Penggunaan Platform Merdeka Mengajar: Pengalaman dan Pemahaman Guru Sekolah Dasar
Abstract
Platform Merdeka Mengajar (PMM), diluncurkan melalui Merdeka Belajar Episode 15, merupakan inovasi penting dalam transformasi pendidikan di sekolah dasar. PMM dirancang untuk membantu guru dalam belajar, mencari sumber ajar, berbagi karya, melakukan penilaian kinerja, dan berkolaborasi. Penelitian ini bertujuan menggali pengalaman dan pemahaman guru dalam menggunakan PMM. Dengan pendekatan kualitatif dan desain fenomenologi, penelitian melibatkan 21 guru di Kabupaten Sumedang, baik dari daerah pedesaan maupun perkotaan, menggunakan metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan antara guru di perkotaan dan pedesaan. Guru di perkotaan memiliki pengalaman positif, seperti peningkatan kesadaran belajar mandiri, kolaborasi antar guru, perencanaan berbasis data, berbagi karya, serta mencari inspirasi mengajar. Pemahaman mereka terhadap PMM memungkinkan pemanfaatan fitur secara maksimal, menghasilkan perubahan yang signifikan dalam proses pembelajaran. Sebaliknya, guru di pedesaan mengalami kesulitan, karena kurangnya pemahaman dan keterampilan menggunakan PMM, sehingga mereka merasa terbebani. Banyak guru di pedesaan hanya mampu membuka aplikasi tanpa dapat memanfaatkan fiturnya secara optimal.Penelitian ini menyimpulkan bahwa manfaat PMM bergantung pada pemahaman guru dalam menggunakannya. Oleh karena itu, pelatihan dan pendampingan intensif sangat diperlukan agar PMM dapat memberikan dampak positif secara merata.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, Teguh Purwanto. “Perencanakan Pembelajaran Bermakna Dan Asesmen Kurikulum Merdeka.” Jurnal Ilmiah Pedagogy 20, no. 1 (2024).
Anrichal, Raharditya, and Didi Pramono. “Strategi Adaptasi Dan Dampak Implementasi Platform Merdeka Mengajar Di SMA Kesatrian 2 Kota Semarang.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8, no. 4 (2023). https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1687.
Anwar, Choerul, Ririn Puji Utami, Program Studi Pendidikan Dasar, Malang SD UPT Negeri Ngadri, and Kab Blitar. “Analisis Problematika Guru Dalam Membuat Aksi Nyata Pada Platform Merdeka Mengajar.” In Jurnal Riset Ilmiah, vol. 2. no. 2. 2023.
Arifin, Rusjdy Sjakyakirti, Fatma Nurmulia, Ilham, and Danish Syifa Anaqi. “Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pasca Pandemi Covid-19: Utilization of the Freedom Teaching Platform for Islamic Education Instruction Post-Pandemic Covid-19.” Jurnal Teknodik 28, no. 1 (2024). https://doi.org/10.32550/teknodik.vi.1125.
Creswell, John W. Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih Diantara Lima Pendekatan. 3 Bahasa Indonesia. Pustaka Pelajar, 2013.
Diana, Putri, Indiana Marethi, and Aan Subhan Pamungkas. “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik.” SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) 4, no. 1 (2020).
Fahlevi, Pahri, and Athania Octaviani Puspita Dewi. “Analisis Aplikasi Ijateng Dengan Menggunakan Teori Technology Acceptance Model (TAM).” Jurnal Ilmu Perpustakaan 8, no. 2 (2019).
Leng, Chan Siaw, Mohamad Ibrani Shahrimin Adam Assim, and Lim Fong Peng. “Belas Kasihan Kendiri: Satu Kajian Kualitatif Pengalaman Guru Di Sarawak.” Asian Pendidikan 2, no. 1 (2022). https://doi.org/10.53797/aspen.v2i1.3.2022.
Liana, Metta, Dina Fitriyah, Nur Eka Kusuma Hindrasti, Nevrita Nevrita, Eko Febri Syahputra Siregar, and Nur Izzati. “Pemanfaatan Fitur Pelatihan Mandiri Untuk Mehamami Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 8, no. 2 (2023). https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i2.3872.
Ma’arif, Alwi Ilqam, and Mukh. Nursikin. “Pendidikan Nilai Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang.” Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 5, no. 2 (2024). https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.254.
Munthe, Ilham Ganda, Shella Amanda Fazhar, Windi Dwi Ningsih, and Ayu Nadira Wulandari. “Menjaga Keindahan Bahasa Indonesia Di Era Milenial: Antara Gaul Dan Baku.” Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara 1, no. 3 (2024). https://jicnusantara.com/index.php/jicn/article/view/401.
Nugraha, Eka Budi, and Banun Havifah Cahyo Khosiyono. “Pengalaman Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengembangkan Ide Pokok Menggunakan Digitalisasi Gambar Berseri (Digibase).” Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 6, no. 2 (2023). https://doi.org/10.30605/jsgp.6.2.2023.2683.
Oktavianoor, Renaldy. “Kesenjangan Digital Akibat Kondisi Demografis Di Kalangan Masyarakat Rural.” Palimpsest: Jurnal Ilmu Informasi Dan Perpustakaan 11, no. 1 (2020). https://doi.org/10.20473/pjil.v11i1.21888.
Pamuji, Kukuh Dwi, Rob Waring, and Eri Kurniawan. “EFL Teachers’ Experiences in Developing L2 Proficiency through Extensive Listening.” Teflin Journal 30, no. 2 (2019). https://doi.org/10.15639/teflinjournal.v30i2/257-273.
Rafli, Muhammad Febri, Fadhil Sidiq, Rapita Aprilia, and Ary Kiswanto Kenedi. Pendampingan Optimalisasi Komunitas Belajar Di SD Negeri Kabu Di Platform Merdeka Mengajar (PMM). 4, no. 5 (2024).
Rahmadayanti, Dewi, and Agung Hartoyo. “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 4 (2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431.
Rivalina, Rahmi, and Sudirman Siahaan. “Pemanfaatan Tik Dalam Pembelajaran: Kearah Pembelajaran Berpusat Pada Peserta Didik.” Jurnal Teknodik, 2020. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i2.690.
Sari, Silvia Nilam, Junaidi Indrawadi, Fatmariza Fatmariza, and Rinia Zatalini. “Penggunaan Platform Merdeka Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru.” Journal of Education, Cultural and Politics 4, no. 3 (2024). https://doi.org/10.24036/jecco.v4i3.574.
Setiariny, Endang. “Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan 20, no. 1 (2023). https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i1.81.
Sihombing, Susi, Hizkia Ronaldus Silalahi, Jonas Ramza Sitinjak, and Hardi Tambunan. “Analisis Minat Dan Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep Dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran Dalam Jaringan.” Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION) 4, no. 1 (2021). https://doi.org/10.31539/judika.v4i1.2061.
Silviana, Devi, and Dian Mardiani. Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Mood-Understand-Recall-Digest-Expand-Review Dan Discovery Learning. 2021.
Taroreh, Febrio Lengkong Victor P.K Lengkong Rita N. “Pengaruh Keterampilan, Pengalaman Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt. Tri Mustika Cocominaesa (Minahasa Selatan).” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 7, no. 1 (2020).
Viranny & Wardhono. “Cendikia Pendidikan.” Cendekia Pendidikan 4, no. 4 (2024).
Wayan Lasmawan, I, and I Wayan Suastra. Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Belajar (Pmm) Oleh Guru Penggerak Di Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. n.d.
Yulistiawan, Bambang Saras, Bayu Hananto, Catur Nugrahaeni PD, and Lusia Handayani. “Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Upaya Meningkatkan Daya Jual Produk UMKM.” Jurnal Abmas Negeri (JAGRI) 5, no. 1 (2024). https://doi.org/10.36590/jagri.v5i1.847.
Zamnah, Lala Nailah, and Angra Meta Ruswana. “Penerapan Model Pembelajaran Self-Directed Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa.” JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) 3, no. 2 (2018). https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i2.698.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.5075
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Iman Kurnia, J. Julia, Dety Amelia Karlina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.