Kreativitas Guru Penggerak Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Solusi Keberagaman Gaya Belajar Siswa di SDN 21 Tolomundu Kota Bima

Nurul Khatimah, Syahru Ramadhan, Hermansyah Hermansyah

Abstract


Penelitian ini dilandasi oleh pentingnya implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam menjawab tantangan heterogenitas gaya belajar peserta didik di jenjang sekolah dasar. Gaya belajar yang beragam, seperti visual, auditori, dan kinestetik, merupakan variabel penting yang perlu diperhatikan oleh pendidik untuk menciptakan proses pembelajaran yang adaptif, inklusif, dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas penerapan pembelajaran berdiferensiasi oleh guru penggerak di SDN 21 Tolomundu, Kota Bima, dalam mengakomodasi keberagaman gaya belajar peserta didik melalui strategi dan pendekatan pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru penggerak dan peserta didik di kelas yang menjadi lokasi studi. Prosedur penelitian meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan pengumpulan data lapangan, analisis data, serta penyusunan laporan hasil penelitian. Analisis data dilakukan melalui model interaktif Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru penggerak mampu mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi secara optimal melalui modifikasi konten, proses, dan produk pembelajaran. Guru secara konsisten melakukan asesmen diagnostik awal, memanfaatkan media pembelajaran yang variatif dan kontekstual, serta menerapkan strategi yang disesuaikan dengan karakteristik gaya belajar peserta didik. Pendekatan seperti penggunaan segitiga restitusi, ice breaking, media digital interaktif, serta model pembelajaran berbasis proyek terbukti meningkatkan motivasi, keterlibatan aktif, serta pemahaman konseptual peserta didik secara menyeluruh. Dengan demikian, pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan oleh guru penggerak memiliki kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pembelajaran yang responsif terhadap kebutuhan individual siswa di sekolah dasar.


Keywords


Pembelajaran Berdiferensiasi, Kreativitas Guru Penggerak, Gaya Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Abimbola, Chima, Chima Abimbola Eden, Onyebuchi Nneamaka Chisom, and Idowu Sulaimon Adeniyi. “Harnessing Technology Integration in Education: Strategies for Enhancing Learning Outcomes and Equity.” World Journal of Advanced Engineering Technology and Sciences 15, no. 6 (2024). https://doi.org/10.30574/wjaets.2024.11.2.0071.

Akhmad sudrajad. “Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, Dan Model Pembelajaran.” Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik Dan Model Pembelajaran, no. 1 (2003).

Andini, Dinar Westri. “Differentiated Instruction: Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman Siswa Di Kelas Inklusif.” Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 2, no. 3 (2022). https://doi.org/10.30738/trihayu.v2i3.725.

Ardila, Nike, Ruslan Ruslan, and Yayuk Kusumawati. “Pembelajaran Konstruktivisme Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran IPAS SDN 28 Melayu Kota Bima.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 4, no. 2 (2024). https://doi.org/10.53299/jppi.v4i2.501.

Asfiati, Muslim, Ramadhan, Syahru. “Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Budaya Lokal Bima Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 5, no. 2 (2025).

AZ Sarnoto. “Model Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka.” Journal on Education 1, no. July (2024).

Charteris, J, Joann Anderson, and Angela Page. “Psychological Safety in Innovative Learning Environments: Planning for Inclusive Spaces.” International Journal of Inclusive Education 28, no. 7 (2021). https://doi.org/10.1080/13603116.2021.1974108.

Darmayanti, Rani, Viky Risnanda Arif, Raden Imam Soebagyo, Muhammad Ali, and Akhsanul In’am. “How Can Ice-Breaking’s ‘Friends Here, Enemies There’ Increase the Interest and Enthusiasm of High School Students for Learning?” AMCA Journal of Science and Technology 11, no. 3 (2023). https://doi.org/10.51773/ajst.v3i2.244.

Elviya, Diyanayu Dwi, and Wahyu Sukartiningsih. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sekolah Dasar Di Sdn Lakarsantri I/472 Surabaya.” Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Penelitian-Pgsd/Article/View/54127 11, no. 8 (2023).

Fauzia, Redhatul, and Zaka Hadikusuma Ramadan. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9, no. 3 (2023). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323.

Hermansyah, Hermansyah, and Muslim Muslim. “Urgensi Pengembangan Keterampilan Belajar Abad 21 Di Pendidikan Dasar.” eL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar 3, no. 2 (2020). https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v3i2.395.

Istiqomah, Istiqomah, Sri Enggar Kencana Dewi, and Nor Kholidin. “Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” FingeR: Journal of Elementary School 1, no. 1 (2022). https://doi.org/10.30599/finger.v1i1.94.

Isya, De, Yayuk Kusumawati, and Universitas Muhammadiyah Bima. “The Application Of The Values Of The Profil Pelajar Pancasila Is Concept Of Kurikulum Merdeka.” El-Muhbib: Jurnal Pemikiran & Penelitian Pendidikan Dasar 8, no. 2 (2024).

Jaganathan, S, S Bhuminathan, and Maya Ramesh. “Problem-Based Learning – An Overview.” Journal of Pharmacy & Bioallied Sciences 16, no. 5 (2024). https://doi.org/10.4103/jpbs.jpbs_820_23.

Liang, Xiaoyan. “Using Icebreaker Questions to Improve Chinese Students’ Engagement in Transnational Education – An Action Research.” European Journal of Education 45, no. 12 (2024). https://doi.org/10.1111/ejed.12621.

Mahiratin, Mahiratin, Syarifuddin Syarifuddin, and Yayuk Kusumawati. “Penerapan Model PjBL (Project Based Learning) Untuk Meningkatan Kretivitas Siswa Melalui Mata Pelajaran P5PPRA Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di Kelas IV MIN Kota Bima.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 4, no. 2 (2024). https://doi.org/10.53299/jppi.v4i2.545.

Mishra, N. “Constructivist Approach to Learning: An Analysis of Pedagogical Models of Social Constructivist Learning Theory.” Journal of Research and Development 19, no. 7 (2023). https://doi.org/10.3126/jrdn.v6i01.55227.

Naibaho, Dwi Putriana. “Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik.” Journal of Creative Student Research 1, no. 2 (2023).

Nidaur Rohmah, Anisa. “Belajar Dan Pembelajaran(Pendidikan Dasar).” Journal.Stitaf.Ac.Id 09, no. 02 (2017).

Nofitri, Fifi, Desyandri Desyandri, and Irdamurni Irdamurni. “Application of the Restitution Triangle in Instruding Positive Discipline for Students.” International Journal of Educational Dynamics 13, no. 6 (2023). https://doi.org/10.24036/ijeds.v5i2.418.

Pahleviannur, Muhammad Rizal. et. al, Metodologi Penelitian Kualitatif (Pradina Pustaka, 2022).

Pramudianti, Mia, Choirul Huda, Widya Kusumaningsih, and Christin Eni Wati. “Kefektifan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Muatan Pelajaran PPKn Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 7, no. 2 (2023). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.4978.

Pratikno, Ahmad Sudi, Agitia Ayu Prastiwi, and Sila Rahmawati. “Penyajian Data, Variasi Data, Dan Jenis Data.” OSF Preprints 25, no. 03 (2020).

Ramadhan, Syahru, Yayuk Kusumawati, Nurul Khatimah, Nurul Hikmatul Ma’wiyah, Pinkan, Yumarna, and Yudistirah. “Strategi Pengelolaan Kelas Melalui Penguatan Budaya Positif Serta Game Edukatif Di SDN 29 Kota Bima.” Waniambey: Journal of Islamic Education 5, no. 1 (2024).

Sarie, Fitria Novita. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI.” Tunas Nusantara 4, no. 2 (2022). https://doi.org/10.34001/jtn.v4i2.3782.

Suryanti, Ramadhan, Syahru, Anwar Sadat, and Hermansyah. “Penerapan Program Literasi Sains Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Ilmiah Siswa Di TK Nurul Illmi Sumbawa.” Lambda: Jurnal Pendidikan MIPA Dan Aplikasinya 5, no. 1 (2025).

Syahid, Abdul, Florence Angelaila Fauzi, S Sumarni, Rahmania Ananda, Amanda Salsabila, Azizatun Hafizah, Aprillia Anggraini, et al. “Comparative Analysis of Teaching with Electronic Media and Conventional Teaching in the Classroom.” Faedah : Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia 17, no. 6 (2024). https://doi.org/10.59024/faedah.v2i2.821.

Zakariah, M A, V Afriani, and K H M Zakariah. “Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (RnD),” Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka. 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.5020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nurul Khatimah, Syahru Ramadhan, Hermansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303