Transformasi Pembelajaran dengan Buku Digital Interaktif Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 2 Kota Palangka Raya

Muhammad Sabrina, Muhammad Hairil, Arif Dian Pratama, Rahmat Rahmat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan dan efektivitas buku interaktif “Materi Lihat Sekitar” sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis lingkungan untuk siswa sekolah dasar metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan berbagai teknik pengumpulan data yaitu  observasi,wawancara dilingkungan sekolah dan menggunakan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap buku yang telah dibuat dengan menggunakan metode Research and Devolopment ( R&D ) yang bertujuan untuk mengevaluasi pengembangan bahan ajar sekaligus menentukan kelayakan produk yang sedang dikembangkan. Hasil angket dari ahli media, ahli materi, guru, serta uji coba lapangan menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif ini sangat layak digunakan, dengan persentase skor mencapai 88%, yang masuk dalam kategori "Sangat Layak". Rinciannya, ahli materi memberikan skor 94%, ahli desain memberikan 96%, penilaian guru 71%, dan hasil uji coba lapangan mencapai 91%. Hasil uji t menunjukkan nilai 6,60, yang mengindikasikan bahwa bahan ajar ini sangat signifikan dalam meningkatkan hasil belajar. Selain itu, analisis N-gain menunjukkan nilai 1,00 dengan kriteria tinggi. Media ini efektif meningkatkan pemahaman siswa melalui integrasi teknologi dan multimedia, sesuai dengan karakteristik generasi alpha. Bahan ajar ini diharapkan dapat diterapkan lebih luas untuk mendukung pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan perkembangan teknologi.


Keywords


Media Pembelajaran, Buku Interaktif, Siswa

Full Text:

PDF

References


Adzani, Fajar, Amal Taqiyuddin, and Ani Nur Aeni. “Pengembangan E-Book Interaktif ‘Quranic Quest’ Terkait Materi Mengaji Dan Mengkaji Surah At-Tin Pada Pembelajaran PAI Kelas 4 SD.” Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam 6, no. 1 (September 27, 2024). https://doi.org/10.33474/elementeris.v6i1.21617.

Aprianto, Dwi, and Agus Wahyudi. “Integrasi Manajemen Kurikulum, Pengembangan Profesional Guru, Dan Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP) 6, no. 3 (2023).

Astuti, Rahayu Budi, Supeno Supeno, and Ary Purwantiningsih. “Validitas Dan Kepraktisan Bahan Ajar IPAS Berbasis Multirepresentasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual 8, no. 4 (October 31, 2024). https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i4.1097.

Azhar, Muhammad, Hakmi Wahyudi, and Destia Yolanda. “Integrasi Teknologi Dalam Buku Ajar: Menyongsong Keterampilan Abad 21.” Uluwwul Himmah Educational Research Journal 1, no. 1 (2024). https://www.irbijournal.com/index.php/uherj/article/view/158.

Azri, Azri, and Qaulan Raniyah. “Peran Teknologi Dan Pelatihan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 3, no. 4 (October 16, 2024). https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/1397.

Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model.” Halaqa: Islamic Education Journal 3, no. 1 (June 5, 2019). https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.

Cholilah, Mulik, Anggi Gratia Putri Tatuwo, Komariah, and Shinta Prima Rosdiana. “Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21.” Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran 1, no. 02 (May 31, 2023). https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110.

Fadillah, Yuda Al, Alifa Rafli Akbar, and Gusmaneli. “Strategi Desain Pembelajaran Adaptif Untuk Meningkatkan Pengalaman Belajar Di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Sains Dan Teknologi Terapan 1, no. 4 (November 16, 2024). https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jpst/article/view/420.

Fajriah, Zuli Lailatul, and Evita Anggereini. “Pengembangan Edu Komik Sebagai Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi Interaksi Mahluk Hidup Dan Lingkungannya Di Sekolah Menengah Pertama.” BIODIK 2, no. 1 (December 14, 2016). https://doi.org/10.22437/bio.v2i1.3368.

Fathoni, Anang, Bayu Prasodjo, Winarni Jhon, and Dewanto Muhammad Zulqadri. Media Dan Pendekatan Pembelajaran Di Era Digital: Hakikat, Model Pengembangan & Inovasi Media Pembelajaran Digital. Purbalingga: CV. Eureka Media Aksara, 2023.

Handoko, Suryawan Bagus, Sumanta Sumanta, and Karman Karman. “Konsep Pengembangan Sumber Belajar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4, no. 6 (December 14, 2022). https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10234.

Huraerah, Ahmad Junaedy Abu, Abdurrahman Wahid Abdullah, and Alimuddin Rivai. “Pengaruh Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Pendidikan Indonesia.” Journal of Islamic Education Policy 8, no. 2 (May 10, 2024). https://doi.org/10.30984/jiep.v8i2.2715.

Inawati, Anis, and Durinta Puspasari. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Ular Tangga Berbasis Unity 3D Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X OTKP Di SMKN 4 Surabaya.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9, no. 1 (2021). https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p96-108.

Intaniasari, Yossinta, and Ratnasari Dyah Utami. “Menumbuhkan Budaya Membaca Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Pembelajaran Dan Program Literasi Sekolah.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (May 1, 2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2996.

Kurniati, Annisah. “Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Terintegrasi Ilmu Keislaman.” Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam 4, no. 1 (2016). https://doi.org/10.24256/jpmipa.v4i1.251.

Kurniawan, Ahmad Aldhi, Novian Dini Rahmawati, and Kartiko Dian. “Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Canva Terhadap Hasil Belajar IPAS Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 4, no. 2 (August 6, 2024). https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.466.

Magdalena, Ina, Tini Sundari, Silvi Nurkamilah, Nasrullah Nasrullah, and Dinda Ayu Amalia. “Analisis Bahan Ajar.” NUSANTARA 2, no. 2 (July 30, 2020). https://doi.org/10.36088/nusantara.v2i2.828.

Maharani, Yuli. “Efektivitas Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Kurikulum.” Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies 3, no. 1 (2015).

Mattawang, Muh Rizal, and Edy Syarif. “Dampak Penggunaan Kahoot Sebagai Platform Gamifikasi Dalam Proses Pembelajaran.” Journal of Learning and Technology 2, no. 1 (June 30, 2023). https://doi.org/10.33830/jlt.v2i1.5843.

Mubarok, Ikhtiromal, Innany Mukhlishina, and Tyas Deviana. “Pengembangan Media Interaktif Cyrcle Arction Materi Unsur Lingkaran Kelas VI SD Muhammadiyah 9 Malang.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 8, no. 1 (2024). https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2935.

Ningtiyas, Tri Wahyu, Punaji Setyosari, and Henry Praherdiono. “Pengembangan Media Pop-up Book untuk Mata Pelajaran IPA Bab Siklus Air dan Peristiwa Alam sebagai Penguatan Kognitif Siswa.” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 2, no. 2 (2019). https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p115.

Nur, Fitri Fauziah, and Sofi Mutiara Insani. “Evaluasi Kurikulum Sekolah Dasar Dalam Menilai Efektifitas Dan Relevansi Pembelajaran Di SDN Sirnaraja.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9, no. 2 (2024).

Nurhikmayati, Iik, and M. Gilar Jatisunda. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Scientific Yang Berorientasi Pada Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 8, no. 1 (January 31, 2019). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.534.

Patty, Jusak, and Jeny Lekatompessy. “Pelatihan Penggunaan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Pembelajaran Bagi Para Guru SD Negeri Tiakur.” Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan 4, no. 3 (June 24, 2024). https://doi.org/10.59818/jpm.v4i3.726.

Purmadi, Ary, and Herman Dwi Surjono. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Untuk Mata Pelajaran Fisika.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 3, no. 2 (October 31, 2016). https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8285.

Ramadhani, Naisya, Wafna Jannata Ulya, Septina Berlian Nustradamus, Fina Fakhriyah, and Erik Aditia Ismaya. “Sistematic Literature Riview: Peran Media Pembelajaran Interaktif Dan Konvensional Pada Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Student Scientific Creativity Journal 1, no. 5 (July 12, 2023). https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i5.1941.

Ramdani, Agus, A. Wahab Jufri, and Jamaluddin Jamaluddin. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 6, no. 3 (November 6, 2020). https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924.

Ronaldo, Gito, and et al. “Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning Materi Transformasi Energi Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD.” Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 24, no. 3 (2024).

Rustandi, Andi, and Rismayanti. “Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda.” Jurnal Fasilkom 11, no. 2 (2021). https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546.

Rusyada, Gozin Najah, I. Nyoman Switrayana, and Syafira Mahfuzi Ardiyati. “Designing Interactive Multimedia Computer Graphics Using The 4D Method as Self-Directed Learning for Students.” Indo-MathEdu Intellectuals Journal 4, No. 3 4, no. 3 (December 17, 2023). https://indo-intellectual.id/imeij/article/view/514.

Santoso, Farhan Aldino. “Dampak Penggunaan Gawai terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 2, no. 1 (April 29, 2020). https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.87.

Sulistyowati, Sulistyowati, Istiyati Mahmudah, Muhammad Syabrina, Nur Inayah Syar, Rahmad Rahmad, and Abdul Wahid. “Pengembangan Bahan Ajar Digital Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Di MI/SD.” As-Sibyan 7, no. 1 (August 30, 2024). https://doi.org/10.52484/as_sibyan.v7i1.632.

Sumilat, Juliana, and Ivane Watulangkow. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Di Kelas IV SD Negeri Gogagoman.” YUME : Journal of Management 8, no. 1.1 (2025). https://doi.org/10.37531/yum.v8i1.7835.

Supardi, Kanisius, and Eliterius Sennen. “Strategi Pengadopsian Teknologi dalam Pembelajaran Integratif dan Kolaboratif Pasca-Pandemi Covid-19.” Jurnal Literasi Pendidikan Dasar 3, no. 1 (2022). https://www.neliti.com/id/publications/470364/.

Surachman, Arie, Desfita Eka Putri, and Adi Nugroho. “Transformasi Pendidikan Di Era Digital Tantangan Dan Peluang.” Journal of International Multidisciplinary Research 2, no. 2 (2024).

Syach, Dhinendra Choirum Min Alfi, and Listyaningsih Listyaningsih. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Visual Novel Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Di SMA Negeri 20 Surabaya.” Kajian Moral dan Kewarganegaraan 11, no. 4 (2023). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/58887.

Waruwu, Marinu. “Metode Penelitian Dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan Dan Kelebihan.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9, no. 2 (May 17, 2024). https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141.

———. “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 1 (April 30, 2023). https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187.

Zhafirah, Tsurayya, Maria Erna, and R. Usman Rery. “Development of E-Module Based on Problem Based Learning (PBL) in Hydrocarbon Material.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 12, no. 2 (December 30, 2020). https://doi.org/10.35445/alishlah.v12i2.263.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.5071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Sabrina, Muhammad Hairil, Arif Dian Pratama, Rahmat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303