Model Pengembangan Kurikulum pada Program Unggulan Tafidz di Madrasah Ibtidaiyah

Mirna Astuti, Andi Prastowo

Abstract


Pendidikan saat ini terus mengalami perubahan sebagai upaya peningkatan dunia pendidikan. Namun dari berbagai perubahan pada pendidikan belum terlihat adanya perubahan yang signifikan dari dunia pendidikan. Semakin banyak kerusakan yang terjadi jika dilihat sebagian besar adalah persoalan moral individu. Maka terhadap hal ini Qur’an mempunyai solusi terhadap pembentukan kepribadian terbaik. Penerapan pembelajaran Qur’an dengan program tahfidz berupaya melakukan perbaikan pada individu menjadi manusia yang berkepribadian Islam dan berpola piker cerdas. Terhadap pelaksanaan ini adanya pengembangan kurikulum yang dilakukan sekolah untuk memudahkan terlaksananya program tahfiiidz di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatakan kualitatif. Dimana akan melihat dampak atas tindakan atau penerapan model yang diterapkan dengan program unggulan tahfidz di Madrasah Ibtidayiyah NU Assyi Rojiah Wonorejo. Pada penelitian ini melihat bagaimana pengembangan kurikulum dengan program unggulan tahfidz di Madrasah Ibtidayiyah NU Assyi Rojiah Wonorejo diterapkan untuk mencapai tujuan dan profil lulusan yang diharapkan oleh sekolah tersebut. Terlaksananya program tahfidz ini mencapai keberhasilan yang dapat dilihat dari interaksi siswa dan Al-Qur’an yang mengalami perkembangan yang baik serta hafalan yang terus bertambah pada peserta didik.


Keywords


Pengembangan Kurikulum, Program Tahfidz, Literasi Qur’an, Madrasah Ibtidaiyah

Full Text:

PDF

References


Ayudia, Inge, Wilibaldus Bhoke, Rici Oktari, Veronike Salem, and Majidah Khairani. Pengembangan Kurikulum. Edited by Sarwandi. 1st ed. Sumatera Utara: PT. Mifandi Mandiri Digital, 2023.

Bahri, Syamsul. “Pengembangan Kuriulum Dan Tujuannya.” Islam Futura 11, no. 1 (2011). https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61.

Diyah, Halimahtusa. “Pelaksanaan Program Tahfidz.” 2024.

Farida, Siti, and Abdullah Sarif. “Strategi Pengembangan Kurikulum di SMA Tahfidz Assaidiyah Sampang.” Kabilah: Journal of Social Community 7, no. 1 (2022).

Fransisca, Malia, and Muhammad Bintang Fadhlurrahman. “Desain Pengembangan Kurikulum Model Ralph Tyler pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Tingkat Madrasah Ibtidaiyah” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 26, no. 2 (2021). https://doi.org/10.24090/insania.v26i2.5058.

Hazimah, Ghina Fauziah, Sekar Ayu Cahyani, and Siti Nur Azizah. “Pengelolaan Kurikulum Dan Sarana Prasarana Sebagai Penunjang Keberhasilan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pengembangan Pendidikan 9, no. 2 (2022). https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i2.44591.

Hidayat, Tatang, Endis Firdaus, and Momod Abdul Somad. “The Tyler Curriculum Development Model And Its Implications In Learning Islamic Religious Education In.” POTENSIA, Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 2 (2019).

Juanda, Anda. Landasan Kurikulum & Pembellajaran. Edited by Zaenal Arifin. Juni. Bandung: CV.CONFIDENT, 2014.

Kamil, Nurhusni, and Intan Permata Putri. “Inovasi Pengembangan Kurikulum Hilda Taba Berbasis Pendidikan Islam ( Studi Kasus Di TK Kartini ).” Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini 5, no. 2 (2023). http://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJEC.

Kandiri, and Mahmudi Bajuri. “Pendidikan Islam Ideal” 4, no. 20 (2020). https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.187.

Kurniawan, Ramadhani, and Afi Parnawi. “Manfaat Literasi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan.” JPBB : Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya 2, no. 1 (2023). https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i1.1148.

Maulida, Anis. “Model Taba Dengan Strategi Concept Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Karakter Siswa Kelas-VIII.” Universitas Negeri Semarang, 2015.

Muzayanati, Apriliyanti, and Yani Pratiwi. “Pengembangan Kurikulum Di Sekolah.” EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 1 (2022). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1776.

Nafi’ah, Siti Anisatun, and Rizki Rahma Fitri. “Implementasi Pengembangan Kurikulum Tahfidz Al-Qur ’ an.” Al-Mudarris 5, no. 2 (2022). https://doi.org/10.34007/ppd.v. 1i1.

Pakpahan, Poetri Leharia, and Umi Habibah. “Manajemen Program Pengembangan Kurikulum.” Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education 2, no. 1 (2021). https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.19.

Pujiono, Tri, Fahriansyah, Muhammad Irfan, and Adelfi Zacky. “Peran Mahasiswa Dalam Memberikan Bimbingan Perbaikan Bacaan Al-Qur’an (Studi Kasus Di Desa Sidodadi Kec. Kejuruan Muda Kab. Aceh Tamiang).” Educate: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 2, no. 1 (2023). https://doi.org/10.56248/educatum.v2i1.

Rahayu, Widia Indah, Maratun Najiah, and Lukman Nulhakim. “Jurnal Pendidikan Dan Konseling” 4 (2022).

Ramadhani, Wahyuni, and Wedra Aprison. “Urgensi Pembelajaran Tahfidz Al- Qur’an di Era 4.0.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (2022). https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4538.

Rizal, Setria Utama, Sulistyowati, and Muhammad Syabrina. Pengembangan Kurikulum MI/SD. Edited by Rodhatul Jennah, Nur Inayah Syar, and Sri Rejeki Amalia. 1st ed. Yogyakarta: K- Media, 2020.

Ruslan, and Musbaing. “Eksplorasi Peran Pendidikan Islam Dalam Pengembangan Moral : Kajian Pustaka Pendahuluan.” Jurnal Sinestesia 13, no. 1 (2023).

Srilestari. “Kemuhammadiyahan, Al-Islam Arab, Bahasa Bendo, Muhammadiyah Progo, Kulon.” Equilibrium X, no. April (2022).

Sudarmono, Sudarmono, Lias Hasibuan, Kasful Anwar Us, and Sekolah Menengah. “Pembiayaan Pendidikan.” JMPIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2, no. 1 (2021). https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.

Suherman, Ayi. Kurikulum Pembelajaran PENJAS. Edited by Muhammad Nur Alif. 1st ed. Sumedang: UPI Sumedang Press, 2018.

Susilowati, Evi. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Al-Miskawaih Journal of Science Education I, no. 1 (2022). https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85.

Yudabangsa, Adrian. “Attractive : Innovative Education Journal.” Attractive : Innovative Education Journal Pengembangan 2, no. 1 (2020). http://dx.doi.org/10.51278/aj.v2i1.30.

Zulfitria, Zainal Arif, and Ayu Lestari. “Penerapan Model Pengembangan Kurikulum Systematic Action Research Di Pesantren Tahfidz MaskanuL.” Rausyan Fikr 18, no. 1 (2021).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.5072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Mirna Astuti, Andi Prastowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303