
Pratama, Irja Putra. “Manajemen Kelas (Peran Guru, Problem Dan Solusinya).” Tazkirah 5, no. 1 (2020).
Putriyani, Fenny, Liana Wahyuningsih, Agus Muharam, and Wina Mustikaati. “Pengaruh Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 7, no. 1 (January 16, 2022): 22–29. https://doi.org/10.17509/jpm.v7i1.41712.
Rifal, Mohammad. “Analisis Peran Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VB SDN Inpres 5 Birobuli.” Skripsi, Universitas Tadulako, 2023.
Rijali, Ahmad. “Analisis Data Kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17, no. 33 (January 2, 2019). https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.
Sjafei, Muhammad Saleh. “Merancang Kerangka Berpikir Teoritis (Kasus Studi Hukum Menggunakan Teori Roscou Pound).” Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin 3, no. 2 (August 31, 2020). https://doi.org/10.52626/jg.v3i2.92.
Syafi’i, Akhmad, Muhammad Saied, and Arif Rohman Hakim. “Efektivitas Manajemen Pendidikan Dalam Membentuk Karakter Diri.” Journal of Economics and Business UBS 12, no. 3 (June 26, 2023). https://doi.org/10.52644/joeb.v12i3.237.
Yudela, Farida Wardah, Muhammad Alimul Fikri, and Sutiah Sutiah. “Implementation of Marzano’s Dimensions of Learning on the Critical Thinking Skills of 10th Grade Students at SMK Muhammadiyah 2 Malang.” DAYAH: Journal of Islamic Education 7, no. 2 (July 17, 2024). https://doi.org/10.22373/jie.v7i2.24595.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.5010
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Sri Aryas Marwah, Rizal, Asriani, Yun Ratna Lagandesa, Muhammad Fasli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.