Pengembangan Aplikasi Fundoo (Fun And Education) Untuk Pembelajaran Membaca Pola Kombinasi Huruf di Kelas III SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Fundoo (Fun and Education) sebagai media pembelajaran membaca pola kombinasi huruf untuk peserta didik kelas 3 sekolah dasar. Aplikasi ini dikembangkan untuk mengatasi kesulitan peserta didik dalam mengucapkan kata dengan pola kombinasi huruf yang kompleks. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Design and Development (D&D) menggunakan pendekatan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap utama, yaitu Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Pengembangan melibatkan ahli media, ahli materi, peserta didik, dan guru untuk mengevaluasi serta mengetahui respons mereka terhadap aplikasi yang dikembangkan. Hasilnya menunjukkan aplikasi Fundoo layak digunakan. Validasi oleh ahli media meningkat dari 72% pada tahap awal menjadi 98,67%, dan validasi ahli materi meningkat dari 65% menjadi 96%. Respons pengguna juga sangat positif guru memberikan kepuasan 100%, uji coba kelompok kecil mendapat skor 96%, dan kelompok besar 99%, semuanya dalam kategori "sangat baik". Aplikasi Fundoo terbukti efektif sebagai media pembelajaran interaktif dalam melatih peserta didik membaca pola kombinasi huruf. Berdasarkan hasil penelitian ini, aplikasi Fundoo memenuhi kriteria kelayakan sebagai media pembelajaran yang efektif dalam melatih peserta didik membaca pola kombinasi huruf.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Sa’dun. “Model Triprakoro Dalam Pembelajaran Nilai Dan Karakter Kepatuhan Untuk Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmu Pendidikan 19, no. 1 (2013).
Arliza, Rika, Iwan Setiawan, and Ahmad Yani. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Materi Budaya Nasional Dan Interaksi Global Pendidikan Geografi.” Jurnal Petik 5, no. 1 (2019). https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.493.
Ayu, Devi Puspita, and Rahma Amelia. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis E-Learning Di Era Digital.” Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2020.
Fitri, agus zaenul, and Nik Haryanti. “Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan Reasarch and Development.” Madani Media, 2020.
Lestari, Novita Dian Dwi, Muslimin Ibrahim, Siti Maghfirotun Amin, and Suharmono Kasiyun. “Analisis Faktor-Faktor Yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (2021). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1278.
Nabila, Laili Nurin, Fahrizal Putra Utama, Alif Ahya Habibi, and Ifa Hidayah. “Aksentuasi Literasi Pada Gen-Z Untuk Menyiapkan Generasi Progresif Era Revolusi Industri 4.0.” Journal of Education Research 4, no. 1 (2023). https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.113.
Nasution, Ananda Bunga Mutiara Dani, Ghina Agniya Suhulah, Putra Raihan Nur Alam, and Usep Setiawan. “Prinsip Dan Landasan Penggunaan Media Pembelajaran Di Sekolah.” Jurnal Edukasi Nonformal 3, no. 2 (2022).
Nurani, Riga Zahara, Fajar Nugraha, and Hatma Heris Mahendra. “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 3 (2021). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.907.
Ratna Dewi, Eka, Iis Nurasiah, and Irna Khaleda Nurmeta. “Media Engklek Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9, no. 3 (2023). https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5742.
Rosmiati, Sipa, Prana Dwija Iswara, and Dadan Djuanda. “Pengembangan Media Flipbook Audio Sebagai Media Pembelajaran Membaca Nyaring Di Kelas II SD.” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra 10, no. 3 (2024). https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3985.
Rozana, Salma, Rika Widya, and Virdyra Tasril. “Pengembangan Multimedia Berbasis Interaktif Dalam Pendidikan Kesehatan Dan Nutrisi Anak Di Kota Pari.” Warta Dharmawangsa 16, no. 4 (2022). https://doi.org/10.46576/wdw.v16i4.2439.
Sari, Atika Permata. “Peningkatan Kelancaran Membaca Nyaring: Studi Kasus Pada Siswa Dengan Permasalahan Kelancaran Membaca.” JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) 6, no. 1 (2023). https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i1.10870.
Selvianingsih, Rehan, and Henry Aditia Rigianti. “Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Dengan Media Pembelajaran Cerita Bergambar Bibobagi Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 7, no. 4 (2023). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5818.
Siswati, Bea Hana, Salasiah Salasiah, Saut Marudut Tua, Anis Komariah, Ardhana Reswari, Angel Sophia Intan, TItin Noviyanti, et al. Studi Literasi Sebuah Model, Metode, Dan Pengembangan. Studi Literasi Sebuah Model, Metode Dan Pengembangan, 2021.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.5093
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Puput Putriani, Dadan Djuanda, Diah Gusrayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.