Systematic Literature Review: Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Literasi Siswa di Sekolah Dasar

Andrianu Andrianu, Hamsi Mansur, Sulistyo Rini

Abstract


Pemanfaatan Augmented Reality (AR) muncul sebagai teknologi inovatif yang berpotensi besar dalam meningkatkan literasi siswa melalui penggabungan elemen digital dan dunia nyata secara realtime. Dengan menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif, kontekstual, dan visual, Augmented Reality (AR) mampu memfasilitasi pemahaman konsep yang lebih mendalam dan mengaktifkan keterlibatan siswa secara lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran dan dampaknya terhadap peningkatan literasi siswa di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan Systematic Literature Review (SLR) dengan pendekatan PRISMA, yang mengumpulkan dan mengevaluasi hasil penelitian terkait. Dari 379 artikel yang diidentifikasi, 8 artikel relevan digunakan sebagai sumber utama. Temuan menunjukkan bahwa Augmented Reality (AR)  berkontribusi positif terhadap peningkatan literasi digital, numerasi, sains, dan membaca. AR mampu meningkatkan pemahaman konsep secara signifikan serta meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam penerapannya, seperti keterbatasan infrastruktur, kurangnya pelatihan guru, serta keterbatasan penggunaan Augmented Reality (AR) pada mata pelajaran tertentu. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi antara pemerintah, institusi pendidikan, dan pengembang teknologi dalam menyediakan infrastruktur serta pelatihan intensif bagi pendidik. Dengan optimalisasi pemanfaatan AR, proses pembelajaran di sekolah dasar dapat lebih interaktif dan efektif dalam meningkatkan literasi siswa.


Keywords


Augmented Reality (AR), Literasi Siswa, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Agusta, I Putu Gilang Leo. “Media Augmented Reality Untuk Meningkatkan Literasi Sains Dan Kemampuan Metakognitif Kelas V SD.” Journal for Lesson and Learning Studies 5, no. 2 (October 26, 2022). https://doi.org/10.23887/jlls.v5i2.50531.

Apriza, Berta, Irawan Suprapto, and Yasinta Mahendra. “The Influence of Augmented Reality-Based Learning Media on the Understanding of Mathematical Concepts in Elementary School Children.” West Science Interdisciplinary Studies 2, no. 03 (March 25, 2024). https://doi.org/10.58812/wsis.v2i03.694.

Basri, Syamsuriana, Nurkhaerat Alimuddin, and Sri Mukminati Nur. “Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dalam Meningkatkan Kemampuan Pra Literasi Anak Usia Dini.” Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul 2, no. 1 (March 20, 2024). https://doi.org/10.37985/pmsdu.v2i1.256.

Çetinkaya Özdemir, and Hayati Akyol. “Effect of Augmented Reality-Based Reading Activities on Some Reading Variables and Participation in Class.” International Journal of Progressive Education 17, no. 4 (August 8, 2021). https://doi.org/10.29329/ijpe.2021.366.9.

Fajari, Laksmi Evasufi Widi, and Ranny Meilisa. “The Development of Augmented Reality to Improve Critical Thinking and Digital Literacy Skills of Elementary School Students.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 6, no. 3 (December 31, 2022). https://doi.org/10.20961/jdc.v6i3.65687.

Mansur, Hamsi, and Rafiudin Rafiudin. “Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 4, no. 1 (January 31, 2020). https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.443.

Mardiana. “Analisis Literasi Sains Melalui Augmented Reality Pada Pembelajaran Ipa Madrasah Ibtidayah.” Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora 3 (October 4, 2024). https://doi.org/10.1787/9789264281820-en.

Maulida, Siti, and Hamsi Mansur. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar,” 2020.

Minardi, Joko, and Agus Subhan Akbar. “Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Power Point untuk Peningkatan Kompetensi Guru SD.” E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 11, no. 1 (March 30, 2020). https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.2747.

Monica, Ria, Kristia Wawan, Alifiah Nurachmana, Syarah Veniaty, and Ibnu Yustiya Ramadhan. “Implementasi Literasi di Sekolah Dasar,” 2023.

Nafian, Muhammad Ilman. “Development of Augmented Reality Media to Grow Numerical Literacy of Elementary School Students.” International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia 1, no. 3 (June 30, 2024). https://doi.org/10.70177/ijeep.v1i3.947.

Rachim, Muhammad Rizali, Agus Salim, and Qomario Qomario. “Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pendidikan Modern.” Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran 4, no. 1 (April 30, 2024). https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1407.

Saca, Arya. “Penerapan Marker-Based Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Tata Surya.” JIKA (Jurnal Informatika) 5, no. 1 (April 7, 2021). https://doi.org/10.31000/jika.v5i1.3560.

Sahronih, Siti, Tito Suryono, Sadiah Maemuna, and Dede Hasanah. “Integrasi Teknologi Augmented Reality Berbasis Model Samr (Substitution, Augmentation, Modification, Redefinition) Dalam Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar.” Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 4, no. 4 (October 27, 2023). https://doi.org/10.37478/jpm.v4i4.3230.

Susanti, Susanti, Bunyamin Maftuh, and Dimas Febriansyah Krisna Dwiputra. “Exploring the Implementation of Augmented Reality in Indonesia Elementary Schools: A Systematic Literature Review,” 2024.

Wahyu, Yuliana, I Wayan Suastra, I Wayan Sadia, and Ni Ketut Suarni. “The Effectiveness of Mobile Augmented Reality Assisted STEM-Based Learning on Scientific Literacy and Students’ Achievement.” International Journal of Instruction 13, no. 3 (July 1, 2020). https://doi.org/10.29333/iji.2020.13324a.

Wiratsiwi, Wendri. “Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar.” Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 10, no. 2 (June 5, 2020). https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4663.

Zawacki-Richter, Olaf, Michael Kerres, Svenja Bedenlier, Melissa Bond, and Katja Buntins, eds. Systematic Reviews in Educational Research: Methodology, Perspectives and Application. Wiesbaden: Springer Fachmedien Wiesbaden, 2020. https://doi.org/10.1007/978-3-658-27602-7.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.5064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Andrianu Andrianu, Hamsi Mansur, Sulistyo Rini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787