Systematic Literature Review (SLR): Analisis Strategi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrani, Aurora Zaen, Anas Ahmadi, and Resdianto Permata Raharjo. “Multimodalitas dalam Pustaka Digital Lets Read Kategori Cerita Rakyat Perspektif Psikologi Pembaca.” Deiksis 16, no. 3 (September 30, 2024). https://doi.org/10.30998/deiksis.v16i3.23353.
Amam, Amam, and Supardi Rusdiana. “Peranan Kelembagaan Peternakan, Sebuah Eksistensi Bukan Hanya Mimpi: Ulasan dengan Metode Systematic Literature Review (SLR).” Jurnal Peternakan 19, no. 1 (February 27, 2022). https://doi.org/10.24014/jupet.v19i1.14244.
Arianto, Mifta Huljannah, Fatmaridah Sabani, Ervi Rahmadani, Sukmawaty Sukmawaty, Muhammad Guntur, and Irfandi Irfandi. “Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar.” Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 1 (April 8, 2024). https://doi.org/10.54069/attadrib.v7i1.711.
Azizah Cahyatul, Restika Sari, and Tika Dwi Astari. “Pengaruh Metode Eja Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Rendah.” Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya 3, no. 1 (2024). https://doi.org/10.55606/protasis.v3i1.154.
Brandao, Neuza, and Evgenia Theodotou. “The Reggio Emilia and the Mosaic Approach : Opponents or Allies in Multimodal Teaching and Learning ? A Discussion of Their Contribution to Multimodal Learning in Early Years Education.” Journal of Global Education and Research 4, no. 1 (June 1, 2020). https://doi.org/10.5038/2577-509X.4.1.1047.
Deliyati, April, Rina Gustina, Alihardi Winata, Sri Rejeki, Saddam Saddam, and Zaini Bidaya. “Pentingnya Peranan Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Tatangan Di Era Digitalisasi.” Seminar Nasional Paedagoria 3 (August 8, 2023). http://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/16457.
Dewi, Yuni Triana, Sekar Rastri Ardyaputri, Suyono Suyono, and Ade Eka Anggraini. “Penerapan Metode Suku Kata Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Siswa Sd Sunan Giri Ngebruk.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 8, no. 3 (2022). https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2428.
Erlinda, Elsa, Siti Rokmanah, and Ahmad Syahruroji. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Bunyi Pada Siswa Kelas II Di SDN Pamarayan 1 1.” Journal Of Social Science Research 3, no. 5 (2023). https://doi.org/10.26858/jkp.v7i3.51692.
Fajri, Taufiq Akbar Al. “Pentingnya Penggunaan Pendekatan Multimodal Dalam Pembelajaran.” Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter 2, no. 1 (2018). https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2018.002.01.5.
Firdausi, Novandina Izzatillah. The Glenn Doman Method And The Reading Skill. Kaos GL Dergisi. Vol. 8, 2020.
Fitri, Aprilia Wahyuning, and Labibatul Ummah. “Pengaruh Pendekatan Whole Language Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 5-6 Tahun.” Aulad: Journal on Early Childhood 5, no. 1 (2022). https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.276.
Gading, I Ketut, Mutiara Magta, and Fenny Pebrianti. “Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan.” Mimbar Ilmu 24, no. 3 (2019). https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417.
Kewalramani, Sarika, George Aranda, Jiqing Sun, Gerarda Richards, Linda Hobbs, Lihua Xu, Victoria Millar, Belinda Dealy, and Bridgette Van Leuven. “A Systematic Review of the Role of Multimodal Resources for Inclusive STEM Engagement in Early-Childhood Education.” Education Sciences 14, no. 6 (June 2024). https://doi.org/10.3390/educsci14060604.
McGlynn-Stewart, Monica, Shelley Murphy, Ivorie Pinto, Emma Mogyorodi, and Thien Nguyen. “Technology Supported Early Literacy Learning in a Multilingual Community Preschool.” Education 3-13 47, no. 6 (2019). https://doi.org/10.1080/03004279.2018.1520279.
Muammar. Membaca Permulaan Sekolah Di Dasar. Edited by Hilmiati. 1st ed. Mataram: Sanabil, 2020.
Mufidatul Helwah, Delfi, Kustiani Arisati, and Nani Zahrotul Mufidah. “Metode SAS Sebagai Solusi Guru Dalam Meningkatkan Membaca Di Kelas Pemula Madarsah Ibtidaiyah.” Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 1 (2023). https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.354.
Putri, Sri Yomila, Weni Hamdina, Mega Darma Yani, Marlina Yosi Yanti, and Trinda Farhan Satria. “Pengaruh Media Komik Digital Dan Media Teks Multimodal Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar” 08 (2023).
Rahayu, Dwi, and Febrina Dafit. “Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 8 Tahun.” Aulad: Journal on Early Childhood 7, no. 1 (2024). https://doi.org/10.31004/aulad.v7i1.608.
Rahmandani, Siti Nurhidayati, Muhamad Idris, and Puji Ayurachmawati. “Pengembangan Video Pembelajaran Membaca Permulaan Untuk Siswa Kelas I SD Negeri 90 Palembang.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4, no. 4 (2022).
Riyanti Asih. Keterampilan Membaca. 1st ed. Yogyakarta: Penerbit K-Media, 2021.
Rochmah, Nur. “The Influence of Multimedia Learning Media on the Development of Early Childhood Literacy.” JURNAL PENA PAUD 5, no. 2 (September 22, 2024). https://doi.org/10.33369/jpp.v5i2.36897.
Septiana, Berka, Hetilaniar Hetilaniar, and Aldora Pratama. “Pengaruh Penggunaan Metode Global Berbantuan Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 79 Palembang.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 2 (June 8, 2023). https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1481.
Setyaningsih, Yuliana. “Multimodalitas Linguistis-Visual Dalam Morfologi Bahasa Indonesia : Persepsi Pemaduan Dalam Pengembangan Desain Pembelajaran.” Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 6, no. 4 (October 18, 2023). https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i4.725.
Setyowati, Nur Aula, Sari Yustiana, and Nuhyal Ulia. “Pengembangan Buku Membaca Permulaan Berbasis Metode Global Sebagai Buku Pendamping Guru Kelas I Sekolah Dasar.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) 2, no. 1 (2021). https://doi.org/10.30595/jrpd.v2i1.8778.
Sucena, Ana, Cristina Garrido, and Marisa Lousada. “Early Predictors of Reading Success in First Grade,” no. August (2023). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1140823.
Sulistyaningrum, Caecilia Fani, B. Widharyanto, and R. Kunjana Rahardi. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Multimodalitas dengan Pendekatan Permainan Bahasa Anak Usia Dini: Indonesia.” Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 18, no. 1 (January 30, 2025). https://doi.org/10.30651/st.v18i1.24640.
Syelviana, Nishfi, and Sri Hariani. “Pengembangan Media Big Book Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Di Kelas I Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7, no. 1 (March 12, 2019). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/27085.
Triandini, Evi, Sadu Jayanatha, Arie Indrawan, Ganda Werla Putra, and Bayu Iswara. “Metode Systematic Literature Review Untuk Identifikasi Platform Dan Metode Pengembangan Sistem Informasi Di Indonesia.” Indonesian Journal of Information Systems 1, no. 2 (February 23, 2019). https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916.
Udin, Syaefudin, Bachrudin Musthafa, and Sajawandi Labib. MODEL Pembelajaran Membaca Terpadu Berbasis Sastra Anak Untuk Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. 1st ed. Jawa Tegah: PT. Nasya Expanding Management, 2021.
Waridah, Waridah, Resa Anjelia, and Nur Sulistyo M. “Strategi Guru Dalam Membelajarkan Siswa Membaca Permulaan Di Kelas 2 SD Negeri 05 Pemuar.” Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar 2, no. 2 (2023). https://doi.org/10.57251/tem.v2i2.1169.
Wedayanti, Putu Dina, Muhammad Tahir, and Johan Mahyudi. “Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Di SDN 50 Cakranegara.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 3 (2023).
Yunus Abidin. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimodal Terhadap Kemampuan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 8, no. 1 (2022).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.5063
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Delvia Putri Nata, Budiyono, Nuni Wirdiarti, Agus Yuwono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.