Analisis Keterampilan Berkomunikasi Peserta Didik pada Penerapan Model Everyone Is A Teacher Here di Fase B Jenjang Sekolah Dasar
Abstract
Keterampilan berkomunikasi adalah proses dalam interaksi manusia dengan melibatkan sekelompok individu yang saling mempengaruhi dan saling berbagi informasi. Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam membangun keterampilan berkomunikasi bagi peserta didik di sekolah dasar. Keterampilan berkomunikasi dapat menjadi pondasi perkembangan kemampuan sosial dan akademis. Melalui penerapan model Everyone Is a Teacher Here, diharapkan keterampilan berkomunikasi dapat berkembang pada diri murid sebagai suatu kemampuan yang mencakup aspek rasional, kognitif, emosional dan efektif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisi keterampilan berkomunikasi peserta didik kelas IV melalui penerapan model Everyone Is a Teacher Here. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melaui pendekatan deskriptif. penelitian dilaksanakan di SD Islam Tarbiyatul Athfal Surabaya. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 21 peserta didik, yang akan diambil sampel berjumlah 3 peserta didik. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Everyone Is a Teacher Here memberikan dampak positif terhadap keterampilan berkomunikasi peserta didik. Model Everyone Is a Teacher Here efektif dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi peserta didik, termasuk mendengarkan, menyampaikan ide, menggunakan bahasa yang baik, dan memberikan informasi yang relevan. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan keterampilan berkomunikasi dapat berkembang pada diri peserta didik sebagai suatu kemampuan yang mencakup aspek rasional, kognitif, emosional dan efektif.
Full Text:
PDFReferences
Al-Ghani, Muhammad Guntur. “Analisis Model Pembelajaran ”Konsep Pasar Tradisional” Dalam Keterampilan Berkomunikasi Peserta Didik.” BIO-EDU: Jurnal Pendidikan Biologi 7, no. 2 (2022). https://doi.org/10.32938/jbe.v7i1.1932.
Andini, Dwi, Nenden Mulyani, Tommy Tanu Wijaya, and Devi Nurul Supriyati. “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Self Confidence Siswa Menggunakan Pendekatan PBL Berbantuan Geogebra.” Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 5, no. 1 (2019). https://doi.org/10.31316/j.derivat.v5i1.150.
Anjaswati, Pratiwi Egidia, Witono A Hari, and Jaelani Abdul Kadir. “Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V SDN 32 Cakranegara Kecamatan Sandubaya Kota Mataram Tahun Ajaran 2021/2022.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7, no. 3b (2022). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.832.
Ariani Rosadi. “Pola Komunikasi Edukatif Antara Guru Dengan Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Wera Kabupaten Bima.” Jurnal Komunikasi Dan Kebudayaan 8, no. 2 (2023). https://doi.org/10.59050/jkk.v8i2.48.
Ayu, Afiani Kunti Dian, and Faradita Meirza Nanda. “Analisis Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Ms. Teams Pada Masa Pandemi Covid-19.” JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar) 9, no. 1 (2021). https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i1.15971.
Camalia, Wadak Wahyuning, Meirza Nanda Faradita, and Afiani Kunti Dian Ayu. “Penerapan Pembelajaran Kurikulum Darurat Berbantu Sarana Google Meet Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 3 (2021). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2547.
Desi, Pristiwanti, Badariah Bai, Hidayat Sholeh, and Dewi Ratna Sari. “Pengertian Pendidikan.” Jurnal Pendidkan Dan Konseling 4, no. 2 (2022). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498.
Erlangga, Erwin. “Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa.” Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi 4, no. 1 (2017). https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.1332.
Faradita, Meirza Nanda. “Pengaruh Metode Pembelajaran Type Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar.” Jurnal Bidang Pendidikan Dasar 2, no. 1A (2018). https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2349.
Fitriah, Putri Imarotul, Bambang Yulianto, and Ratih Asmarani. “Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Penerapan Metode Everyone Is A Teacher Here.” Journal of Education Action Research 4, no. 4 (2020). https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28925.
Herawati, Adellisa, Kunti Dian Ayu Afiani, and Lilik Binti Mirnawati. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 3 Dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Pada Pembelajaran Matematika SD.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7, no. 3 (2023). https://doi.org/10.35931/am.v7i3.2499.
Janson, Silaban Patri, Simamora Elda Syekiah, Ginting Dea Melani Br., Sipayung Elda Rasinta, Batu Sally Mayke Lumba, Ginting Winda Adisty Br., and Barus Artika. “Keterampilan Mengajar Calon Guru SD Di SD Santo Petrus Medan.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 09, no. 04 (2014). https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.19250.
Mahadi, Ujang. “Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif Dalam Proses Pembelajaran).” JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari 2, no. 2 (2021). https://doi.org/10.31539/joppa.v2i2.2385.
Muthohharoh, Muth, and Yeni Karneli. “Layanan Konseling Perorangan Dengan Teknik Kursi Kosong Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal.” Guidance Jurnal Bimbingan Dan Konseling 17, no. 01 (2020). https://doi.org/10.34005/guidance.v17i01.875.
Mutmainah, and Rhyan Prayyudi Reksamunandar. “Peningkatan Aktivitas Dan Keterampilan Berkomunikasi Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Konsep Dasar Sains MI Dengan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 17, no. 01 (2023). https://doi.org/10.30984.
Nahdiyyah, Dea, Ririn Andriani Kumala Dewi, and Kiki Fatkhiyani. “Pengaruh Strategi Everyone Is A Teacher Here Terhadap Keterampilan Berkomunikasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 09, no. 03 (2024). https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.15875.
Nur, Emilsyah. “Perilaku Komunikasi Antara Guru Dengan Siswa Broken Home.” Jurnal Penelitian Komunikasi 20, no. 2 (2017). https://doi.org/10.20422/jpk.v20i2.272.
Nurul, Hidayati Niswatin. “Pelanggaran Maksim (F Lounting Maxim) Dalam Tuturan Tokoh Film Radio Galau FM: Sebuah Kajian Pragmatik.” An-Nas: Jurnal Humaniora 2, no. 2 (2018). https://doi.org/https://doi.org/10.36840/an-nas.v2i2.108.
Puspitasari, Dita, and Bayu Putra Danaya. “Pentingnya Peranan Komunikasi Dalam Organisasi: Lisan, Non Verbal, Dan Tertulis (Literature Review Manajemen).” Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi 3, no. 3 (2022). https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i3.817.
Ramadania, Fajarika, Noor Indah Wulandari, and Nahlini Nahlini. “Peranan Komunikasi Bahasa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas V SDN Keraton 3 Martapura.” Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika 3, no. 1 (2018). https://doi.org/10.33654/math.v3i1.52.
Ramadhana, Maulana Rezi, and Ratih Hasanah Sudrajat. “Pelatihan Komunikasi Efektif Dalam Meningkatkan Pelayanan Prima Di Instansi Pemerintahan Provinsi Jawa Barat.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 4 (2020). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i4.4099.
Siti, Napfiah, and k Anggi Widiarti. “Analisis Keterampilan Bahasa Pada Siswa Dalam Pembelajaran Matematika.” Journals Primary Education 3, no. 1 (2023). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.33379/primed.v3i1.2329.
Titus, Indrajaya. “Pentingnya Keterampilan Mendengarkan Dalam Menciptakan Komunikasi Yang Efektif.” Jurnal Administrasi Dan Manajemen Vol. 6, no. 2 (2015). https://doi.org/https://doi.org/10.52643/jam.v6i1.183.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.5085
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Putri Rizqi Amellia, Meirza Nanda Faradita, Deni Adi Putra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.