Pembentukan Akhlak Peserta Didik Melalui Program Hafalan Hadis di SD Muhammadiyah 8 “KH. Mas Mansur” Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan kandungan materi dalam program hafalan hadis, implementasi program hafalan hadis dalam membentuk akhlak peserta didik, serta implikasi program hafalan hadis dalam membentuk akhlak peserta didik di SD Muhammadiyah 8 “KH. Mas Mansur” Malang. Pendekatan penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program hafalan hadis di SD Muhammadiyah 8 “KH. Mas Mansur” Malang disusun untuk membentuk akhlak peserta didik melalui target hafalan 60 hadis, yang dibagi ke dalam setiap jenjang kelas sebanyak 10 hadis. Hadis-hadis tersebut diklasifikasikan ke dalam 2 kategori utama, yaitu akhlak terhadap Khaliq dan akhlak terhadap makhluk. Proses implementasi mencakup beberapa tahap, seperti qudwah yaitu guru berperan sebagai teladan utama, ta’lim yaitu proses transfer ilmu yang melibatkan penerapan akhlak dalam kehidupan sehari-hari, ta’wid yaitu pembiasaan hafalan hadis dilakukan secara rutin, targhib yaitu guru memberikan motivasi melalui nasihat atau perumpamaan, tarhib yaitu penerapan hukuman dilakukan dengan pendekatan mendidik. Program ini berkontribusi dalam membentuk akhlak terpuji (akhlak manhmudah) serta menghindarkan peserta didik dari perilaku tercela (akhlak madzmumah).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, Muhammad. “Fungsi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Program Keagamaan.” Studia Manageria 2, no. 1 (June 25, 2020). https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v2i1.4158.
Amin, Samsul Munir. Ilmu Akhlak. Jakarta: Amzah, 2023.
Arroisi, Jarman. “Integrasi Tauhid Dan Akhlak Dalam Pandangan Fakhruddîn Ar-Razi.” TSAQAFAH 9, no. 2 (November 30, 2013). https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v9i2.55.
Faturrohman, Luthfan Amna Sya’ban, A. Mujahid Rasyid, and Huriah Rachmah. “Implikasi Program Kegiatan Keagamaan Dalam Pembiasaan Solat Duha Dan Baca Al-Qur’an.” Bandung Conference Series: Islamic Education 3, no. 1 (January 31, 2023). https://doi.org/10.29313/bcsied.v3i1.7070.
Hasbi, Muhammad. Akhlak Tasawuf Solusi Mencari Kebahagiaan Dalam Kehidupan Esoteris Dan Eksoteris. Yogyakarta: Trust Media Publishing, 2020.
Jayadi, M. “Kedudukan Dan Fungsi Hadis Dalam Islam.” Jurnal Adabiyah 11, no. 2 (December 2, 2011). https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/adabiyah/article/view/1730.
Juwita, Dwi Runjani. “Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Di Era Millennial.” At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah 7, no. 2 (2018).
Khusna, Sya’adatul, and Zakiyah Zakiyah. “Kultur Sekolah Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 07 Purbalingga.” Alhamra Jurnal Studi Islam 1, no. 1 (November 26, 2020). https://doi.org/10.30595/ajsi.v1i1.9112.
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldana. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. USA: SAGE Publications, 2013.
Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.
Musta’in, Zainul. “Konstribusi Hadits Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Studi Islam 10, no. 2 (2015).
Naila, Zalfa Lam’a, Sobar Al Ghazal, and Dinar Nur Inten. “Implementasi Program Unggulan Tahfidz Hadits Terhadap Adab Bergaul Siswa Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Persis 259 Firdaus Pangalengan.” Bandung Conference Series: Islamic Education 3, no. 2 (2023).
Nata, Abuddin. Akhlak Tasawuf Dan Karakter Mulia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2020.
Qiptiyah, Titin Mariatul. “Pendidikan Akhlak Pada Anak Perspektif Al-Qur’an Dan Hadist.” Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 2 (May 9, 2020). https://doi.org/10.53515/CJI.2020.1.2.108-120.
Ramli, Mohammad, and Della Noer Zamzami. “Konsep Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih.” Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan 5, no. 2 (November 20, 2022). https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2669.
Sholihah, Mar’atus, Aminullah Aminullah, and Fadlillah Fadlillah. “Aksiologi Pendidikan Islam (Penerapan Nilai-Nilai Aqidah Dalam Pembelajaran Anak Di MI).” Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 2 (December 5, 2019). https://doi.org/10.36835/au.v1i2.233.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Tilaar, Henry Alexis Rudolf. Multikulturalisme: Tantangan-Tantangan Global Masa Depan Dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo, 2004.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.5034
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Fika Ratna Pratiwi, Faridi, Sunarto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.