Strategi Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis di Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan keterampilan penting abad ke-21 yang harus ditanamkan sejak dini, termasuk dalam pembelajaran mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Namun, di banyak madrasah, pembelajaran agama masih cenderung bersifat hafalan dan belum diarahkan untuk melatih kemampuan analisis dan refleksi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di MIS Humayroh Parpaudangan Labuhanbatu Utara pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi, berlokasi di MIS Humayroh, dipilih karena madrasah ini telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dan mendorong pembelajaran aktif. Sumber data terdiri dari data primer berupa wawancara dengan guru, siswa, kepala sekolah, dan wakil kepala kurikulum, serta data sekunder berupa dokumen RPP dan perangkat pembelajaran lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan melalui model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi pembelajaran berbasis refleksi dan kontekstualisasi, dengan penggunaan metode ceramah aktif, diskusi, story telling, praktik langsung, serta penguatan melalui pertanyaan terbuka yang menuntut analisis. Strategi ini terbukti efektif dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi nilai-nilai Al-Qur’an Hadis dengan realitas kehidupan siswa untuk membentuk generasi yang tidak hanya paham agama, tetapi juga mampu berpikir logis, mandiri, dan bijaksana.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badridduja, Faiz, Sidda Elvida, and Eva Latipah. “Analisis Kemampuan Bernalar Dan Berpikir Kritis (Studi Komparatif Antara Accountable Talk Dan Higher Order Thinking Skill).” Jurnal Indonesia Sosial Sains 3, no. 4 (2022). https://doi.org/10.36418/jiss.v3i4.577.
Indrayani, Rusmiati. “Strategi Membentuk Karakter Gemar Membaca Al-Qur’an Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Yabis Bontang Kalimantan Timur.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 8, no. 1 (2024). https://doi.org/10.35931/am.v8i1.2899.
Jannah, Miftahul. “Metode Dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang Diterapkan Di Sdtq-T an Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 1 (2019). https://doi.org/10.35931/am.v4i1.178.
Liska, Ahyo Ruhyanto, Rini Agustin Eka Yant. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 2, no. 3 (2021).
Maolidah, Irna Septiani. “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Peningkatan Kemampuan Berfikir Krit.” Edutcehnologia 3, no. 2 (2017).
Meliyani, Azzah Risti, Diana Mentari, Gina Purnama Syabani, and Najwa Zalfa Zuhri. “Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Agar Tercipta Kegiatan Pembelajaran Yang Efektif Dan Siswa Aktif.” Jurnal Jendela Pendidikan 2, no. 02 (2022). https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.179.
Mursal Aziz & Zulkipli Nasution. Strategi & Materi Pembelajaran Al-Qur’an Hadis: Upaya Mewujudkan Pendidikan Agama Islam Yang Religius. Pena Persada. Banyumas: Pena Persada, 2021.
Mursal Aziz et.al. “Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Dengan Metode Bernyanyi Di Madrasah Ibtidaiyah.” Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan 12, no. 1 (2024).
———. “Implementasi Pembelajaran PAI Menggunakan Metode Talaqqi Dan Musyafahah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur ’ an Siswa ELSE ( Elementary School Education.” ELSE (Elementary School Education Journal) 9, no. 1 (2025).
Nida Winarti, Luthfi Hamdani Maula, Arsyi Rizqia Amalia, N. Liany Ariesta Pratiwi, and Nandang. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 8, no. 3 (2022). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2419.
Prasetiyo, Mochammad Bagas, and Brillian Rosy. “Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9, no. 1 (2020). https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p109-120.
Ruwaida, Hikmatu. “Strategi Pembelajaran Fiqih Thaharah Di Sdn Mundar Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 3, no. 2 (2019). https://doi.org/10.35931/am.v0i0.137.
SDA Defi Yufarika, Triyo Supriyatno . Indah Aminatuz Zuhriyah. “Strategi Pembentukan Karakter Religius Di Madrasah Ibtidaiyah” 9, no. 2 (2025). https://doi.org/10.35931/am.v9i2.4852.
Talabudin Umkabu, and Nur’im Septi Lestari. “Strategi Pembelajaran Experential Learning Terhadap Peningkatan Akademik Siswa Di SD Muhammadiyah Abepura.” EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4, no. 1 (2023). https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.284.
Wahyuni, Ayu Sri. “Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA.” JURNAL PENDIDIKAN MIPA 12, no. 2 SE-Articles (June 7, 2022). https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562.
Yulianti, Yanti, Hana Lestari, and Ima Rahmawati. “Penerapan Model Pembelajaran RADEC Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Jurnal Cakrawala Pendas 8, no. 1 (2022). https://ejournal.unma.ac.id/index.php/cp/article/view/1915/1208.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.5050
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Mursal Aziz, Tarmiji Siregar, Fauziah Humairoh Marpaung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.