Pengembangan Website Sahabat Sekolah Berbasis Google Site Sebagai Upaya Pencegahan Tiga Dosa Besar Pendidikan di Sekolah Dasar
Abstract
Pendidikan adalah salah satu kebutuhan fundamental manusia yang sangat penting dalam kehidupan manusia saat ini. Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang memiliki iklim belajar yang kondusif, di mana lingkungan mendukung perkembangan intelektual, emosional, dan sosial peserta didik. Iklim pendidikan yang positif mendorong rasa ingin tahu, kreativitas, dan semangat belajar siswa, serta memfasilitasi interaksi yang sehat antar guru dan siswa. Salah satu tantangan besar yang menghalangi terciptanya suasana pendidikan yang sehat dan produktif adalah tiga dosa besar pendidikan. Penelitian ini membahas tentang pengembangan sebuah website berbasis google site yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan mengenai pencegahan tiga dosa besar pendidikan yang terjadi di sekolah dasar. Pengembangan website ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang perundungan, kekerasan seksual, dan intoleransi serta bagaimana cara mencegah dan mengatasi tindakan kekerasan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design & Development (D&D) atau biasa dikenal dengan penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang memiliki lima tahapan yakni diantaranya: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluate. Hasil penelitian yang diperoleh dari instrumen dianalisis untuk ditarik kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat dikatakan website Sahabat sekolah layak digunakan karena mendapatkan kategori relevan dari validasi ahli media dan ahli konten yang didapat menggunakan pendekatan CVI (Content Validity Indeks). Sementara hasil respons pengguna yang terdiri dari 57 orang menggunakan pendekatan System Usability Scale (SUS) diperoleh nilai 81,4. Respons pengguna yang didapatkan memiliki nilai dalam rentang skala 81-89 termasuk dalam kategori excellent.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adha, Idul, dan Faridi. “Inovasi dalam Pengembangan Bahan Ajar dan Media Pembelajaran Akhlaq.” Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2024.
Aeni, Ani Nur, Dadan Djuanda, Maulana Maulana, Rini Nursaadah, dan Salsabila Baliani Putri Sopian. “Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Mater Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Sd.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11, no. 6 (2022). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9313.
Aeni, Ani Nur, Mita Dewi Handari, Sakti Wijayanti, dan Wira Sakti Sutiana. “Pengembangan Video Animasi Light Pedia Sebagai Media Dakwah Dalam Pembelajaran di SD.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 3 (2022). https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1077.
Aeni, Ani Nur, Juni Artha Juneli, Erlinda Indriani, Indri Nur Septiyanti, dan Resta Restina. “Penggunaan E – Book KIJUBI (Kisah Takjub Nabi) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas V Terhadap Keteladanan Nabi Muhammad SAW.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 6, no. 4 (2022). https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1113.
Budiawati, Siti Dewi. “Pengaruh Iklim Sekolah Dan Kreativitas Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi” 1, no. 2 (2023). https://doi.org/10.56854/jeqn.v1i2.84.
Budiono, Dwi, dan Antonius Prasetyo Hadi. “Sosialisasi Pencegahan 3 Dosa Besar Pendidikan untuk Mewujudkan Lingkungan Belajar yang Aman dan Nyaman di SDN 1 Purwosekar, Kabupaten Malang,” Anfatama: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 No. 1 (2024).
Fahham, Achmad Muchaddam. “Kekerasan pada anak di satuan pendidikan.” Isu Sepekan Pusat analisis Keparlemenan badan Keahlian Setjen DPR RI, 2024.
Ginanjar, Ledy, Liawati Sugandi, Guntur Gunawan, dan Haris Suwandi. “Manajemen Pendidikan Karakter Dalam Pencegahan Perundungan” 11, no. 4 (2024).
Indriyanti Purnama, Kurnia, Lisnawati Nur Farida, Veryudha Eka Prameswa, Nikmatul Khayati, Maidaliza, Desi Asmaret, Cipta Pramana, dkk. Kekerasan Seksual, 2022.
Linta, Alma, Amelia Zahra, Renanda Rahayu, dan Ani Nur Aeni. “Pengembangan Website ‘SAGA’ (Sejarah Arab Pra-Islam di Game Angkasa) tentang Kisah Kondisi Arab Pada Pembelajaran PAI Kelas III Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 8, no. 2 (2024). https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7332.
Nurhayati, Ella, Tresna Nuraeni, Karan Bagas Adrian, dan Ani Nur Aeni. “Pengembangan Website POLARAS (Politik ala Rasulullah) untuk Mengenalkan Keteladanan Politik Nabi Muhammad SAW di Sekolah Dasar.” As-Sabiqun 5, no. 3 (2023). https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i3.3318.
Nurillahwaty, Eka. “Peran teknologi dalam dunia pendidikan” 1, no. November (2022).
Nurlyani, Sherlly Nanda, Fatima Zamzam, Amanda Oktavia, dan Ani Nur Aeni. “Pengembangan Aplikasi Android Berbasis SAC ‘APEL’ (Aku Peduli Lingkungan) untuk Memupuk Akhlak terhadap Lingkungan bagi Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar” 8, no. 3 (2024).
Pitriani, Ni rai Vivien, I Gusti ayu Desy Wahyuni, dan I Ketut Pasek Gunawan. “Penerapan Model Addie Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Lectora Inspire Pada Program Studi Pendidikan Agama Hindu” 4, no. 3 (2021).
Puspitasari, Wahyu Dwi, dan Filda Febrinita. “Pengujian Validasi Isi (Content Validity) Angket Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring Matakuliah Matematika Komputasi.” Focus Action of Research Mathematic 4, no. 1 (2021). https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i1.3254.
Rafli, Andi, Enjang Yusuf Ali, dan Atep Sujana. “Pengembangan Video Animasi Multimedia Bertema Katsu Sd Kelas V Pada Materi Tata Surya.” Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 8, no. 4 (2024). https://doi.org/10.35931/am.v8i4.4074.
Wiradito, Ade, Wan Akbar Arramadhan Daulay, dan Raissa Amanda Putri. “Evaluasi Pengembangan Sistem Informasi Pencari Kerja melalui Aplikasi Siduta di Dinas Ketenaga Kerjaan Kota Medan dengan Metode SUS (System Usability Scale).” Jurnal Pendidikan Tambusai 8, no. 1 (2024). https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/13774/10607.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.5080
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ella Nurhayati, Aah Ahmad Syahid, Ani Nur Aeni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.