Pengembangan Media SUBUYA untuk Meningkatkan Penguatan Karakter Kebhinekaan Global Siswa kelas 5 Sekolah Dasar”

Nur Inayah, Nurdinah Hanifah, Dety Amelia Karlina

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh krisis identitas nasional yang dialami siswa akibat pengaruh globalisasi, yang menyebabkan melemahnya nilai-nilai budaya lokal. Kurangnya media pembelajaran pendidikan Pancasila yang menarik dan interaktif dalam upaya meningkatkan penguatan karakter berkebhinekaan global siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media SUBUYA untuk meningkatkan penguatan karakter berkebhinekaan global siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate). Data data dikumpulkan melalui wawancara, angket validasi ahli materi dan media, angket respon siswa, serta pretest dan posttest karakter berkebhinekaan global siswa. Analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Hipotesis dan Uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media SUBUYA sangat layak digunakan dengan persentase rata-rata penilaian siswa pada uji coba skala kecil sebesar 95%, skala besar 90,58%, dan implementasi dalam pembelajaran 92,37%. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, sementara uji N-Gain menghasilkan nilai 0,7504 yang berada dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, media SUBUYA terbukti efektif dalam meningkatkan penguatan karakter berkebhinekaan global siswa.


Keywords


Karakter, Berkebhinekaan Global, Krisis Identitas Nasional

Full Text:

PDF

References


Daffa Salsabila, Fasha Fatimah, Intan Nuraeni, Lussy Sri A, and Naufal Rifat Ra. “Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Upaya Penguatan Identitas Nasional.” Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa 2, no. 2 (May 24, 2023). https://doi.org/10.58192/populer.v2i2.841.

Faiz, Aiman, and Imas Kurniawaty. “Urgensi Pendidikan Nilai Di Era Globalisasi.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (March 11, 2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2581.

Hasan, Zainudin, Rachmat Fadhil Pradhana, Agel Pratama Andika, and Muhammad Ronald Dzaky Al Jabbar. “Pengaruh Globalisasi Terhadap Eksistensi Identitas Budaya Lokal Dan Pancasila.” JALAKOTEK: Journal of Accounting Law Communication and Technology 1, no. 2 (July 1, 2024). https://doi.org/10.57235/jalakotek.v1i2.2385.

Hatta Utwun Billah, Maharani Ariya Yunita, Muhammad Ananda Pratama, and Maulia Depriya Kembara. “Kesadaran Berpancasila Dalam Mempertahankan Identitas Nasional.” Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia 1, no. 2 (May 8, 2023). https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i2.1373.

Jamaludin, Jamaludin, Shofia Nurun Alanur S. Alanur S, Sunarto Amus, and Hasdin Hasdin. “Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 8, no. 3 (July 21, 2022). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553.

Kustianingsari, Nadia. “Pengembangan Media Komik Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tema Lingkungan Sahabat Kita Materi Teks Cerita Manusia Dan Lingkungan Untuk Siswa Kelas V SDN Putat Jaya III/379 Surabaya.” Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan 6, no. 2 (August 24, 2015). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/13072.

Maghfirani, Raudya Tuzzahra, and Siti Romelah. “Implementasi Nilai Kebhinekaan Global Dalam Profil Pelajar Pancasila Untuk Menghadapi Krisis Identitas Nasional.” Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika 1, no. 5 (July 20, 2023). https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i5.327.

Maryola, Lala, Raras Retno, and Dahlia Novarianing Asri. “Pengaruh Media Pembelajaran Wayang Kartun Terhadap Hasil Belajar PPKn Kelas IV SDN 01 Nambangan Lor.” Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar 5, no. 0 (July 18, 2024). https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/5508.

Nanggala, Agil, Dinie Anggraeni Dewi, and Syifa Nailul Muna Aljamaliah. “Analisis Implementasi Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) Dalam Memperkuat Karakter Berkebhinekaan Global Peserta Didik Sekolah Dasar.” Abdi Pandawa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 1 (June 10, 2024). https://doi.org/10.33592/ap.v4i1.4130.

Pakiding, Irdayani Djasman, Arnida, and Muh Akbar Amir. “Systematic Literature Review (Slr) : Implementasi Profil Pelajar Pancasila Melalui Penguatan Karakter Murid Smp Kota Makassar.” JURNAL ILMIAH PENA 16, no. 01 (June 21, 2024). https://ojs.unpatompo.ac.id/index.php/jip/article/view/302.

Prasetyo, Fariz Yudo, Sutarman, and Saucha Diwandari. “Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Anatomi Tubuh Manusia Berbasis Android.” Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi 5, no. 1 (January 10, 2024). https://doi.org/10.35870/jimik.v5i1.565.

Rohman, Muhammad Fatkhur, Rizka Novi Irmaningrum, and Ahmad Ipmawan Kharisma. “Analisis Dimensi Berkebhinekaan Global Profil Pelajar Pancasila Terhadap Fenomena Bullying Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 4, no. 2 (July 9, 2024). https://doi.org/10.53299/jppi.v4i2.531.

Seriyanti. “Upaya Mengatasi Krisis Identitas Nasional Generasi Z Setelah Pemberlakuan New Normal.” Formosa Journal of Multidisciplinary Research 1, no. 4 (September 26, 2022). https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i4.1268.

Shalikhah, Norma Dewi. “Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran.” Warta LPM 20, no. 1 (June 13, 2017). https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.2842.

Suryani, Ade Irma, Sesvina Gemini Putri, and Sry Apfani. “Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 1 (April 30, 2023). https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.7880.

Wandini, Rora Rizki, Dedek Alwina Sipahutar, Indi Rahmawati, Rahmi Diah, and Sulistia Harpani. “Merubah Pandangan Siswa Yang Menganggap Pembelajaran PKn Membosankan Menjadi Pembelajaran PKn Yang Menyenangkan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4, no. 4 (August 31, 2022). https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5557.

Yuwana, Setya, Titik Indarti, and Faizin. Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research & Development) Dalam Pendidikan Dan Pembelajaran. Malang: UMMPress, 2023.

Zulfa, Aulia, and Fatma Ulfatun Najicha. “Urgensi Penguatan Identitas Nasional Dalam Menghadapi Society 5.0 Di Era Globalisasi.” Jurnal Kalacakra: Ilmu Sosial Dan Pendidikan 3, no. 2 (August 23, 2022). https://doi.org/10.31002/kalacakra.v3i2.6267.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.5077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Nur Inayah, Nurdinah Hanifah, Dety Amelia Karlina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303